Musrenbang Kelurahan Jatimakmur RKPD 2024, Warga Ajukan 124 Usulan Infrastruktu r.jpg

Berita Kawasan

Musrenbang Kelurahan Jatimakmur RKPD 2024, Warga Ajukan 124 Usulan

Dalam memastikan pendekatan pembangunan daerahnya dengan konsep dari bawah ke atas alias bottom-up planning, pemerintah daerah di awal tahun kerap menggelar kegiatan bernama Musyawarah Perencanaan Pembangunan alias musrenbang. Di mana tahapannya diawali di tingkat kelurahan yang lalu dibawa ke tingkat kecamatan untuk diajukan ke pemerintah kota (Pemkot) atau pemerintah kabupaten. Hal yang sama juga bisa dilihat pada pekan ini di wilayah Kota Bekasi dengan berbagai kelurahan menggelar musrenbang untuk Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2024 dengan salah satunya adalah Kelurahan Jatimakmur.

Musrenbang Kelurahan Jatimakmur digelar pada 19 Januari 2023 dan kegiatan serupa juga turut diadakan di 56 kelurahan lainnya di Kota Patriot. Di mana berdasarkan keterangan Lurah Jatimakmur Atmanto, sebelum digelarnya musrenbang di kantor kelurahannya, usulan-usulan dari warga sudah didiskusikan di tingkat RW pada Desember 2022 yang lalu melalui agenda pramusrenbang.

Musrenbang Kelurahan Jatimakmur RKPD 2024, Warga Ajukan 124 Usulan Infrastruktur.jpg

Dalam musrenbang yang turut dihadiri anggota DPRD Kota Bekasi Heri Purnomo, Camat Pondok Gede Zainal Abidin Syach, para tokoh masyarakat, dan elemen bhabinkamtibmas Kelurahan Jatimakmur itu Atmanto memaparkan apa saja usulan dari warganya di musrenbang RKPD 2023 Kota Bekasi. Di mana berdasarkan data yang dipaparkan dari puluhan RW yang ada di wilayah ini terdapat 124 usulan yang berhubungan dengan infrastruktur, termasuk perbaikan infrastruktur yang sudah ada.

Contoh dari usulan itu adalah RW 1 RT 4 yang meminta perbaikan serta peninggian Jalan Bontang akibat kerap banjir saat hujan. Hal yang sama juga diusulkan oleh RW 10 RT 3 di sejumlah titik jalannya yang diminta diperbaiki atau dibuat saluran air dalam rangka penanggulangan banjir. Kemudian ada juga usulan dari UPTD Puskesmas Jatimakmur terkait rehab bangunan total puskesmas demi kenyamanan serta keamanan para pasien yang datang serta tenaga kesehatannya.

[Baca Juga: Lagoon CFD, Plt Wali Kota Bekasi: Kegiatan Sehat Sekaligus Dorong Kebangkitan Ekonomi]

“Nanti usulan-usulan ini akan dibawa ke tingkat kecamatan untuk didiskusikan kembali. Kalau tahun lalu hasil usulan dari musrenbang sebelumnya yang terealisasi ini dibagi jadi 36 titik untuk infrastruktur, termasuk jembatan, dan 16 saluran air. Untuk musrenbang RKPD 2024 memang masih banyak area perkampungan di sini yang mengusulkan jalan-jalannya dibuat lebih layak dengan aspal dan saluran airnya diperbaiki,” ujar Atmanto kepada PingPoint.co.id di Kantor Kelurahan Jatimakmur, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi (19/1/2023).

Atmanto menambahkan, pihaknya berharap melalui musrenbang ini juga dapat menjadi bentuk sinergitas antara RT, RW, kelurahan, kecamatan, hingga ke tingkat Pemkot Bekasi. Ia tak lupa meminta warganya jangan lelah untuk mengajukan usulan sebelumnya dengan dirinya yang akan berupaya menyuarakan hal tersebut kepada pihak Kecamatan Pondok Gede.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.