TEBET-PENDIDIKAN-MULAI TAHUN DEPAN PENDIDIKAN ANTIKORUPSI ADA DI SEKOLAH DAN UNIVERSITAS-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Pendidikan

Mulai 2019, Pendidikan Antikorupsi Ada di Sekolah

Pembelajaran antikorupsi akan diimplementasikan pada jenjang pendidikan dasar, menegah, dan tinggi pada tahun 2019. Ini karena, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan antikorupsi diseluruh jenjang pendidikan.

Dalam hal ini, KPK bahkan memiliki direktorat dengan nama Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) di bawah kedeputian pencegahan. Tugasnya adalah menyelenggarakan pendidikan dan sosialisasi kepada masyarakat.

[Baca Juga: Pentingnya Belajar Bahasa Inggris di Usia Dini]

Mengutip kpk.go.id (11/12/2018), melalui Rapat Koordinasi Nasional Pendidikan Antikorupsi yang dilaksanakan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, KPK mempertemukan seluruh pemangku kebijakan dan kepentingan di bidang pendidikan untuk bisa berkomitmen sekaligus berdiskusi mengenai hal-hal strategis yang bisa dikerjakan bersama.

Rakornas pendidikan antikorupsi ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya pencegahan korupsi, dengan mendorong diimplementasikannya pendidikan antikorupsi di setiap jenjang. Implementasi tersebut diwujudkan dengan lahirnya kebijakan dari setiap kementerian terkait insersi pendidikan antikorupsi pada kurikulum pendidikan di Indonesia.

MULAI 2019 PENDIDIKAN ANTIKORUPSI ADA DI SEKOLAH DAN UNIVERSITAS-RACHLI-1100 px X 600 px-02.jpg

Dalam kegiatan tersebut, setidaknya ada delapan poin rencana aksi. Mulai dari menyusun kebijakan yang mewajibkan pedidikan karakter dan budaya antikorupsi; menyusun dan mendistribusikan materi pendidikan karakter serta budaya anti korupsi; melakukan pendampingan pelaksanaan pendidikan karakter dan budaya antikorupsi; menyiapkan sumber daya manusia, anggaran dan sumber daya lainnya; serta satuan pendidikan khusus pokja yang memadai dalam ralisasi rencana aksi pendidikan karakter.

Poin selanjutnya, melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter dan budaya antikorupsi; melakukan publikasi terhadap kepatuhan implemetasi pendidikan karakter dan budaya antikorupsi; serta mendorong keterbukaan informasi publik dengan menerapkan transparansi data yang dapat diakses masyarakat melalui portal informasi.

[Baca Juga: Pentingnya Pendidikan Bilingual bagi Generasi Z]

Sementara itu, mengutip pikiran-rakyat.com, Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, pendidikan antikorupsi bukan hanya terkait materi pembelajaran terhadap siswa, tetapi juga guru, dosen, para pegawai, dan komponen lainnya.

Dalam hal ini, keseluruhan tata kelola perguruan tinggi harus mengedepankan pencegahan korupsi. Agus pun menegaskan kalau persiapannya harus segera dimulai. Sehingga, pada 1 juli 2019, sudah ada alternatif memasukan bahan ajar ke dalam mata pelajaran dari pendidikan pendidikan dasar hingga tinggi.

"Pembelajaran anti korupsi di perguruan tinggi beberapa sudah dilakukan seperti misalnya di ITB. Ada komunitas dosennya, ada kebijakannya, misal jika ada murid yang melakukan nyontek akan diskors satu semester. Bahkan di (Universitas) Binus, itu menyatakan jika ada alumninya yang korupsi maka ijazahnya akan ditarik. Mudah-mudahan dengan nanti kami membuat roadmap akan terjadi revolusi mental yang sesungguhnya dimulai dari dunia pendidikan ini," ujarnya.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.