Museum Menyatukan Keberagaman di Hari Museum Nasional

Berita Kawasan

Museum Menyatukan Keberagaman di Hari Museum Nasional

Dalam waktu dekat, Indonesia akan memeringati Hari museum Indonesia yang diperingati setiap tanggal 12 Oktober. Sejak Tahun 2015 Indonesia menetapkannya sebagai Hari Museum Indonesia yang dideklarasikan di Malang. Penetapan Hari Museum Indonesia merupakan momen penting bagi sejarah permuseuman di Indonesia. Melansir laman kebudayaan.kemdikbud.go.id (08/10/2019), museum di Indonesia selalu berupaya untuk mengembangkan diri agar perannya benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Firda Arda mengatakan, Indonesia saat ini sudah memiliki 435 museum yang dikelola pemerintah maupun perorangan. Banyak museum di Indonesia yang memiliki keunikannya masing-masing, mulai dari yang sarat sejarah hingga museum kekinian yang digemari anak-anak muda zaman sekarang.

Museum Menyatukan Keberagamaan di Hari Museum Nasional

Peringatan Hari Museum Indonesia sebagai bukti eksistensi museum di tengah masyarakat. Di Tahun 2019 ini, peringatan Hari Museum Indonesia mengusung tema Museum Menyatukan Keberagaman dengan tagar Nyok, Kite ke Museum.

[Baca Juga: Cerita Horor Bayangi Museum Wayang di Kota Tua Jakarta]

Peringatan Hari Museum Indonesia 2019 akan banyak dipenuhi acara menarik yang sayang untuk dilewatkan. Rangkaian event tersebut diselenggarakan pada 7-13 Oktober 2019 di Jakarta, tepatnya di Taman Fatahillah, Kota Tua. Berbagai acara tersebut meliputi pameran Beda Rupa Banyak Cerita, Festival Enjoy Jakarta, seminar, aneka permainan tradisional, penampilan band, festival komunitas, seni mural, dan lainnya.

Fitra berharap peringatan Hari Museum Indonesia kali ini tidak hanya sebagai model belaka. Peringatan Hari Museum Indonesia diharapkan dapat meningkatkan peran museum, baik sebagai tempat pelestarian, pengkajian, edukasi, maupun kesenangan dan rekreasi, sehingga museum tetap menjadi ruang publik berbagai kegiatan.

[Baca Juga: Penataan PKL dan Pembelian Cagar Budaya Menuju Revitalisasi Kota Tua]

“Karena museum adalah rumah peradaban, tempat tumbuh dan berkembangnya kemampuan berpikir serta kreativitas masyarakat. Museum berfungsi sebagai pendorong tumbuhnya rasa bangga dan cinta tanah air (nasionalisme) serta menjadi objek wisata yang mengedepankan unsur pendidikan dan pelestarian warisan budaya. Tentu yang tidak kalah penting adalah menjadi pusat informasi dan dokumentasi warisan budaya bangsa,” katanya seperti dikutip kemdikbud.go.id (08/10/2019).


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.