Naik MRT Jakarta Bisa Pakai Kartu Ini

Berita Kawasan

Naik MRT Jakarta Bisa Pakai Kartu Ini

Uji coba MRT Jakarta yang diselenggarakan pada 12-25 Maret 2019 secara gratis telah berakhir. Ternyata, uji coba publik yang dilakukan itu cukup mendapat sambutan yang positif dari kalangan masyarakat.

Untuk menikmati kembali transportasi massal yang digadang-gadang menjadi kebanggaan ibu kota ini, per 1 April 2019 MRT Jakarta resmi beroperasi secara komersil dengan menggunakan kartu MRT Jakarta sebagai alat transaksinya.

[Baca Juga: Presiden RI Menjajal MRT Bersama Penyandang Disabilitas]

Sejauh ini kartu itu dijual di setiap stasiun MRT Jakarta. Saldo kartu bisa diperoleh dengan melakukan transaksi di Mesin Tiket Otomatis (Ticket Vending Machine) atau di loket penjualan. Selain itu, PT MRT Jakarta juga menyediakan mesin top up otomatis.

Dikutip dari akun Instagram MRT Jakarta (27/3/2019), kartu MRT Jakarta itu bernama Kartu Jelajah. Kartu yang dikeluarkan PT MRT Jakarta ini terdapat dua jenis kartu, yaitu kartu single trip dan multi trip.

Naik MRT Jakarta Bisa Pakai Kartu Ini

Perbedaan Kartu

Perbedaaan kedua kartu tersebut adalah kartu single trip hanya digunakan untuk perjalanan sekali jalan dan masih digunakan dalam tujuh hari dengan diharuskan top up saat ingin berangkat. Sedangkan kartu multi trip, dapat digunakan lebih dari satu kali dan jika saldo habis dapat di top up dengan masa berlaku karu yang lebih panjang.

Selain menggunakan Kartu Jelajah, masyarakat juga dapat menggunakan kartu uang elektronik bank. Salah satunya adalah JakCard DKI dari Bank DKI yang menjadi alternatif untuk naik MRT Jakarta. Bergabungnya Bank DKI menjadi sistem pembayaran akan meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap penggunaan uang elektronik.

[Baca Juga: Sosialisasi Jak Lingko, Layanan Transportasi Terintegrasi]

JakCard sendiri adalah kartu pintar prabayar atau prepaid smartcard yang diterbitkan Bank DKI sebagai alat pembayaran non tunai untuk berbagai transaksi di merchant yang telah bekerja sama dengan Bank DKI.

Dengan menggunakan teknologi contactless chip, pengguna MRT Jakarta atau Ratangga cukup mendekatkan JackCard pada mesin pembaca atau contactless card reader yang telah tersedia. JakCard DKI juga bisa digunakan untuk naik fasilitas layanan publik seperti Transjakarta dan transaksi pembayaran untuk program regular dan personal frequent ride Kereta Bandara.

[Baca Juga: Berikut Daftar Lengkap Tarif Antarstasiun MRT Jakarta]

Selain Kartu Jelajah dan JakCard DKI, masyarakat juga bisa menggunakan kartu uang elektronik dari Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, dan Bank BCA yang sudah bekerja sama dengan MRT Jakarta.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.