Mungkinkan Hewan Bisa Terinfeksi COVID-19

Kesehatan

Mungkinkan Hewan Bisa Terinfeksi COVID-19?

Baru-baru ini diketahui bahwa ada seekor kucing peliharaan di Hong Kong yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona SARS-CoV-2. Kucing tersebut diduga tertular COVID-19 dari pemilikya yang juga positif mengidap penyakit yang sama.

Kucing ini menjadi hewan ketiga yang dinyatakan positif COVID-19. Sebelumnya, dua ekor anjing juga dinyatakan positif COVID-19 dimana salah satunya telah meninggal dunia.

[Baca Juga: Antisipasi Covid-19, Pemprov DKI Jakarta Optimalisasi Layanan Daring]

Meski dinyatakan positif, namun menurut Departemen Pertanian dan Perikanan Hong Kong yang melakukan pemeriksaan mengatakan bahwa kucing tersebut tidak menunjukkan gejala penyakit. Fenomena tersebut pun persis dengan apa yang terjadi pada tahun 2003 dimana ada seekor kucing yang terinfeksi Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) tanpa menunjukan gejala apapun.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang sebelumnya menyatakan bahwa tidak ada bukti hewan peliharaan bisa tertular COVID-19 pun meralat pernyataannya. Bahkan kini WHO menyarankan kepada pemilik hewan peliharaan yang terinfeksi atau rentan terinfeksi virus corona SARS-CoV-2 untuk menghindari kontak langsung dengan hewan peliharaan mereka.

Mungkinkan Hewan Bisa Terinfeksi COVID-19

Hal senada juga disampaikan oleh Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Sugiyono Saputra. Seperti yang dilansir dari CNNIndonesia, Sugiyono mengatakan bahwa Covid-19 bisa menular dari manusia ke hewan karena ada kecocokan Covid-19 dengan reseptor ACE2 (Angiotensin converting enzyme 2) pada hewan tersebut. ACE2 adalah enzim yang terdapat di luar permukaan sel yang ada di paru-paru, arteri, hati, ginjal dan usus.

Meski kemungkinan penularan virus corona dari manusia terhadap hewan itu ada, namun hal itu jarang sekali terjadi. Bahkan di Indonesia belum ada kasus seperti itu. Masyarkat pun tidak perlu panik dan kemudian malah menelantarkan hewan peliharaannya. Yang perlu dilakukan adalah selalu menjaga kebersihan hewan serta rutin mengecek kesehatan hewan peliharaan ke dokter.

[Baca Juga: Sejumlah Mall di Depok Tutup untuk Cegah Penularan COVID-19]

Selain itu, bagi pemilik hewan yang tertular atau bahkan rentan terhadap penyakit COVID-19, cobalah membatasi diri terlebih dahulu untuk berinteraksi dengan hewan peliharaan. Kalaupun terpaksa, maka para pemilik harus tetap menjaga praktik kebersihan yang baik seperti mencuci tangan sebelum dan setelah berinteraksi dengan hewan serta menggunakan masker wajah jika memungkinkan.

Read More

Artikel Lainnya

Pandemi-Kapulaga-Sumut-Tetap-Melesat-6.jpg

Berita Kawasan

Ekspor Kapulaga Sumatera Utara Tetap Melesat di Masa Pandemi

14 July 2020, 20:00

Jumlah ekspor kapulaga tetap meningkat meskipun sedang masa pembatasan akibat pandemi COVID-19. Hal ini tak terlepas dari kualitas yang dihasilkan.

Akulah Samudera.jpg

Hobi dan Hiburan

Film Akulah Samudera Ungkapkan Pentingnya Peran Laut

14 July 2020, 19:00

Film dokumenter ini bakal tayang di acara Indonesia Canada Congress pada saat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 2020 di Kanada.

toba-unesco-2.jpg

Berita Kawasan

Danau Toba Resmi Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark

14 July 2020, 18:00

Danau Toba yang menjadi salah satu destinasi pariwisata super prioritas telah tersertifikasi tingkat dunia oleh UNESCO.

Pemkot Medan Gandeng Stikes Senior untuk Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru.jpg

Pendidikan

Pemkot Medan Gandeng Stikes Senior untuk Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru

14 July 2020, 17:00

Melalui sosialisasi mengenai Perwal adaptasi kebiasaan baru, Pemkot Medan berharap Stikes Senior dapat menjadi influencer new normal.


Comments


Please Login to leave a comment.