Naik MRT Jakarta Bisa Pakai Kartu Ini

Berita Kawasan

Naik MRT Jakarta Bisa Pakai Kartu Ini

Uji coba MRT Jakarta yang diselenggarakan pada 12-25 Maret 2019 secara gratis telah berakhir. Ternyata, uji coba publik yang dilakukan itu cukup mendapat sambutan yang positif dari kalangan masyarakat.

Untuk menikmati kembali transportasi massal yang digadang-gadang menjadi kebanggaan ibu kota ini, per 1 April 2019 MRT Jakarta resmi beroperasi secara komersil dengan menggunakan kartu MRT Jakarta sebagai alat transaksinya.

[Baca Juga: Presiden RI Menjajal MRT Bersama Penyandang Disabilitas]

Sejauh ini kartu itu dijual di setiap stasiun MRT Jakarta. Saldo kartu bisa diperoleh dengan melakukan transaksi di Mesin Tiket Otomatis (Ticket Vending Machine) atau di loket penjualan. Selain itu, PT MRT Jakarta juga menyediakan mesin top up otomatis.

Dikutip dari akun Instagram MRT Jakarta (27/3/2019), kartu MRT Jakarta itu bernama Kartu Jelajah. Kartu yang dikeluarkan PT MRT Jakarta ini terdapat dua jenis kartu, yaitu kartu single trip dan multi trip.

Naik MRT Jakarta Bisa Pakai Kartu Ini

Perbedaan Kartu

Perbedaaan kedua kartu tersebut adalah kartu single trip hanya digunakan untuk perjalanan sekali jalan dan masih digunakan dalam tujuh hari dengan diharuskan top up saat ingin berangkat. Sedangkan kartu multi trip, dapat digunakan lebih dari satu kali dan jika saldo habis dapat di top up dengan masa berlaku karu yang lebih panjang.

Selain menggunakan Kartu Jelajah, masyarakat juga dapat menggunakan kartu uang elektronik bank. Salah satunya adalah JakCard DKI dari Bank DKI yang menjadi alternatif untuk naik MRT Jakarta. Bergabungnya Bank DKI menjadi sistem pembayaran akan meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap penggunaan uang elektronik.

[Baca Juga: Sosialisasi Jak Lingko, Layanan Transportasi Terintegrasi]

JakCard sendiri adalah kartu pintar prabayar atau prepaid smartcard yang diterbitkan Bank DKI sebagai alat pembayaran non tunai untuk berbagai transaksi di merchant yang telah bekerja sama dengan Bank DKI.

Dengan menggunakan teknologi contactless chip, pengguna MRT Jakarta atau Ratangga cukup mendekatkan JackCard pada mesin pembaca atau contactless card reader yang telah tersedia. JakCard DKI juga bisa digunakan untuk naik fasilitas layanan publik seperti Transjakarta dan transaksi pembayaran untuk program regular dan personal frequent ride Kereta Bandara.

[Baca Juga: Berikut Daftar Lengkap Tarif Antarstasiun MRT Jakarta]

Selain Kartu Jelajah dan JakCard DKI, masyarakat juga bisa menggunakan kartu uang elektronik dari Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, dan Bank BCA yang sudah bekerja sama dengan MRT Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.