Kalijaga 2.jpg

Berita Kawasan

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu, Bangunan Kecil Bersejarah

Pengaruh penyebaran Islam yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga di kerajaan-kerajaan di Jawa meninggalkan banyak cerita. Salah satu cerita itu dimunculkan dalam nuansa paguyuban sebuah musala kecil di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Berwarna hitam dengan sebuah kentongan besar di depan terasnya membuat musala ini kental dengan nuansa Jawa di masa para sunan, terutama Sunan Kalijaga yang terkenal dengan kreasi seninya. Kentongan pada masanya pernah menjadi penanda untuk memanggil masyarakat untuk mengaji dan salat, sebelum akhirnya kulturasi dengan budaya Islam di Arab diturunkan dalam bentuk beduk.

“Masyarakat sini kan kebanyakan mengikuti ajaran Nahdhatul Ulama ya Mas, jadi kami lebih memakai garis ajaran Islam yang mengambil intisari budaya Jawa seperti yang dipakai Sunan Kalijaga dan gurunga Sunan Bonang. Nah, ini ada padasan dari gentong kan klasik nuansanya. Kami pengen membuat orang-orang yang sudah modern ini rindu dengan nuansa pedesaan di masa lalu,” terang Pak Ahmad, warga setempat dan salah satu pengurus musala Sunan Kalijaga.

Kalijaga 1.jpg

Musala berwarna hitam ini berdekatan dengan Wisata Taman Dolan di Giripurno. Desain lanskap taman kecil di depan musala seolah berintegrasi dengan desain Taman Dolan yang membangkitkan kembali desain pedesaan di masa lalu. Biasanya, pengunjung Taman Dolan pula yang memanfaatkan keberadaan musala ini untuk beribadah.

Kali ini, berdekatan dengan musala, sekitar 50 meter ke arah timur terdapat pujasera. Hal ini membuat para pengendara yang kelelahan mengemudi atau wisatawan yang berkunjungke Kota Batu tidak perlu lagi takut akan lahan parkir untuk mencoba nuansa beribadah di Musala Sunan Kalijaga ini.

Berbagai kegiatan masyarakat yang diturunkan dari ajaran Sunan Kalijaga, sebagaimana diterapkan pula oleh ajaran Nahdhatul Ulama, pun dilakukan di musala ini. Kegiatan tersebut misalnya, Tahlilan di hari Kamis malam Jumat. Selain itu, ada pula istighosah, atau kajian shalawat yang dilaksanakan di hari Rabu dan Minggu. Namun sebenarnya, pelaksanaan kegiatan istighosah ini tidaklah tetap, jadwal bisa berubah sewaktu-waktu sebagaimana diputuskan pengurus setempat.


Read More

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu

Bangunan Bersejarah

None
None

Artikel Lainnya

tamplate foto pingpoint.jpg

Bisnis

Titipku, Aplikasi Pesan Antar Kebutuhan Sehari-hari dari Pasar

22 September 2021, 09:05

Kini, jasa pesan antar juga banyak sudah tersedia untuk berbagai jenis kebutuhan. Salah satunya adalah kebutuhan sehati-hari yang biasa Pointers dapatkan di pasar tradisional.

cov.jpg

Hobi dan Hiburan

Virtuso Music Studio, Solusi Sewa Studio Musik dan Rekaman di Malang

22 September 2021, 07:07

Untuk bagian dalam studio, terdapat satu ruang rekaman yang digunakan oleh operator dan juga ruang latihan atau studio yang digunakan oleh para pemain band.

Ngabuburit di Alun-Alun Kota Bandung

Berita Kawasan

Hari Jadi Kota Bandung, Sukseskan Tagline #BandungHarmoniTuntaskanPandemi

21 September 2021, 06:01

Pada Sabtu, 25 September mendatang, Kota Bandung akan memperingati hari jadinya yang berusia 211 tahun. Tagline yang diusung tahun ini yaitu "Bandung Harmoni Tuntaskan Pandemi”.

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.


Comments


Please Login to leave a comment.