Naik MRT Jakarta Bisa Pakai Kartu Ini

Berita Kawasan

Naik MRT Jakarta Bisa Pakai Kartu Ini

Uji coba MRT Jakarta yang diselenggarakan pada 12-25 Maret 2019 secara gratis telah berakhir. Ternyata, uji coba publik yang dilakukan itu cukup mendapat sambutan yang positif dari kalangan masyarakat.

Untuk menikmati kembali transportasi massal yang digadang-gadang menjadi kebanggaan ibu kota ini, per 1 April 2019 MRT Jakarta resmi beroperasi secara komersil dengan menggunakan kartu MRT Jakarta sebagai alat transaksinya.

[Baca Juga: Presiden RI Menjajal MRT Bersama Penyandang Disabilitas]

Sejauh ini kartu itu dijual di setiap stasiun MRT Jakarta. Saldo kartu bisa diperoleh dengan melakukan transaksi di Mesin Tiket Otomatis (Ticket Vending Machine) atau di loket penjualan. Selain itu, PT MRT Jakarta juga menyediakan mesin top up otomatis.

Dikutip dari akun Instagram MRT Jakarta (27/3/2019), kartu MRT Jakarta itu bernama Kartu Jelajah. Kartu yang dikeluarkan PT MRT Jakarta ini terdapat dua jenis kartu, yaitu kartu single trip dan multi trip.

Naik MRT Jakarta Bisa Pakai Kartu Ini

Perbedaan Kartu

Perbedaaan kedua kartu tersebut adalah kartu single trip hanya digunakan untuk perjalanan sekali jalan dan masih digunakan dalam tujuh hari dengan diharuskan top up saat ingin berangkat. Sedangkan kartu multi trip, dapat digunakan lebih dari satu kali dan jika saldo habis dapat di top up dengan masa berlaku karu yang lebih panjang.

Selain menggunakan Kartu Jelajah, masyarakat juga dapat menggunakan kartu uang elektronik bank. Salah satunya adalah JakCard DKI dari Bank DKI yang menjadi alternatif untuk naik MRT Jakarta. Bergabungnya Bank DKI menjadi sistem pembayaran akan meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap penggunaan uang elektronik.

[Baca Juga: Sosialisasi Jak Lingko, Layanan Transportasi Terintegrasi]

JakCard sendiri adalah kartu pintar prabayar atau prepaid smartcard yang diterbitkan Bank DKI sebagai alat pembayaran non tunai untuk berbagai transaksi di merchant yang telah bekerja sama dengan Bank DKI.

Dengan menggunakan teknologi contactless chip, pengguna MRT Jakarta atau Ratangga cukup mendekatkan JackCard pada mesin pembaca atau contactless card reader yang telah tersedia. JakCard DKI juga bisa digunakan untuk naik fasilitas layanan publik seperti Transjakarta dan transaksi pembayaran untuk program regular dan personal frequent ride Kereta Bandara.

[Baca Juga: Berikut Daftar Lengkap Tarif Antarstasiun MRT Jakarta]

Selain Kartu Jelajah dan JakCard DKI, masyarakat juga bisa menggunakan kartu uang elektronik dari Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, dan Bank BCA yang sudah bekerja sama dengan MRT Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.