TEBET-PENDIDIKAN-MULAI TAHUN DEPAN PENDIDIKAN ANTIKORUPSI ADA DI SEKOLAH DAN UNIVERSITAS-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Pendidikan

Mulai 2019, Pendidikan Antikorupsi Ada di Sekolah

Pembelajaran antikorupsi akan diimplementasikan pada jenjang pendidikan dasar, menegah, dan tinggi pada tahun 2019. Ini karena, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan antikorupsi diseluruh jenjang pendidikan.

Dalam hal ini, KPK bahkan memiliki direktorat dengan nama Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) di bawah kedeputian pencegahan. Tugasnya adalah menyelenggarakan pendidikan dan sosialisasi kepada masyarakat.

[Baca Juga: Pentingnya Belajar Bahasa Inggris di Usia Dini]

Mengutip kpk.go.id (11/12/2018), melalui Rapat Koordinasi Nasional Pendidikan Antikorupsi yang dilaksanakan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, KPK mempertemukan seluruh pemangku kebijakan dan kepentingan di bidang pendidikan untuk bisa berkomitmen sekaligus berdiskusi mengenai hal-hal strategis yang bisa dikerjakan bersama.

Rakornas pendidikan antikorupsi ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya pencegahan korupsi, dengan mendorong diimplementasikannya pendidikan antikorupsi di setiap jenjang. Implementasi tersebut diwujudkan dengan lahirnya kebijakan dari setiap kementerian terkait insersi pendidikan antikorupsi pada kurikulum pendidikan di Indonesia.

MULAI 2019 PENDIDIKAN ANTIKORUPSI ADA DI SEKOLAH DAN UNIVERSITAS-RACHLI-1100 px X 600 px-02.jpg

Dalam kegiatan tersebut, setidaknya ada delapan poin rencana aksi. Mulai dari menyusun kebijakan yang mewajibkan pedidikan karakter dan budaya antikorupsi; menyusun dan mendistribusikan materi pendidikan karakter serta budaya anti korupsi; melakukan pendampingan pelaksanaan pendidikan karakter dan budaya antikorupsi; menyiapkan sumber daya manusia, anggaran dan sumber daya lainnya; serta satuan pendidikan khusus pokja yang memadai dalam ralisasi rencana aksi pendidikan karakter.

Poin selanjutnya, melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter dan budaya antikorupsi; melakukan publikasi terhadap kepatuhan implemetasi pendidikan karakter dan budaya antikorupsi; serta mendorong keterbukaan informasi publik dengan menerapkan transparansi data yang dapat diakses masyarakat melalui portal informasi.

[Baca Juga: Pentingnya Pendidikan Bilingual bagi Generasi Z]

Sementara itu, mengutip pikiran-rakyat.com, Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, pendidikan antikorupsi bukan hanya terkait materi pembelajaran terhadap siswa, tetapi juga guru, dosen, para pegawai, dan komponen lainnya.

Dalam hal ini, keseluruhan tata kelola perguruan tinggi harus mengedepankan pencegahan korupsi. Agus pun menegaskan kalau persiapannya harus segera dimulai. Sehingga, pada 1 juli 2019, sudah ada alternatif memasukan bahan ajar ke dalam mata pelajaran dari pendidikan pendidikan dasar hingga tinggi.

"Pembelajaran anti korupsi di perguruan tinggi beberapa sudah dilakukan seperti misalnya di ITB. Ada komunitas dosennya, ada kebijakannya, misal jika ada murid yang melakukan nyontek akan diskors satu semester. Bahkan di (Universitas) Binus, itu menyatakan jika ada alumninya yang korupsi maka ijazahnya akan ditarik. Mudah-mudahan dengan nanti kami membuat roadmap akan terjadi revolusi mental yang sesungguhnya dimulai dari dunia pendidikan ini," ujarnya.

Read More

Artikel Lainnya

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus.jpg

Hobi dan Hiburan

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus

03 June 2020, 21:00

Dengan program terbarunya, JOOX ingin memanjakan para penggemar K-Pop di Tanah Air sekaligus berikan kesempatan berinteraksi dengan idola.

Di Antara Hewan Peliharaan, Kucing Disinyalir Paling Berpotensi Terkena COVID-19.jpg

Kesehatan

Kucing Disinyalir Hewan Peliharaan Paling Berpotensi Terkena COVID-19

03 June 2020, 20:00

Berdasarkan penelitian ahli, di antara semua hewan peliharaan yang dapat terinfeksi COVID-19, kucing berpotensi paling besar terkena.

sejarah KA semarang_1.jpg

Berita Kawasan

Menelusuri Jejak Stasiun Kereta Api Pertama di Semarang

03 June 2020, 19:47

Stasiun Semarang Gudang merupakan stasiun yang dibangun kala penjajahan Belanda. Namun, stasiun tersebut bukanlah stasiun kereta api pertama di Semarang.

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

Kesehatan

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

03 June 2020, 19:30

Pengetesan kedua ini dilakukan karena ditemukan kasus positif sebelumnya, kini ditemukan 15 orang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.