Musim Hujan Menjelang, Ini Tips untuk Jaga Kesehatan

Kesehatan

Musim Hujan Menjelang, Ini Tips untuk Jaga Kesehatan

Setelah lebih dari satu bulan akhirnya Jakarta merasakan turunnya hujan deras yang terjadi selama beberapa jam. Setelah musim kemarau yang panjang, datangnya hujan ini pun langsung disambut dengan baik oleh para warga Ibu Kota dan sekitarnya. Namun di tengah rasa gembira karena turunnya hujan, Anda pun harus siap-siap mengambil langkah antisipasi. Mengingat dengan masuknya musim hujan bila tidak hati-hati maka hal ini dapat mengganggu aktivitas keseharian Anda di luar rumah.

[Baca Juga: Jaket Musim Hujan Pilihan Timberland]

Walaupun hari mendung dan udara dingin akan muncul, Anda tetap harus berusaha menjaga kesehatan. Pasalnya, dengan meningkatnya kelembapan maka semakin tinggi juga kemungkinan terjadinya infeksi atau terkena penyakit yang umumnya terjadi di kala musim hujan seperti flu. Untuk menghindari hal-hal itu, berikut ini tips untuk menjaga kesehatan di saat musim hujan.

Musim Hujan Menjelang, Ini Tips untuk Jaga Kesehatan

  • Sedia Payung Sebelum Hujan

Ini merupakan ungkapan yang populer disampaikan di percakapan tapi ini juga merupakan hal yang penting diingat di kala musim hujan. Bagi Anda yang kerap beraktivitas di luar rumah dan harus naik kendaraan umum untuk mencapai tujuannya maka selalu ingat untuk membawa payung. Karena bisa saja ketika Anda berangkat dari rumah, langit terlihat mendung tapi agak cerah. Tapi ketika Anda naik kereta KRL atau bus Transjakarta, bisa saja lokasi yang Anda tuju sedang diguyur hujan. Jadi ada baiknya selalu membawa payung sebelum pergi.

Hal ini juga berlaku bagi Anda yang menggunakan motor untuk berangkat kerja atau kuliah. Ada baiknya, Anda selalu mempersiapkan jas hujan di bawah jok motor atau di dalam tas. Sehingga ketika dalam perjalanan mendadak terjadi hujan, Anda sudah memiliki persiapan agar pakaian kerja atau kuliah Anda tidak basah kuyup. Apalagi keadaan basah kuyup dalam jangka waktu yang lama juga dapat memicu Anda terkena demam.

  • Selalu Jaga Asupan Air Anda

Banyak mengonsumsi air putih tidak hanya berlaku di musim kemarau saja tapi musim hujan juga. Karena dengan cuaca dingin terkadang banyak orang lebih memilih minum teh atau kopi panas untuk menghangatkan diri dibandingkan air putih.

Ada baiknya Anda fokus dengan minum air putih dibandingkan kopi atau teh itu di kala musim hujan. karena selain membantu meningkatkan imun di tubuh Anda, kopi disebut lebih cepat memicu dehidrasi dan justru membuat Anda merasa lebih haus sepanjang hari saat beraktivitas.

  • Selalu Jaga Kebersihan di Tempat Tinggal Anda

Walau ini merupakan hal yang lumrah dilakukan tapi menjaga kebersihan di kala musim hujan menjadi aspek penting demi kesehatan Anda. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah keberadaan genangan air, karena dapat menjadi lokasi pengembangbiakan nyamuk. Apalagi banyak penyakit yang kerap ditularkan dari gigitan nyamuk, contohnya adalah demam berdarah. Jadi pastikan lingkungan rumah Anda bersih serta hindari keberadaan genangan air.

[Baca Juga: Antisipasi Musim Hujan, Saluran Kelurahan Bungur Dibersihkan]

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan di musim hujan. Bagi Anda yang ingin meningkatkan daya tahan dari kemungkinan terserang penyakit di musim hujan, perbanyak konsumsi buah serta sayur menjadi langkah yang dapat Anda terapkan di rumah atau di kantor. Selain itu, Anda bisa mengusahakan untuk menghindari jajanan di pinggir jalan dan lebih baik membawa makanan dari rumah yang sudah dipastikan kebersihannya.

Read More

Artikel Lainnya

Pandemi-Kapulaga-Sumut-Tetap-Melesat-6.jpg

Berita Kawasan

Ekspor Kapulaga Sumatera Utara Tetap Melesat di Masa Pandemi

14 July 2020, 20:00

Jumlah ekspor kapulaga tetap meningkat meskipun sedang masa pembatasan akibat pandemi COVID-19. Hal ini tak terlepas dari kualitas yang dihasilkan.

Akulah Samudera.jpg

Hobi dan Hiburan

Film Akulah Samudera Ungkapkan Pentingnya Peran Laut

14 July 2020, 19:00

Film dokumenter ini bakal tayang di acara Indonesia Canada Congress pada saat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 2020 di Kanada.

toba-unesco-2.jpg

Berita Kawasan

Danau Toba Resmi Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark

14 July 2020, 18:00

Danau Toba yang menjadi salah satu destinasi pariwisata super prioritas telah tersertifikasi tingkat dunia oleh UNESCO.

Pemkot Medan Gandeng Stikes Senior untuk Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru.jpg

Pendidikan

Pemkot Medan Gandeng Stikes Senior untuk Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru

14 July 2020, 17:00

Melalui sosialisasi mengenai Perwal adaptasi kebiasaan baru, Pemkot Medan berharap Stikes Senior dapat menjadi influencer new normal.


Comments


Please Login to leave a comment.