Mural Khas Betawi Hiasi Kolong Jalan Layang Jatinegara

Berita Kawasan

Mural Khas Betawi Hiasi Kolong Jalan Layang Jatinegara

Kelurahan Rawa Bunga melakukan penataan lingkungan di kolong flyover atau jalan layang Jatinegara, Jakarta Timur. Penataan di lokasi tersebut dilakukan dengan aksi bersih bersih pada Jumat (24/5/2019) sebagaimana dikatakan Lurah Rawa Bunga Agustina.

Namun, tidak hanya itu, pengecatan dan pembuatan mural juga dilakukan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-492 yang jatuh pada tangal 22 Juni. "Selain aksi bersih-bersih juga kita lakukan pengecatan warna warni dan mural di sepanjang tembok pembatas rel kereta api," ujarnya.

[Baca Juga: Pencanangan HUT ke-492 DKI Akan Berlangsung di Kampung Akuarium]

Kegiatan yang melibatkan para petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) ini dimulai dengan apel di Kelurahan Rawa Bunga. Setelah itu, para petugas PPSU langsung membersihkan trotoar di sepanjang Jalan Raya Bekasi Timur, mulai dari traffic light Kantor Kejaksaan Jakarta Timur menuju kolong jalan layang Jatinegara, hingga depan Stasiun Jatinegara.

Dan sebanyak 40 petugas PPSU juga mengecat tembok pembatas rel kereta api sepanjang 300 meter dengan beragam warna, termasuk membuat mural dengan gambar logo HUT DKI, pagar khas Betawi, gigi balang, ondel-ondel dan sebagainya. Awalnya, pembuatan mural ini secara simbolis dilakukan Sekretaris Camat Jatinegara Sarjono sebagaimana dilansir timur.jakarta.go.id (24/5/2019).

[Baca Juga: Ondel-ondel Laris Dipesan Jelang HUT DKI Jakarta]

"Konsep yang kita terapkan adalah pembuatan logo HUT DKI, mural ondel-ondel, gigi balang, pagar khas Betawi. Kita berdayakan PPSU yang memiliki jiwa seni tinggi untuk mengonsep dan membuat mural," tutur Agustina. 

Kegiatan penataan lingkungan ini merupakan tindak lanjut Surat Edaran Sekretaris Daerah No.54 Tahun 2019 sebagaimana disampaikan Agustina selaku Ketua Panitia HUT ke-492 Kota Jakarta. Penataan lingkungan di Jatinegara dilakukan agar semua instansi pemerintah dan swasta menata dan menghias kantor dan lingkungannya masing-masing.

Kawasan kolong jalan layang Jatinegara hingga depan stasiun dipilih untuk ditata karena melihat kondisi tembok yang sudah mulai kusam, terutama pilar-pilar penyangga jalan layang seperti diutarakan Agustina. Dalam kegiatan penataan tersebut, seluruhnya dibersihkan dan dicat warna-warni.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.