Museum of Toys Ingin Dorong Desainer Toys Lokal Lebih Dikenal Publik

Berita Kawasan

Museum of Toys Ingin Dorong Desainer Toys Lokal Lebih Dikenal Publik

Salah satu booth yang berada di Hall A Jakarta Covention Center atau JCC Senayan memiliki konsep yang sangat menarik perhatian. Pasalnya, di sana terdapat banyak mainan atau toys yang dipajang dan terbilang memiliki bentuk yang unik, bahkan bisa dikatakan cenderung tidak konvensional. Inilah pajangan koleksi dari Museum of Toys yang ternyata diperlihatkan ke publik Jakarta demi menunjukkan mainan hasil karya para desainer yang tidak dijual bebas di toko-toko mainan pada umumnya.

Museum of Toys Ingin Dorong Desainer Toys Lokal Lebih Dikenal Publik

Sekadar informasi, lokasi Museum of Toys sendiri berada di Green Lake City, Rukan CBD L No.1, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang. Museum ini dibangun oleh Win Satrya dari koleksinya yang dikumpulkan selama 15 tahun terakhir dengan angka koleksinya sudah mencapai 14.000 toys. Tempat ini bisa dikatakan sangat cocok untuk Anda yang termasuk penggemar mainan unik atau yang penasaran dengan berbagai toys yang memiliki makna serta filosofi di balik desainnya.

[Baca Juga: Shopee Indonesia Comic Con 2019 Siap Digelar di JCC Senayan]

“Museum of Toys itu sebenarnya kita benar-benar fokus dengan desainer toys. Jadi enggak ada Mattel, Hasbro, atau merek lainnya. Namun, temanya mungkin bisa melipir ke Star Wars, ke pop culture juga seperti Mickey Mouse yang semuanya didesain oleh desainer dan artis, itulah Museum of Toys,” ujar Win kepada PingPoint.co.id pada Shopee Indonesia Comic Con 2019 di JCC Senayan, Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat (12/10/2019).

Museum of Toys Ingin Dorong Desainer Toys Lokal Lebih Dikenal Publik

Selain untuk memberikan kesempatan kepada publik untuk melihat toys unik, Museum of Toys juga memiliki fungsi membantu mengenalkan para desainer mainan dalam negeri ke tingkat global. Salah satunya adalah desainer yang dikenal dengan nama Crack dengan hasil karyanya, yaitu Darucans. Di mana toys ini juga menjadi bagian dari pajangan yang dipamerkan di booth Museum of Toys pada Shopee Indonesia Comic Con 2019.

“Saya diajak kolaborasi Museum of Toys dengan saya sendiri sudah menjadi toys desainer selama dua tahun setelah sebelumnya kerjasama dengan toys maker dari Hong Kong. Darucans itu toys kedua yang saya desain,” jelas Crack. Menariknya, konsep dari Darucans memiliki unsur kombinasi elemen Jepang dan budaya grafiti.

[Baca Juga: Ini Aksi Cosplayer di Shopee Indonesia Comic Con 2019]

Konsep ini sendiri tidak lepas dari inspirasi pertama Crack yang memang seorang grafiti writer sehingga tidak pernah bisa lepas dari cat semprot atau pyilox. Sedangkan untuk inspirasi kedua, ia mengambil unsur budaya Jepang, khususnya boneka daruma. Dari sinilah nama Darucans muncul yang terdiri dari dua kata, daruma dan spray can (cat semprot).

Karena memang Museum of Toys ingin mendorong hasil karya para desainer lokal toys kepada publik, Darucans juga akan dijual ke pasar di dalam dan luar negeri. “Akhir Januari (2020) ini bakal rilis dan menjadi limited edition cuman 300 saja,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.