Nasi Goreng Hengky Semarang Melegenda Sejak 1988

Kuliner

Nasi Goreng Hengky Semarang Melegenda Sejak 1988

Salah satu unsur yang membuat lokasi kuliner bisa melegenda adalah dari orang-orang yang menjadi langganannya. Nasi Goreng Babat Hengky merupakan kuliner legendaris yang jadi langganan pejabat di Kota Semarang. Cira rasanya benar-benar tak berubah sejak 1988.

Dimasak dengan kayu dan disajikan dengan alas daun pisang, itulah ciri khas Nasi goreng Hengky yang berada di Jalan Puri Anjasmoro Blok K, Tawangsari, Kecamatan Semarang Barat.

Sejak buka, lokasi itu tak pernah sepi pengunjung. Tak hanya dari Semarang, pelanggannya bahkan dari Jakarta, Surabaya dan lainnya. Warung nasi goreng ini dirintis Hengky yang awalnya hanya berkeliling di kompleks Puri Anjasmoro tahun 1988.

Nasi Goreng Hengky Semarang Melegenda Sejak 1988

Tak hanya masyarakat umum, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep, bahkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir kerap mampir.

Meski sudah 36 tahun, nasi goreng ini tetap mempertahankan cita rasa dan cara masaknya. Menggunakan kayu bakar dan disajikan diatas piring dengan alas daun pisah. Aromanya langsung menggugah selera. Perpaduan nasi goreng dan babat menjadikan kuliner ini terus diminati para pecinta kuliner.

[Baca Juga: Soto Khas Semarang Pak Man, Kuliner Favorit Para Pejabat]

“Rasanya itu maknyuss, dan selalu ngangeni. Kalau kesini pasti nasi goreng babat dan paru goreng yang kriuk,” ujar Hartawan yang sudah menjadi pelanggan nasi goreng babat Hengky sejak 20 tahun lalu. Sejumlah koleganya saat ke Semarang pasti diajak untuk mencicipi nasi goreng tersebut. “Istimewa pokoknya,” ujarnya.

Putra pemilik Nasi Goreng Hengky, Hanif Maulana Hakim mengakui Gubernur Ganjar kerap datang langsung. “Tapi setelah pandemi beliau belum pernah datang. Paling ajudannya yang kesini untuk pesan,” akunya.

Nasi Goreng Hengky sebenarnya tak jauh berbeda dengan nasi goreng pada umumnya. Bumbunya sama. Bawang putih, bawang merah, kemiri, dan lainnya. Yang membedakan adalah, saat memasak masih menggunakan kayu bakar. Cara penyajiannya juga masih dengan alas daun pisang. “Itu memang tak boleh berubah, karena bisa menambah cita rasa harum dan menjaga cita rasa,” tambahnya.

Nasi Goreng Hengky Semarang Melegenda Sejak 1988

Tak hanya nasi goreng, berbagai varian lauk disajikan khusus dari jeroan sapi. Seperti babat, iso, limpa, paru, dan jantung. Selain itu, pelanggan biasanya mencari paru goreng kering yang selalu jadi pelengkap. Untuk satu porsi nasi goreng telur Rp20.000, nasi goreng babat Rp30.000.

Namun, bila Anda ingin mencicipi harus konfirmasi saat hendak ke warung. Sebab, bukanya tidak menentu. Terkadang dua minggu buka, dua minggu libur. “Ya kalau mau datang tanya dulu biar tidak kecewa karena warungnya tutup,” tambahnya. Sekarang bahkan sudah mulai melayani orderan nasi goreng dan gongso frozen food. Biasanya dibuat setelah adanya pesanan. Ketahanannya bisa sampai tujuh hari.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.