Tiket Kereta Mudik Lebaran Sudah Mulai Bisa Dipesan Pekan Ini

Bisnis

Mulai 24 April Seluruh Keberangkatan Kereta Jarak Jauh Dibatalkan

Mulai 24 April 2020, PT Kereta Api Indonesia (Persero) membatalkan seluruh perjalanan jarak jauh dari dan menuju Jakarta dan Bandung. Pembatalan keberangkatan itu dilakukan seiring dengan pemberlakuan kebijakan pemerintah pusat yang melarang adanya kegiatan mudik Lebaran tahun ini.

Itu berarti, PT KAI untuk sementara waktu tidak lagi mengoperasikan kereta jarak jauh dari Jakarta dan Bandung menuju kota-kota di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

[Baca Juga: Tanggap Corona, PT KAI Permudah Sistem Pengembalian Tiket]

“Pembatalan seluruh perjalanan KA jarak jauh ini kami lakukan guna menindaklanjuti keputusan pemerintah atas larangan mudik Lebaran 2020 untuk masyarakat,” ujar Vice President Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (23/4/2020).

Joni mengatakan pihaknya akan mengembalikan bea tiket 100 persen kepada penumpang yang batal berangkat. Nantinya, penumpang akan dihubungi melalui contact center 121 dan dipersilakan untuk mengikuti petunjuk selanjutnya. Jika belum dihubungi, penumpang juga bisa membatalkan tiket sendiri melalui aplikasi KAI Access dan loket stasiun.

Tanggap Corona, PT KAI Permudah Sistem Pengembalian Tiket

Untuk pembatalan melalui aplikasi, penumpang dapat melakukannya maksimal tiga jam sebelum jadwal keberangkatan. Setelah selesai mengikuti arahan, penumpang tinggal menunggu uangnya dikembalikan dengan cara ditransfer paling lambat 45 hari setelah melakukan permohonan pembatalan.

Sedangkan untuk pembatalan di loket stasiun dapat dilakukan di semua stasiun keberangkatan KA jarak jauh dan lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan. Penumpang hanya perlu menunjukkan kode booking dan uang akan langsung diganti secara tunai.

Penumpang juga dapat menghubungi contact center KAI 121 melalui telepon di 021-121, email cs@kai.id, atau media sosial @kai121 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait perjalanannya. Joni menjelaskan, kebijakan pembatalan perjalanan KA ini akan terus dievaluasi dari waktu ke waktu dengan mempertimbangkan perkembangan situasi di lapangan.

[Baca Juga: Operasi Ketupat Dipercepat, Personil Siap Cegah Mudik di 19 Pos]

“KAI memohon maaf bagi para penumpang yang perjalanannya tertunda akibat pembatalan perjalanan ini. Hal ini bertujuan untuk menghentikan penyebaran COVID-19 pada saat mudik Lebaran 2020,” tandasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya PT KAI juga telah banyak membatalkan perjalanan KA jarak jauhnya akibat wabah COVID-19 yang melanda tanah air. Terhitung sudah ada sebanyak 401 perjalanan KA yang dibatalkan keberangkatannya sejak 23 Maret 2020.

Joni pun berharap wabah ini cepat selesai dan transportasi perkeretaapian di tanah bisa air kembali normal.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Biang 2 years lalu
    biang

    Bosan di rumah terus karena wabah ini ❓ ❔ Buruan join di ⁣poker165.co ,permainan poker paling seru. Dan jangan lewatkan bonus atau event dengan hadiah mencapai Milyaran. Menjadi ⁣Milyarder bukan mimpi lagi untuk pemain poker165.co !!!

  • Emma 2 years lalu
    emma

    Bola165 juga memberikan banyak Promo Bonus Istimewa yang tiada duanya antara lain : - Bonus New Member Up To 2 Jt - Bonus Next Deposit Up To 1 Jt /hari (bisa BerXX) - Bonus Cashback Mingguan 5% - Bonus Rolling Mingguan Up To 0.8% - Bonus TurnOver Poker Up To 0.6% - Bonus Referral Up To 5% - Dan masih Banyak Lagi segera bergabung bersama kami, dan raih berbagai macam promonya, Di <a href="https://bola165.org/" title="Agen Judi Bola" rel="nofollow">Bola165</a> :)