Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

Berita Kawasan

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia

Kedutaan Besar Australia bersama Museum Sejarah Jakarta dan Islamic Museum of Australia mengadakan pameran foto yang menceritakan kisah lengkap Islam di Australia. Pameran ini bertajuk Boundless Plains: The Australian Muslim Connection yang diadakan mulai tanggal 13-30 April 2019.

Pameran foto sejarah Islam di Australia ini bisa dikunjungi di Museum Sejarah Jakarta. Mengutip rilis siaran media indonesia.embassy.gov.au (15/4/2019), pameran ini mengisahkan sejarah panjang Islam di Australia mulai dari kisah pelaut Makassar yang berdagang dengan penduduk asli Yolngu di Australia Utara dan penunggang unta dari Asia Selatan yang membantu mengembangkan pedalaman Australia, hingga imigran dari seluruh dunia yang menjadikan Australia sebagai rumah mereka.

[Baca Juga: Mengunjungi Kamar Diponegoro di Museum Sejarah Jakarta]

Bagi yang tertarik mengenai sejarah Islam di berbagai penjuru dunia, tentu pameran Boundless Plains: The Australian Muslim Connection bisa memberikan informasi baru mengenai perkembangan Islam di Australia yang sudah ada lebih dari 200 tahun. Pameran ini dibuka untuk umum selama dua minggu ke depan, siapa pun yang tertarik dengan pameran foto ini tentu perlu menyempatkan diri berkunjung ke Museum Sejarah Jakarta.

Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan mengatakan, Islam adalah agama besar di Australia dan berkembang pesat dengan laju sekitar 20 persen sebagaimana tertulis dalam siaran media indonesia.embassy.gov.au (15/4/2019).

[Baca Juga: Kunjungan ke Museum dan Destinasi Wisata Gratis pada Pemilu 2019]

Dia menjelaskan, pameran foto ini menyoroti bahwa Australia sama seperti Indonesia yang mendapat banyak kekuatan dari masyarakat multi agama dan multikultural. Namun, agar lebih dari sebelumnya, maka perlu pengembangan pemahaman yang lebih dalam dan membangun hubungan antara komunitas-komunitas, terutama komunitas agama.

Pengelola Museum Sejarah Jakarta mengaku senang bisa turut mengadakan pameran foto Boundless Plains: The Australian Muslim Connection bersama Kedutaan Besar Austaralia. "Museum Sejarah Jakarta senang dapat turut mengadakan pameran ini bersama Kedutaan Besar Australia,” ujar Kepala Unit Pengelola Museum Sejarah Jakarta Sri Kusumawati

[Baca Juga: Indonesia Raih 4 Penghargaan di Pameran Bahari Adex 2019 Singapura]

Sri berharap, pameran ini akan menciptakan peluang lebih lanjut untuk kemitraan budaya dan pariwisata antara dua negara, yaitu Indonesia dan Australia.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.