Musim Hujan Disinyalir Datang Lebih Cepat, Pemkot Jakarta B arat Lakukan Ini.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan Mungkin Datang Lebih Cepat, Ini Persiapan di Jakarta Barat

Pada akhir Agustus 2021, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG telah mengeluarkan prediksi bahwa musim hujan akan datang lebih cepat. Di mana diprediksikan hujan akan mulai terjadi di sejumlah wilayah Tanah Air di bulan September dan Oktober 2021. Bahkan beberapa waktu terakhir wilayah Jabodetabek sudah mengalami hujan yang kerap turun. Melihat perubahan cuaca ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat pun sudah mulai sibuk melakukan pembersihan di sejumlah saluran airnya.

Upaya mengantisipasi banjir ini sudah terlihat selama dua pekan terakhir bahkan pada akhir pekan kemarin, Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto langsung turun ke lapangan ke lokasi pembersihan saluran penghubung di kawasan Utan Jati, Kelurahan Pegadungan. Di wilayah Kecamatan Kalideres itu, Pemkot Jakarta Barat menurunkan ratusan petugas yang dibantu alat berat untuk melakukan aksi gerebek lumpur demi mengantisipasi volume air yang meningkat saat hujan.

Pada kegiatan itu, Uus memaparkan terdapat lima titik di wilayahnya yang memang diketahui sebagai lokasi rawan banjir. Di mana khusus untuk wilayah-wilayah ini, Pemkot Jakarta Barat menggencarkan pengawasannya sekaligus sudah melakukan beragam upaya antisipasi potensinya terjadi genangan yang memicu banjir saat hujan nanti.

Musim Hujan Disinyalir Datang Lebih Cepat, Pemkot Jakarta Barat Lakukan Ini.jpg

“Untuk wilayah Jakbar, saat menghadapi musim penghujan, ada lima titik yang harus kami tindaklanjuti. Pertama di kawasan Semanan. Tahun 2020, kami telah membuat embung sebagai tindak lanjut mengantisipasi genangan,” ujar Uus Kuswanto, sebagaimana dikutip dari Barat.Jakarta,go.id (12/9/2021).

Selain embung, Pemkot Jakarta Barat akan menghadirkan saluran air dan pompa air di kawasan ini demi membantu proses pengaliran air ketika musim hujan datang. Bahkan pemkot juga sudah mengajukan pembangunan sistem polder di sini serta pembangunan waduk di lahan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang berada di Jalan Aseni.

Kemudian titik lainnya adalah di Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng. Menurut Uus, pihaknya sudah menyiapkan langkah strategis di sini. Dari mulai menambah kapasitas pompa air yang sebelumnya menggunakan pompa mobile dan pada tahun ini akan menghadirkan pompa permanen. Lalu membangun sheetpile dengan panjang 24 meter yang akan dikerjakan Pemkot Jakarta Barat melalui Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat dalam waktu dekat.

Titik rawan lainnya adalah area Green Garden yang berada di Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk. Untuk wilayah ini, Wali Kota Jakarta Barat menyebut, akan dibangun biopori modular, tanggul, dan sistem polder di anak Kali Angke yang dalam waktu dekat akan dimulai pembangunannya.

Titik rawan banjir yang terus dipantau Pemkot Jakarta Barat adalah area Duri Kepa yang di mana pihak pemkot sudah mengerahkan petugas untuk melakukan pengerukan lumpur dan tak lupa membuat saluran air di sejumlah titik yang ada di area ini. Bahkan Pemkot juga sudah membangun embung. Titik terakhir adalah kampung belakang RW 03 yang berada di Tegal Alur. Pemkot Jakarta Barat juga membangun embung di sini di atas lahan yang memiliki luas 4.000 meter.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.