Museum Menyatukan Keberagaman di Hari Museum Nasional

Berita Kawasan

Museum Menyatukan Keberagaman di Hari Museum Nasional

Dalam waktu dekat, Indonesia akan memeringati Hari museum Indonesia yang diperingati setiap tanggal 12 Oktober. Sejak Tahun 2015 Indonesia menetapkannya sebagai Hari Museum Indonesia yang dideklarasikan di Malang. Penetapan Hari Museum Indonesia merupakan momen penting bagi sejarah permuseuman di Indonesia. Melansir laman kebudayaan.kemdikbud.go.id (08/10/2019), museum di Indonesia selalu berupaya untuk mengembangkan diri agar perannya benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Firda Arda mengatakan, Indonesia saat ini sudah memiliki 435 museum yang dikelola pemerintah maupun perorangan. Banyak museum di Indonesia yang memiliki keunikannya masing-masing, mulai dari yang sarat sejarah hingga museum kekinian yang digemari anak-anak muda zaman sekarang.

Museum Menyatukan Keberagamaan di Hari Museum Nasional

Peringatan Hari Museum Indonesia sebagai bukti eksistensi museum di tengah masyarakat. Di Tahun 2019 ini, peringatan Hari Museum Indonesia mengusung tema Museum Menyatukan Keberagaman dengan tagar Nyok, Kite ke Museum.

[Baca Juga: Cerita Horor Bayangi Museum Wayang di Kota Tua Jakarta]

Peringatan Hari Museum Indonesia 2019 akan banyak dipenuhi acara menarik yang sayang untuk dilewatkan. Rangkaian event tersebut diselenggarakan pada 7-13 Oktober 2019 di Jakarta, tepatnya di Taman Fatahillah, Kota Tua. Berbagai acara tersebut meliputi pameran Beda Rupa Banyak Cerita, Festival Enjoy Jakarta, seminar, aneka permainan tradisional, penampilan band, festival komunitas, seni mural, dan lainnya.

Fitra berharap peringatan Hari Museum Indonesia kali ini tidak hanya sebagai model belaka. Peringatan Hari Museum Indonesia diharapkan dapat meningkatkan peran museum, baik sebagai tempat pelestarian, pengkajian, edukasi, maupun kesenangan dan rekreasi, sehingga museum tetap menjadi ruang publik berbagai kegiatan.

[Baca Juga: Penataan PKL dan Pembelian Cagar Budaya Menuju Revitalisasi Kota Tua]

“Karena museum adalah rumah peradaban, tempat tumbuh dan berkembangnya kemampuan berpikir serta kreativitas masyarakat. Museum berfungsi sebagai pendorong tumbuhnya rasa bangga dan cinta tanah air (nasionalisme) serta menjadi objek wisata yang mengedepankan unsur pendidikan dan pelestarian warisan budaya. Tentu yang tidak kalah penting adalah menjadi pusat informasi dan dokumentasi warisan budaya bangsa,” katanya seperti dikutip kemdikbud.go.id (08/10/2019).


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.