pingpoint

TEBET-PENDIDIKAN-MULAI TAHUN DEPAN PENDIDIKAN ANTIKORUPSI ADA DI SEKOLAH DAN UNIVERSITAS-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Pendidikan

Mulai 2019, Pendidikan Antikorupsi Ada di Sekolah

Pembelajaran antikorupsi akan diimplementasikan pada jenjang pendidikan dasar, menegah, dan tinggi pada tahun 2019. Ini karena, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan antikorupsi diseluruh jenjang pendidikan.

Dalam hal ini, KPK bahkan memiliki direktorat dengan nama Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) di bawah kedeputian pencegahan. Tugasnya adalah menyelenggarakan pendidikan dan sosialisasi kepada masyarakat.

[Baca Juga: Pentingnya Belajar Bahasa Inggris di Usia Dini]

Mengutip kpk.go.id (11/12/2018), melalui Rapat Koordinasi Nasional Pendidikan Antikorupsi yang dilaksanakan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, KPK mempertemukan seluruh pemangku kebijakan dan kepentingan di bidang pendidikan untuk bisa berkomitmen sekaligus berdiskusi mengenai hal-hal strategis yang bisa dikerjakan bersama.

Rakornas pendidikan antikorupsi ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya pencegahan korupsi dengan mendorong diimplementasikannya pendidikan antikorupsi di setiap jenjang. Implementasi tersebut diwujudkan dengan lahirnya kebijakan dari setiap kementerian terkait insersi pendidikan antikorupsi pada kurikulum pendidikan di Indonesia.

MULAI 2019 PENDIDIKAN ANTIKORUPSI ADA DI SEKOLAH DAN UNIVERSITAS-RACHLI-1100 px X 600 px-02.jpg

Dalam kegiatan tersebut, setidaknya ada delapan poin rencana aksi. Mulai dari menyusun kebijakan yang mewajibkan pedidikan karakter dan budaya antikorupsi; menyusun dan mendistribusikan materi pendidikan karakter serta budaya anti korupsi; melakukan pendampingan pelaksanaan pendidikan karakter dan budaya antikorupsi; menyiapkan sumber daya manusia, anggaran dan sumber daya lainnya; serta satuan pendidikan khusus pokja yang memadai dalam ralisasi rencana aksi pendidikan karakter.

Poin selanjutnya, melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter dan budaya antikorupsi; melakukan publikasi terhadap kepatuhan implemetasi pendidikan karakter dan budaya antikorupsi; serta mendorong keterbukaan informasi publik dengan menerapkan transparansi data yang dapat diakses masyarakat melalui portal informasi.

[Baca Juga: Pentingnya Pendidikan Bilingual bagi Generasi Z]

Sementara itu, mengutip pikiran-rakyat.com, Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, pendidikan antikorupsi bukan hanya terkait materi pembelajaran terhadap siswa, tetapi juga guru, dosen, para pegawai, dan komponen lainnya.

Dalam hal ini, keseluruhan tata kelola perguruan tinggi harus mengedepankan pencegahan korupsi. Agus pun menegaskan kalau persiapannya harus segera dimulai. Sehingga, pada 1 juli 2019, sudah ada alternatif memasukan bahan ajar ke dalam mata pelajaran dari pendidikan pendidikan dasar hingga tinggi.

"Pembelajaran anti korupsi di perguruan tinggi beberapa sudah dilakukan seperti misalnya di ITB. Ada komunitas dosennya, ada kebijakannya, misal jika ada murid yang melakukan nyontek akan diskors satu semester. Bahkan di (Universitas) Binus, itu menyatakan jika ada alumninya yang korupsi maka ijazahnya akan ditarik. Mudah-mudahan dengan nanti kami membuat roadmap akan terjadi revolusi mental yang sesungguhnya dimulai dari dunia pendidikan ini," ujarnya.


Artikel Lainnya

Bintaro-Kesehatan-4 Manfaat Punya Hewan Peliharaan di Rumah-Yakub 1.jpg

Kesehatan

4 Manfaat Punya Hewan Peliharaan di Rumah

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan sesama. Tak hanya itu, manusia sesungguhnya butuh ‘teman’ yang rutin menemani ketika aktivitas lowong.

5 Makanan Penunjang ASI yang Pas untuk Bayi

Kesehatan

5 Makanan Penunjang ASI yang Pas untuk Bayi

Memasuki usia 6 bulan, bayi Anda perlu diberikan makanan penunjang ASI agar bisa belajar menyantap makanan padat.

Kelapa Gading-Kecantikan-Bahan Makanan Ini Bantu Kulit Terlihat Muda-Rachli 1.jpg

Kecantikan dan Fashion

Bahan Makanan Ini Bantu Kulit Terlihat Muda

Penuaan merupakan proses alami. Meskipun begitu, mengonsumsi bahan makanan sehat seperti minyak zaitun bisa membantu kulit terlihat muda.

5 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Kesehatan

5 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Buah naga terkenal dengan kelezatan buahnya dan bisa diolah untuk berbagai jenis makanan dan minuman yang menyehatkan. Selain itu, buah naga juga memiliki manfaat untuk ibu hamil.


Please log in to leave a comment.