Museum Internasional Sejarah Nabi Peradaban Islam Segera Didirikan

Berita Kawasan

Museum Internasional Sejarah Nabi & Peradaban Islam Segera Didirikan

Ibu Kota tampaknya ingin mengukuhkan wilayahnya sebagai lokasi wisata religi dengan menghadirkan tempat yang menjadi ikon keagamaan terbaru di Jakarta. Bernama Museum Internasional Sejarah Nabi Muhammad SAW dan Peradaban Islam, objek wisata religi ini akan bertempat di area Pantai Ancol Timur, Jakarta Utara.

Saat ini museum tersebut sudah mulai memasuki masa pembangunan dengan baru-baru ini digelarnya acara ground breaking atau peletakan batu pertama.

Museum Internasional Sejarah Nabi Peradaban Islam Segera Didirikan

Prosesi tersebut digelar pada 26 Februari 2020 dan dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kala, Sekretaris Liga Dunia Islam Syaikh Muhammad Abdul Karim Al-Isa, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri BUMN Erik Tohir, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil. Dengan Anies yang merasa bangga karena Jakarta dipilih sebagai lokasi berdirinya museum ini.

“Sungguh keberkahan bagi kami di Jakarta, Indonesia menjadi tuan rumah Museum Internasional Sejarah Nabi terbesar di dunia. Satu-satunya yang dibangun di luar Saudi Arabia,” ujar orang nomor satu di DKI Jakarta itu, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (26/2/2020).

[Baca Juga: Ancol Bangun Masjid Terapung Pertama di Jakarta]

Anies menyebut, pihaknya siap memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan wisata religi yang merupakan hasil kerjasama antara DMI, Lida Dunia Islam, Yayasan Wakaf As-Salam Saudi Arabia, dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tersebut. Dengan Pemprov DKI Jakarta yang memberikan fasilitas lahan serta infrastrukturnya.

Gubernur DKI Jakarta itu melanjutkan, keberadaan Museum Internasional Sejarah Nabi Muhammad SAW dan Peradaban Islam nantinya dapat menjadi ikon terbaru di Ibu Kota. “Ini akan melengkapkan Jakarta yang memiliki ikon-ikon yang cukup lengkap, dari mulai ikon Monas, Masjid Istiqlal, Katedral, (dan) Tugu Selamat Datang dan ikon Jakarta ini, nanti dilengkapkan dengan adanya museum ini," kata Anies.

[Baca Juga: Mengintip Masjid Peninggalan Pangeran Jayakarta di Dekat Jatinegara]

Gubernur menambahkan, "Kami sendiri di Ancol sedang membangun Masjid Apung. Jadi, nanti InsyaAllah ketika ini selesai di kawasan Ancol, ini ada dua ikon muncul bersama. Di sisi barat Masjid yang dibangun di atas laut, Masjid Apung, dan di sisi timurnya adalah Museum Rasulullah. Nanti insyaAllah, di sini akan ada lebih dari 100 menu makanan Rasulullah akan disiapkan di tempat ini.”

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Pembangunan Syafruddin Kambo, Museum ini nantinya akan memiliki beragam teknologi, miniatur Masjidil Haram, dan convention center. Kemudian di dalamnya juga akan hadir pusat penelitian untuk puluhan ribu hadist. “Hadirnya museum ini di Indonesia akan membawa misi Islam moderat, di dalamnya akan menggambarkan Sirah Nabawiyah, sejarah Nabi Muhammad SAW yang sangat lengkap,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 6 months lalu
    rine

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di QQharian,club <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>