Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Suara Dari Bawah Laut

Berita Kawasan

Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Suara Dari Bawah Laut

Museum Sejarah Jakarta kembali mengadakan sebuah pameran menarik dari hasil kerjasama dengan Rujak Center for Urban Studies (RCUS). Kali ini, tepatnya mulai 7 Mei 2019 hingga 16 Juni 2019 digelar pameran -2M: Suara-Suara dari (Bawah) Laut.

Pameran ini juga didukung Arts Network Asia dan Institut fur Auslandsbeziehungen. Pameran ini jangan sampai dilewatkan bagi Anda yang memiliki antusias pada seni, karena pameran ini layaknya pameran kelas internasional. Mengapa? Karena kegiatan pameran ini akan menghadirkan 15 karya dari seniman yang tergabung dari seniman Indonesia, Australia, Jepang, dan Jerman.

[Baca Juga: Museum Sejarah Jakarta Gelar Pameran Foto Sejarah Islam di Australia]

Seniman-seniman dari Indonesia yang berkontribusi dalam pameran ini antara lain Irwan Ahmett, Tita Salina, Adi Priyatna, Dea Widya, dan Noci Broer. Sedangkan seniman mancanegara yang turut menampilkan karyanya, antara lain Jorgen Doyle dan Hannah Ekin dari Australia, Alex Head dan Anna Kostreva dari Jerman, serta Jun Kitazawa dari Jepang. Selain itu, Kelompok Jurnalis Cilik, Teater Tagar Jagat, Adek Ceeguk, dan Rujak Center For Urban Studies (RCUS) juga turut berkontribusi dalam pameran ini.

Pameran ini diselenggarakan untuk menanggapi situasi dan sejarah budaya pesisir Jakarta saat ini. Menariknya, pameran -2M tidak hanya menghadirkan karya fotografi yang menangkap kehidupan sehari-hari penduduk kawasan pesisir Jakarta. Namun, pameran ini juga menghadirkan ragam bentuk karya kontemporer dalam rupa video, instalasi, model, essay, dan suara agar memberikan perspektif yang berbeda kepada masyarakat mengenai situasi dan sejarah budaya kawasan pesisir Jakarta.

[Baca Juga: Kunjungi Pameran di Museum Seni Rupa dan Keramik]

Pameran ini juga di isi dengan beberapa program publik yang terbuka untuk umum. Jadi, hanya dengan membayar Rp5.000 untuk masuk ke Museum Sejarah Jakarta, Anda bisa sekaligus melihat pameran -2M Suara-suara dari (Bawah) Laut. Selain itu, pengunjung juga bisa mengikuti beberapa program publik yang mengisi kegiatan pameran.

Adapun program publik yang diselenggarakan dalam pameran ini sebagaimana terlampir pada unggahan dari sumber yang sama, seperti petunjukan tunggal, pembicaraan mengenai Legenda Urban di Jakarta Utara, serta Hikayat Nakhoda Asyik dan Si Pitung yang ke Laut, lektur performatif, hingga mengadakan lokakarya.

[Baca Juga: Pameran Dunia Dalam Berita Tawarkan Sejarah Seni Rupa Indonesia]

Program publik dalam kegiatan pameran ini memiliki jadwal tertentu yang di awali sebuah pertunjukan tunggal Gelembung-Gelembung karya Adek Ceeguk pada tanggal 12 Mei 2019 pukul 16.00-18.00. Sementara, program publik selanjutnya akan hadir di tanggal 16, 19, 22, 24, 25, 26 dan 30 Mei 2019.

Jika Anda tertarik untuk melihat pameran yang menampilkan situasi dan sejarah budaya kawasan pesisir ini, Anda bisa datang dari pukul 08.00-15.00. Mari menyimak situasi dan sejarah budaya pesisir Jakarta di pameran -2M Suara-suara dari (Bawah) Laut.


Read More

Artikel Lainnya

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.