Museum Menyatukan Keberagaman di Hari Museum Nasional

Berita Kawasan

Museum Menyatukan Keberagaman di Hari Museum Nasional

Dalam waktu dekat, Indonesia akan memeringati Hari museum Indonesia yang diperingati setiap tanggal 12 Oktober. Sejak Tahun 2015 Indonesia menetapkannya sebagai Hari Museum Indonesia yang dideklarasikan di Malang. Penetapan Hari Museum Indonesia merupakan momen penting bagi sejarah permuseuman di Indonesia. Melansir laman kebudayaan.kemdikbud.go.id (08/10/2019), museum di Indonesia selalu berupaya untuk mengembangkan diri agar perannya benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Firda Arda mengatakan, Indonesia saat ini sudah memiliki 435 museum yang dikelola pemerintah maupun perorangan. Banyak museum di Indonesia yang memiliki keunikannya masing-masing, mulai dari yang sarat sejarah hingga museum kekinian yang digemari anak-anak muda zaman sekarang.

Museum Menyatukan Keberagamaan di Hari Museum Nasional

Peringatan Hari Museum Indonesia sebagai bukti eksistensi museum di tengah masyarakat. Di Tahun 2019 ini, peringatan Hari Museum Indonesia mengusung tema Museum Menyatukan Keberagaman dengan tagar Nyok, Kite ke Museum.

[Baca Juga: Cerita Horor Bayangi Museum Wayang di Kota Tua Jakarta]

Peringatan Hari Museum Indonesia 2019 akan banyak dipenuhi acara menarik yang sayang untuk dilewatkan. Rangkaian event tersebut diselenggarakan pada 7-13 Oktober 2019 di Jakarta, tepatnya di Taman Fatahillah, Kota Tua. Berbagai acara tersebut meliputi pameran Beda Rupa Banyak Cerita, Festival Enjoy Jakarta, seminar, aneka permainan tradisional, penampilan band, festival komunitas, seni mural, dan lainnya.

Fitra berharap peringatan Hari Museum Indonesia kali ini tidak hanya sebagai model belaka. Peringatan Hari Museum Indonesia diharapkan dapat meningkatkan peran museum, baik sebagai tempat pelestarian, pengkajian, edukasi, maupun kesenangan dan rekreasi, sehingga museum tetap menjadi ruang publik berbagai kegiatan.

[Baca Juga: Penataan PKL dan Pembelian Cagar Budaya Menuju Revitalisasi Kota Tua]

“Karena museum adalah rumah peradaban, tempat tumbuh dan berkembangnya kemampuan berpikir serta kreativitas masyarakat. Museum berfungsi sebagai pendorong tumbuhnya rasa bangga dan cinta tanah air (nasionalisme) serta menjadi objek wisata yang mengedepankan unsur pendidikan dan pelestarian warisan budaya. Tentu yang tidak kalah penting adalah menjadi pusat informasi dan dokumentasi warisan budaya bangsa,” katanya seperti dikutip kemdikbud.go.id (08/10/2019).


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.