Musim Hujan Picu Kemunculan Ular, Ini Pesan Pemkot De pok.jpg

Properti dan Solusi

Musim Hujan Picu Kemunculan Ular, Ini Cara Menanganinya

Saat ini musim hujan sudah membayangi wilayah Kota Depok dan bisa terjadi kapan saja. Sayangnya di tengah fenomena alam ini biasanya kerap memicu tamu tak diundang dalam bentuk hewan liar yang di mana salah satunya adalah ular. Oleh karena itulah Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggencarkan upayanya dalam mengantisipasi munculnya reptil ini dari sisi masuk ke rumah warga hingga potensi terjadinya gigitan.

Bagi Warga Kota Belimbing yang melihat penampakan hewan liar, seperti biawak atau ular, Pemkot Depok meminta Anda untuk langsung menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat atau NTPD 112. Di mana Pemkot Depok melalui Dinas Pemadam Kembakaran dan Penyelamatan akan mengerahkan anggotanya untuk mengevakuasi hewan tersebut agar warga tak berinisiatif menanganinya sendiri, karena bisa saja hewan itu memiliki bisa.

Musim Hujan Picu Kemunculan Ular, Ini Pesan Pemkot Depok.jpg

“Setelah melapor akan dihubungi oleh petugas mengenai detail terkait pertolongan yang dibutuhkan untuk menyiapkan alat dan personel di lapangan,” ungkap Kepala Dinas Pemadam Kebakan dan Penyelamatan Kota Depok Gandara Budiana, sebagaimana dikutip dari Berita.Depok.go.id (19/10/2021).

Gandara melanjutkan, pihaknya tak memungut biaya sepeser pun untuk layanan evakuasi ini sehingga ia meminta masyarakat jangan ragu untuk langsung melapor. Selain melalui NTPD 112, pihaknya juga siap menerima laporan melalui media sosial Damkar Depok. Dari mulai anjing, ular, biawak, sampai lebah siap mereka bantu evakuasi dan per Oktober 2021 setidaknya sudah hampir 300 kali pihak Damkar Kota Depok membantu proses evakuasi hewan liar.

[Baca Juga: Evakuasi Ular, Rutinitas Petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat]

Selain dari sisi evakuasinya, Pemkot Depok juga sudah bersiap untuk penanganan skenario gigitan ular berbisa saat musim hujan datang. Hal terlihat melalui kegiatan penanganan gigitan ular yang digelar pada 19 Oktober 2021 di Aula Lantai 10 Gedung Dibaleka II dan diikuti oleh perwakilan 63 puskesmas di Kota Depok, relawan PMI, para petugas Damkar, serta Emergency 119.

Dalam kegiatan yang digelar Dinas Kesehatan Kota Depok itu turut hadir Presiden Toxinology Indonesia Dr. dr. Tri Maharani M.Si. Sp.EM serta pemerhati hewan liar Arbi Krisna Kumara. Di mana para narasumber mengungkapkan mengenai habitat hewan liar, seperti ular hingga bagaimana protokol penanganan korban gigitan ular.

Dari sisi penanganan korban sendiri, Dinas Kesehatan Kota Depok sudah menyediakan serum anti-bisa ular untuk gigitan ular berbisa. Di 11 puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok tersedia serum anti-bisa ular kobra jawa, ular tanah, dan ular weling.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.