Mulai 12 Mei, KAI Operasikan Kereta Api Luar Biasa

Bisnis

Mulai 12 Mei, KAI Operasikan Kereta Api Luar Biasa

Pemerintah kembali membuka rute perjalanan domestik transportasi udara dan darat sejak 7 Mei lalu. Berdasarkan SE Gugus Tugas COVID-19, perizinan ini tidak diberlakukan untuk masyarakat umum. Hanya pekerja di sektor tertentu dan pasien atau orang yang memiliki keluarga inti sakit keras atau meninggal.

Terkait dengan kebijakan tersebut, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero mengoperasikan perjalanan Kereta Api Luar Biasa (KLB) untuk berbagai rute. Layanan ini berlaku mulai tanggal 12 sampai 31 Mei 2020.

“Terdapat 6 perjalanan Kereta Api Luar Biasa yang kami operasikan untuk masyarakat yang dikecualikan sesuai aturan pemerintah dengan penerapan protokol pencegahan COVID-19 yang ketat,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dilansir dari keterangan persnya (11/5/2020).

[Baca Juga: Mulai 24 April Seluruh Keberangkatan Kereta Jarak Jauh Dibatalkan]

Joni mengungkapkan bahwa adanya layanan ini sejalan dengan SE Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 4 Tahun 2020 tanggal 6 Mei 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19. Untuk penjualan tiket layanan KLB mulai dijual di loket stasiun keberangkatan penumpang pada hari ini (11/5/2020).

Berkas Persyaratan

Penumpang dapat melakukan pemesanan dan pembelian tiket mulai H-7 keberangkatan dan tidak dapat diwakilkan. Untuk dapat membeli tiket tersebut, calon penumpang diharuskan melengkapi persyaratan sesuai SE Gugus Tugas COVID-19. Beberapa persyaratan tersebut yaitu surat hasil tes negatif COVID-19, surat tugas dari perusahaan, KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah, serta dokumen pendukung lainnya sesuai peraturan

Bila persyaratan sudah lengkap, penumpang melapor ke Posko Gugus Tugas COVID-19 yang berada di stasiun penjualan tiket dan akan diverifikasi oleh petugas. Penumpang akan mendapatkan Surat Izin dari Satgas COVID-19 dua rangkap yang hanya berlaku untuk sekali perjalanan.

Mulai 12 Mei, KAI Operasikan Kereta Api Luar Biasa

Lembar pertama diberikan ke petugas loket saat akan membeli tiket dan surat lainnya ditunjukkan pada petugas saat boarding. “KAI membentuk posko penjagaan dan pemeriksaan tersebut berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Polisi, TNI, Pemerintah Daerah, Gugus Tugas COVID-19 Daerah, dan instansi terkait lainnya,” jelas Joni.

Selain menyiapkan berkas, penumpang juga harus mengenakan APD dan bersuhu di bawah 38 derajat Celcius. “Penumpang yang akan berangkat namun tidak memenuhi persyaratan tersebut, dilarang naik kereta api dan tiket akan dikembalikan 100%,” tegas Joni.

Rute Perjalanan

Lebih lanjut, Joni mengatakan bahwa perjalanan KLB sudah menyesuaikan dengan jadwal pembatasan transportasi umum di tiap wilayah yang menerapkan PSBB. Dalam pengoperasiannya, Joni mengatakan pihaknya juga secara tegas dan ketat menerapkan protokol pencegahan COVID-19. Diantaranya yakni tetap membatasi kapasitas angkut dengan menjual hanya 50% tempat duduk dari kapasitas kereta dan melaksanakan physical distancing.

[Baca Juga: Akibat COVID-19, Kegiatan Pemugaran 4 Stasiun Kereta Dihentikan]

Joni menjelaskan, pengoperasian KLB ini terus dievaluasi sesuai dengan situasi yang berkembang di lapangan. “Kami tegaskan, pengoperasian KLB ini dikhususkan hanya untuk masyarakat yang dikecualikan sesuai aturan yang telah ditetapkan pemerintah dan bukan dalam rangka Angkutan Mudik Idul Fitri 1441 H,” tutup Joni.

Sebagai informasi, ada 3 rute yang dilayani KAI untuk layanan pengoperasian KLB. Ketiga rute tersebut yakni Gambir - Surabaya Pasarturi pp (Lintas Utara), Gambir - Surabaya Pasarturi pp (Lintas Selatan) dan Bandung - Surabaya Pasarturi pp. Untuk informasi lebih lanjut perihal persyaratan dan jadwal keberangkatan, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di (021)121, email cs@kai.id, atau mengakses media sosial KAI121.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.