Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

Musim hujan yang sudah mulai memasuki wilayah Jabodetabek sejak pekan kemarin membuat otoritas di masing-masing wilayah bergerak untuk berupaya memastikan tak terjadinya banjir. Seperti halnya di Kota Tangerang pada 22 September 2020, banjir sempat terjadi wilayah Ciledung akibat curah hujan yang tinggi. Demi mencegah hal ini terjadi lagi, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismanyah memastikan pihaknya telah mempersiapkan langkah mengantisipasi banjir apalagi saat ini pandemi COVID-19 masih membayangi.

Menurut Arief langkah awal yang sudah dilakukan Pemkot Tangerang dalam mengantisipasi banjir adalah meninjau lokasi penampungan air di sejumlah wilayah. “Kami telah melakukan pengecekan pada tandon-tandon air di titik-titik yang berpotensi banjir,” ujar orang nomor satu di Kota Tangerang itu sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id (28/9/2020). Sekadar informasi, wilayah yang rawan terjadinya banjir di Kota Tangerang sendiri biasanya terjadi di kawasan Kecamatan Periuk dan Kecamatan Ciledug.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir .jpg

Wali Kota Tangerang itu melanjutkan bahwa pihaknya sudah melakukan proses pengerukan lumpu-lumpur di saluran air demi memastikan aliran air tak terhambat. Di mana Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tangerang yang sudah bergerak sejak pekan kemarin dalam melakukan proses pengerukan masif. Langkah pengerukan ini juga dilakukan agar Pemkot Tangerang dapat mengukur elevasi air di 15 lokasi embung dan kali yang memiliki panjang 1.500 meter.

[Baca Juga: Korban Banjir Tangerang Dibantu Pasokan Air Bersih dan Makanan]

Penyiagaan pompa juga sudah ditambah unitnya yang disebut saat ini Pemkot Tangerang sudah memiliki 273 unit setelah tahun sebelumnya hanya memiliki 199 unit. Pompa ini dapat dimanfaatkan untuk membantu mengurangi banjir di skala perumahan hingga kawasan.

Walau menurut Arief, pihaknya sudah mempersiapkan langkah antisipasi banjir setiap tahun tapi di sisi lain tahun ini terdapat perbedaan besar. Pasalnya, pandemi COVID-19 masih terus membayangi dan banjir dikhawatirkan dapat memicu penyebaran dari penyakit ini. Wali Kota Tangerang pun menyadari hal tersebut. “Nanti BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) akan buat SOP-nya terkait antisipasi penanggulangan banjir di tengah pandemi. Sekaligus lakukan simulasi di titik-titik yang berpotensi banjir,” imbuh orang nomor satu di Kota Tangerang itu.

Read More

Artikel Lainnya

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

Hobi dan Hiburan

3 Film Indonesia Meraih Penghargaan Asian Academy Creative Awards 2020

29 October 2020, 15:05

Dari ketiga film tersebut, Viu mendapatkan 14 gelar Juara Nasional dari 40 kategori, sehingga berhak mengikuti babak internasional pada bulan Desember .

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

Pendidikan

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

29 October 2020, 10:55

Universitas Multimedia Nusantara mengembangkan prototipe aplikasi koreksi penulisan dalam bahasa Indonesia bernama U-Tapis.

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

Hobi dan Hiburan

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

28 October 2020, 16:31

Melalui pameran itu, tidak hanya ketokohannya karya-karya Affandi yang luar biasa juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak seniman.


Comments


Please Login to leave a comment.