Museum Kota LamaOK.jpg

Berita Kawasan

Museum Kota Lama Siap Gaet Wisatawan di Awal 2022

Satu lagi destinasi wisata di kota Semarang yang akan dibuka di tahun 2022 ini. Museum Kota Lama yang terletak di Bundaran Bubakan, Kota Lama Semarang. Anang Budi Utomo selaku Sekretaris Komisi D DPRD Kota Semarang menjadi salah satu tokoh yang mendorong museum tersebut segera difungsikan, menurutnya museum ini menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan Semarang kepada masyarakat.

"Mulai dari busana semarangan, rumah semarangan, pengantin semarangan, dan lainnya yang berbau Kota Semarang. Kami ingin bisa ditampilkan di situ. Jadi, yang tidak tahu Semarang kayak apa, bisa masuk museum itu," ujar Anang pada (30/12/21) lalu.

Museum Kota LamaOK2.jpg

Menurut Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi saat ini bentuk fisik museum yang dibangun oleh Kementerian PUPR ini sudah ada, namun isi dari museum masih dalam pembahasan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang. Rencananya awal Januari 2022 ini museum imersif bisa diresmikan. Hendi berharap dengan dibukanya museum ini dapat menjadi penarik wisatawan yang berkunjung ke kota Semarang.

Hevearita Gunaryanti Rahayu selaku Ketua Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BP2KL), mengatakan jika saat ini pembangunan fisik museum Kota Lama telah rampung. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kini sedang mempersiapkan isi yang nantinya akan berbasis digital dengan penggunaan e-katalog sehingga filosofi museum sesuai yang diinginkan. "Insya Allah 1-2 bulan e-katalog bisa selesai. Disbudpar masih menunggu lelang," ujar Ita sapaan akrabnya.

[Baca Juga: Menikmati Cake Berlapis Asal Jogja di Jantung Kota Lama, Semarang]

Beberapa waktu lalu Indriyasari selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang mengatakan jika Museum Kota Lama Semarang akan menjadi tempat wisata edukasi yang akan memadukan teknologi imersif yang belum pernah ada di museum Indonesia. Teknologi ini akan menggabungkan dunia nyata dan digital sehingga pengunjung akan merasakan visual layaknya berada di dunia nyata ketika memasuki museum.

Selain itu ada pula miniatur trem dimana pengunjung akan merasakan sensasi menaiki trem sambil menikmati suasana Kota Lama tempo dulu. Ada pula koleksi artefak sejarah kota lama yang telah diteliti oleh balai arkeologi dan komunitas. Beberapa barang koleksinya juga didatangkan dari Jogja yang memperlihatkan sejarah peradaban prabenteng dan pascabenteng. Informasi tentang sejarah kota lama beserta kawasan yang berkaitan seperti kawasan Melayu, Pecinan, dan Kauman akan dipaparkan pula di Museum Kota Lama.

Museum Kota LamaOK3.jpg

Menurut Hevearita, fokus museum Kota Lama saat ini adalah mengisi museum agar khalayak ramai dapat mengetahui tentang sejarah Semarang, disamping perbaikan infrastruktur yang mengalami kerusakan karena proyek yang telah berjalan hampir dua tahun. "Karena proyek berjalan hampir dua tahun, banyak infrasturkur yang rusak. Nanti akan dibenahi oleh satker sebelum diserahterimakan kepada Pemkot Semarang," ungkap Ita dalam rilis tertulis yang diterima PingPoint.co.id (4/1/22).

Saat ini PDAM telah menerapkan sistem ducting, sementara PLN, Telkom dan Up G masih dalam proses. Di luar museum juga telah dibangun taman yang menghubungkan antara tempat parkir dan museum sehingga aksesnya lebih tertata. Sementara itu, untuk pembangunan kantong parkir, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang masih menunggu keputusan pihak Bank Jateng sebagai pemilik lahan.

.


Read More

Museum Kota Lama

Tujuan Wisata

None
None

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.