Tes COVID-19 PCR VS Antibodi, Apa Bedanya

Kesehatan

Mulai 11 Mei 2020, RSUB Malang Siap Layani Tes Swab

Mulai 11 Mei 2020, warga Malang Raya sudah bisa melakukan tes Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) atau tes COVID-19 di laboratorium Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RSUB) dengan menargetkan 150 tes swab dalam sehari. Selama ini swab hanya bisa dilakukan di Rumah Sakit Universitas Airlangga di Surabaya.

Kini, RSUB telah siap lakukan swab dengan kebutuhan tenaga medis hingga peralatan yang dibutuhkan melalui uji fungsi. Melansir laman malangpostonline.com (04/2020), Direktur RSUB Dr. dr. Sri Andarini, M.Kes, mengatakan, semua alat yang dibutuhkan sudah datang dari Jerman sehingga hari ini masih perlu pengaturan serta uji coba.

"Senin depan tanggal 11 Mei kami running untuk memeriksa swab. Reagen yang dibutuhkan juga sudah kami dapatkan total ada 5.000 reagen," ujarnya.

RSUB Maksimalkan Layanan untuk Pasien COVID-19

Untuk menganalisis hasil swab, RSUB siagakan sedikitnya empat profesor dengan bidang keilmuan berbeda. Selain itu satu tenaga Virologi yang baru datang dari Melbourne.

Rumah sakit ini juga menyiapkan berbagai fasilitas penunjang. Di antaranya menyiapkan ruangan untuk penapisan, membuat poliklinik khusus agar pasien COVID-19 tidak bercampur dengan non COVID-19 serta 12 ruang isolasi dan dua ruang isolasi khusus anak.

Dari peralatan yang dimiliki RSUB, kapasitas swab bisa mencapai 150 tes setiap harinya. Namun untuk tahap awal kapasitas tes akan dilakukan secara bertahap dengan mengawali 50 tes per hari.

[Baca Juga: RSUB Maksimalkan Layanan untuk Pasien COVID-19]

"Setelah itu akan kami evaluasi bagaimana kecepatan dari pemeriksaan tersebut, sekali running real time hanya 24 sampel. Yang membutuhkan waktu lama adalah ekstraksi protein," terangnya.

Namun ia berharap RSUB bisa melayani swab dengan baik tanpa harus menunggu lama untuk mendapatkan hasilnya. Diperkirakan hasil swab akan bisa dilihat 2-3 hari setelahnya. Guna mempercepat ekstraksi protein, RSUB saat ini tengah meminta robot agar ekstraksi lebih cepat lagi.

Untuk diketahui, untuk melakukan tes swab ini pasien harus meminta surat rujukan dari Dinas Kesehatan asal atau domisili terlebih dahulu. Selanjutnya antigen pasien akan diuji, hasil swab akan menunjukkan positif atau negatif.

[Baca Juga: Persiapan Malang Raya Untuk Pengajuan Status PSBB]

"Alhamdulillah semua sudah terpenuhi mulai dari keperluan yang besar hingga kecil-kecil, tinggal geladi bersih dan mempersiapkan kekurangan yang ada. Kemudian gladi bersih lagi supaya tidak bingung ketika menerima swab," urai Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UB periode 2015-2019 ini.

Manajemen RSUB memastikan akan menyiapkan swab PCR semaksimal mungkin. Termasuk nantinya pasien atau masyarakat yang menjalani pemeriksaan swab akan diberi tanda. Sehingga tidak bersinggungan langsung dengan pasien lainnya.

Tak hanya itu, guna melindungi tenaga medis RSUB juga telah menyiapkan swab box. Yakni bilik yang memisahkan antara tenaga medis dan pasien yang akan dites swab. Pasien akan masuk bilik dengan papan kecil sebagai meja dan dua lubang untuk tangan tenaga medis lalu tenaga medis akan melakukan proses swab kepada pasien. Cara ini lebih aman lantaran ada sekat yang memisahkan.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.