MUI Kota Bandung Keluarkan Imbauan Beribadah di Tengah Pandemi

Berita Kawasan

MUI Kota Bandung Keluarkan Imbauan Beribadah di Tengah Pandemi

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, bulan Ramadan tahun ini mungkin menjadi salah satu yang terberat yang dijalani seluruh umat manusia di dunia. Momen berkumpul bersama sahabat dan keluarga besar pun harus dibatasi. Hal itu dilakukan untuk menekan penyebaran Virus Corona SARS-CoV-2 yang melanda dunia belakangan ini.

Terkait dengan hal itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung mengeluarkan imbauan kepada seluruh warga Bandung agar menghindari kegiatan dan aktivitas yang berpotensi mengumpulkan banyak orang. Termasuk aktivitas ibadah salat berjamaah di mesjid, seperti Salat Tarawih, Salat Idul Fitri termasuk salat berjamaah lima waktu dan sholat Jumat sesuai dengan yang tertuang dalam Fatwa MUI Pusat.

[Baca Juga: Pemkot Bandung Sediakan Kamar bagi Tenaga Medis Saat Mudik]

“Shalat sunat Tarawih dilakukan secara berjamaah dengan keluarga atau sendiri-sendiri di rumah masing-masing, tidak di masjid atau di musalla atau di tempat lain yang dihadiri banyak orang.” Demikian isi dari surat imbauan bernomor: 506/A/MUI-KB/IV/2020 yang ditandatangani Ketua MUI Kota Bandung KH Miftah Faridl dan sekretarisnya.

Bahkan dalam imbauan tersebut tertulis juga ketentuan dakwah atau ceramah Islamiyah yang biasanya dilakukan di masjid, kini untuk sementara waktu disarankan dilakukan melalui media sosial. Tidak hanya itu, MUI Kota Bandung juga mengimbau agar tidak ada kegiatan buka puasa bersama pada Ramadhan 1441 H ini serta Halalbihaal seperti yang biasa dilakukan setiap Lebaran.

MUI Kota Bandung Keluarkan Imbauan Beribadah di Tengah Pandemi

MUI Kota Bandung berharap seluruh warga Kota Bandung dapat terus mendekatkan diri kepada Allah SWT selama bulan Ramadan dengan melaksanakan ibadah di rumah serta menaati dan melaksanakan panduan dan protokol tindakan preventif yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Edaran yang dirilis pada Senin, 13 April 2020 tersebut dikeluarkan untuk merespons Pandemi Covid-19 yang semakin hari semakin memprihatinkan. Apalagi saat ini Kota Bandung sudah ditetapkan sebagai Zona Merah bahaya COVID-19.

[Baca Juga: Pemkab Bandung Manfaatkan Anggaran Dana Desa Untuk Cegah COVID-19]

Untuk diketahui sampai dengan Senin, 13 April 2020 siang, jumlah warga Kota Bandung yang terpapar Virus Corona mencapai 77 orang. Dari 77 jumlah positif tersebut, sebanyak 23 orang meninggal dunia sedangkan yang dinyatakan sembuh baru berjumlah 8 orang.

Selain itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) saat ini jumlahnya mencapai 282 orang. Sementara untuk data Orang Dalam Pemantauan (ODP) jumlahnya mencapai 2.321 orang dengan rincian 515 orang dalam proses pemantauan dan 1.806 sudah selesai menjalani masa pantauan..


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 9 months lalu
    anisa

    QQHarian Hadirkan Promo Yang lagi HOT Banget neh. Ansuransi Modal Awal 100% Full klaim gak pake RIBET serba AUTO Dan masih banyak Promo lain antaranya yang juga lagi HOT EXTRA BONUS 200% guys. Info lanjut ? langsung hubungi CS nya