Nekat Buka Saat PSBB, 9 Tempat Usaha Ditutup Pemprov DKI Jakarta

Berita Kawasan

Nekat Buka Saat PSBB, 9 Tempat Usaha Ditutup Pemprov DKI Jakarta

Pandemi COVID-19 masih menghantui tanah air. Hingga Rabu (6/5/2020) kemarin angka penyebaran virus SARS-CoV-2 terus naik. Situs covid19.go.id melaporkan, 12.438 kasus positif COVID-19 telah terkonfimasi. 2.317 pasien sudah sembuh dan 895 orang lainnya meninggal dunia.

Provinsi DKI Jakarta masih menjadi penyumbang kasus tertinggi. Total 4.770 warga Jakarta dipastikan positif COVID-19. Sedangkan warga penyintas sebanyak 741 orang, dan 414 pasien lainnya meninggal dunia.

Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sudah memasuki periode kedua dan baru akan berakhir pada 22 Mei 2020 mendatang. Ironinya, hingga kemarin masih didapati pelanggar ketentuan kebijakan memutus rantai penyebaran COVID-19 ini. Seperti yang terjadi di Kecamatan Tambora Jakarta Barat.

[Baca Juga: Langgar PSBB, Belasan Tempat Usaha Jakarta Barat dapat Surat Teguran]

Dilaporkan beritajakarta.id, Kepala Seksi PPNS dan Penindakan Satpol PP Jakarta Barat Ivand Sigiro mengatakan, hari ini pengawasan dan penindakan digelar di Kecamatan Tambora. Sasarannya, Pasar Asemka, Pasar Pagi, Jl Tubagus Angke dan lain sebagainya.

Dikatakan Ivand, Jika ada tempat usaha di luar yang dikecualikan tetap beroperasi maka akan ditutup sementara. Namun jika termasuk dalam sektor dikecualikan, maka harus menjalankan protokol kesehatan. "Hari ini ada sembilan tempat usaha yang kami tutup sementara, karena tidak termasuk sektor yang dikecualikan, seperti toko mainan dan sepatu," ujarnya.

Langgar PSBB, Belasan Tempat Usaha Di Jakbar Dapat Surat Teguran

Pihaknya, sambung Ivand, juga memberikan surat teguran kepada tempat usaha makanan yang tidak menjalankan protokol kesehatan, karena menyediakan makan di tempat, tidak menggunakan masker serta tidak menerapkan physical distancing atau jaga jarak. "Jika ada kerumunan dibubarkan, apabila tidak menggunakan masker, diberikan masker. Kami juga menyita bangku dan kursi plastik yang selanjutnya dibawa ke gudang Satpol PP di Kebon Jeruk," katanya.

Dia menambahkan, pengawasan dan penindakan ini rutin dilaksanakan setiap hari mulai dari tingkat kecamatan. Sedangkan tingkat kota dilgelar secara bergiliran di setiap kecamatan. "Kami mengerahkan 75 personel gabungan Satpol PP, TNI dan Polri," tandasnya.

[Baca Juga: Antisipasi Lockdown, Polda Metro Jaya Lakukan Simulasi Penutupan Jalur]

Di lokasi lainnya, sebanyak 45 pedagang takjil di Jalan A Raya dan Jalan Lautze, Kartini, Sawah Besar, Jakarta Pusat disosialisasikan aturan PSBB. Lurah Kartini, Ati Mediana mengatakan, dalam sosialisasi ini, pihaknya mendatangi satu per satu pedagang takjil lalu meminta mereka mengenakan masker dan menjaga jarak aman. "Kita sosialisasikan terus aturan PSBB kepada pedagang takjil selama Ramadan," ujarnya..

Atini melanjutkan, selain menyosialisasikan aturan PSBB, pihaknya juga mengimbau para pedagang takjil agar selalu menjaga kebersihan lingkungan. "Yang belanja takjil juga kita minta segera mencuci tangan pakai sabun dan jangan keluar rumah lagi jika tidak ada keperluan mendesak," tuntasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.