Perlu Libatkan Masyarakat Terkait Masa Depan Pulau Reklamasi

Berita Kawasan

Mungkinkah Pulau Reklamasi Menjadi Seperti Governors Island di AS?

Pulau Reklamasi di Jakarta disarankan meniru apa yang sudah diterapkan di Governors Island, New York, Amerika Serikat (AS). Sebagai pulau reklamasi yang dibangun tahun 2001, Governors Island mengutamakan penggunaan lahannya untuk kepentingan publik. Hal berbeda terjadi pada pulau-pulau reklamasi di Teluk Jakarta. Setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membuka kawasan jalan sehat dan sepeda santai (Jalasena) di bibir pantai Pulau C dan D pada 2018, kini pulau tersebut malah terkesan tertutup bagi publik. Tercatat, hanya gelaran upacara HUT ke-74 RI saja kegiatan publik yang memanfaatkan Pulau Reklamasi pada 2019.

[Baca Juga: Gubernur DKI Jakarta Bicara Soal Reklamasi dan IMB Pantai Maju]

Padahal, dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 120 tahun 2018 yang dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Pemprov DKI telah menugaskan BUMD Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk mengelola pulau C, D dan G hasil reklamasi Teluk Jakarta. Dalam Pergub itu Jakpro ditugaskan untuk mengelola lahan kontribusi, prasarana, sarana, dan utilitas umum. Selain itu, Gubernur Anies juga pernah menyampaikan, dalam pengelolaan pulau tersebut, 65 persen harus dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat umum.

Perlu Libatkan Masyarakat Terkait Masa Depan Pulau Reklamasi

Hal itu pun membuat beberapa kalangan mempertanyakan komitmen PT Jakpro sebagai pihak yang ditugaskan untuk mengelola pulau hasil reklamasi tersebut. Salah satu orang yang mempertanyakan hal itu adalah Direktur Eksekutif Rujak Center for Urban Studies (RCUS) Elisa Sutanudjaja. Menurutnya peran PT Jakpro dalam mengelola pulau tersebut tidak terlihat. Dikhawatirkan, pulau tersebut tidak bisa dimanfaatkan untuk publik sebagaimana yang tertulis dalam Pergub Nomor 120 tahun 2018.

Perlu Libatkan Masyarakat Terkait Masa Depan Pulau Reklamasi

Elisa pun lantas membandingkan Pulau C dan D hasil reklamasi di teluk Jakarta dengan Governors Island. Menurut Elisa, PT Jakpro bisa meniru Pemerintah Amerika Serikat dalam mengelola pulau C dan D dengan membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat. “Selama ada izin tertulis kepada Pemerintah Amerika, masyarakat bisa menggunakan pulau itu (Governors Island) untuk menggelar berbagai macam acara,” kata Elisa dalam diskusi Masa Depan Pulau C & D: Kuasa Siapa? di Cikini, Jakarta Pusat (20/11/2019).

Perlu Libatkan Masyarakat Terkait Masa Depan Pulau Reklamasi

Sulitnya akses ke Pulau C dan D hasil reklamasi juga menjadi sorotan. Bahkan, menurutnya bus Transjakarta yang mengangkut masyarakat pun tidak berhenti sampai Pulau D. "Jadi publik tidak bisa ke sana (Pulau D), harus naik mobil [pribadi] atau jalan kaki," kata Elisa.

Untuk itu, Ia pun ingin agar perusahaan plat merah yang menjadi operator proyek tersebut mau mengajak warga berdiskusi terkait masa depan pulau tersebut. Sebab, warga merupakan pihak yang paling terkena dampak dari proyek pembuatan pulau reklamasi tersebut.

[Baca Juga: JakGrosir di Pulau Tidung Sediakan Mesin Pembayaran Nontunai]

Diketahui, dalam Pergub Nomor 120 tahun 2018, PT Jakpro ditugaskan untuk membangun prasarana publik antara lain rumah susun untuk masyarakat berpenghasilan rendah, pasar tematik ikan, tempat ibadah, kantor pemerintah, dermaga, serta fasilitas umum lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.