Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

Berita Kawasan

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

Kedutaan Besar Australia bersama Museum Sejarah Jakarta dan Islamic Museum of Australia mengadakan pameran foto yang menceritakan kisah lengkap Islam di Australia. Pameran ini bertajuk Boundless Plains: The Australian Muslim Connection yang diadakan mulai tanggal 13-30 April 2019.

Pameran foto sejarah Islam di Australia ini bisa dikunjungi di Museum Sejarah Jakarta. Mengutip rilis siaran media indonesia.embassy.gov.au (15/4/2019), pameran ini mengisahkan sejarah panjang Islam di Australia mulai dari kisah pelaut Makassar yang berdagang dengan penduduk asli Yolngu di Australia Utara dan penunggang unta dari Asia Selatan yang membantu mengembangkan pedalaman Australia, hingga imigran dari seluruh dunia yang menjadikan Australia sebagai rumah mereka.

[Baca Juga: Mengunjungi Kamar Diponegoro di Museum Sejarah Jakarta]

Bagi yang tertarik mengenai sejarah Islam di berbagai penjuru dunia, tentu pameran Boundless Plains: The Australian Muslim Connection bisa memberikan informasi baru mengenai perkembangan Islam di Australia yang sudah ada lebih dari 200 tahun. Pameran ini dibuka untuk umum selama dua minggu ke depan, siapa pun yang tertarik dengan pameran foto ini tentu perlu menyempatkan diri berkunjung ke Museum Sejarah Jakarta.

Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan mengatakan, Islam adalah agama besar di Australia dan berkembang pesat dengan laju sekitar 20 persen sebagaimana tertulis dalam siaran media indonesia.embassy.gov.au (15/4/2019).

[Baca Juga: Kunjungan ke Museum dan Destinasi Wisata Gratis pada Pemilu 2019]

Dia menjelaskan, pameran foto ini menyoroti bahwa Australia sama seperti Indonesia yang mendapat banyak kekuatan dari masyarakat multi agama dan multikultural. Namun, agar lebih dari sebelumnya, maka perlu pengembangan pemahaman yang lebih dalam dan membangun hubungan antara komunitas-komunitas, terutama komunitas agama.

Pengelola Museum Sejarah Jakarta mengaku senang bisa turut mengadakan pameran foto Boundless Plains: The Australian Muslim Connection bersama Kedutaan Besar Austaralia. "Museum Sejarah Jakarta senang dapat turut mengadakan pameran ini bersama Kedutaan Besar Australia,” ujar Kepala Unit Pengelola Museum Sejarah Jakarta Sri Kusumawati

[Baca Juga: Indonesia Raih 4 Penghargaan di Pameran Bahari Adex 2019 Singapura]

Sri berharap, pameran ini akan menciptakan peluang lebih lanjut untuk kemitraan budaya dan pariwisata antara dua negara, yaitu Indonesia dan Australia.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.