Mangga 1.jpg

Bisnis

Musim Mangga di Jalan Desa Binangan, Per Kg Rp5.000

Buah yang manis dengan warna kuning-jingga ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Mangga, buah yang bahkan sudah dikonsumsi ketika belum matang untuk dijadikan isi rujak ini, memiliki rasa manis yang khas. Musim mangga di Kota Batu diwarnai oleh label promo beraneka ragam. Ketika melihatnya di Pusat Kota dengan harga Rp8.000 per kilogram rasa-rasanya sangat murah bukan? Namun demikian, di sepanjang jalan Desa Binangun, Bumiaji, memiliki label yang lebih murah lagi, yakni Rp5.000 per kilogram mangga.

Mangga-mangga tersebut beraneka ragam jenisnya, dari mulai mangga gadung, mana lagi, arum manis, sampai mangga apel pun ada. Untuk mangga jenis gadung, mana lagi, dan arum manis dikenal dengan rasanya yang manis dan membuat kita ketagihan untuk memakannya. Sementara itu, mangga apel memiliki rasa masam yang khas sehingga banyak digunakan sebagai isian rujak manis atau rujak bangkok.

[Baca Juga: Dibuang Jangan, Ini 5 Manfaat Biji Mangga untuk Kesehatan]

Per kilogram mangga-mangga tersebut berisi 4-5 buah dalam satu kresek. Tak ayal, banyak warga yang membelinya sampai berkardus-kardus, mumpung sedang musimnya. Mangga-mangga yang dijual di Jalan Desa Binangun berada dalam tingkat kematangan yang berbeda, yakni dari yang masih muda sampai yang benar-benar matang. Para pedagang sengaja menjual mangganya dalam kondisi yang berbeda sebab pelanggan yang datang pun memiliki selera memakan buah mangga yang berbeda. Penyuka rujak jelas lebih memilih mangga muda, sementara untuk diolah menjadi jus atau salad buah mangga manis juaranya.

Mangga 2.jpg

"Mangga-mangga yang manis itu masak dari pohon semua Mas, dijamin manisnya alami gak karbitan," terang Yeni, salah satu penjual yang PingPoint temui di lokasi pada 5 Desember 2021.

Sebagaimana dikatakan Yeni, mangga-mangga yang masak pohon selalu memiliki bekas getah di kulitnya. Hal ini menunjukkan bahwa mangga tersebut memproses rasa manis secara alami. Yeni sebagai salah satu pedagang mengaku bahwa semua mangga yang ia jual merupakan hasil dari kebun mangga miliknya di Binangun.

“Saya sudah borong 5 kilo Mas, mumpung lagi promo, Mas juga jangan ketinggalan,” terang Fatimah, seorang pelanggan yang memborong mangga dengan harga murah ini.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.