Nekat Buka Saat PSBB, 9 Tempat Usaha Ditutup Pemprov DKI Jakarta

Berita Kawasan

Nekat Buka Saat PSBB, 9 Tempat Usaha Ditutup Pemprov DKI Jakarta

Pandemi COVID-19 masih menghantui tanah air. Hingga Rabu (6/5/2020) kemarin angka penyebaran virus SARS-CoV-2 terus naik. Situs covid19.go.id melaporkan, 12.438 kasus positif COVID-19 telah terkonfimasi. 2.317 pasien sudah sembuh dan 895 orang lainnya meninggal dunia.

Provinsi DKI Jakarta masih menjadi penyumbang kasus tertinggi. Total 4.770 warga Jakarta dipastikan positif COVID-19. Sedangkan warga penyintas sebanyak 741 orang, dan 414 pasien lainnya meninggal dunia.

Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sudah memasuki periode kedua dan baru akan berakhir pada 22 Mei 2020 mendatang. Ironinya, hingga kemarin masih didapati pelanggar ketentuan kebijakan memutus rantai penyebaran COVID-19 ini. Seperti yang terjadi di Kecamatan Tambora Jakarta Barat.

[Baca Juga: Langgar PSBB, Belasan Tempat Usaha Jakarta Barat dapat Surat Teguran]

Dilaporkan beritajakarta.id, Kepala Seksi PPNS dan Penindakan Satpol PP Jakarta Barat Ivand Sigiro mengatakan, hari ini pengawasan dan penindakan digelar di Kecamatan Tambora. Sasarannya, Pasar Asemka, Pasar Pagi, Jl Tubagus Angke dan lain sebagainya.

Dikatakan Ivand, Jika ada tempat usaha di luar yang dikecualikan tetap beroperasi maka akan ditutup sementara. Namun jika termasuk dalam sektor dikecualikan, maka harus menjalankan protokol kesehatan. "Hari ini ada sembilan tempat usaha yang kami tutup sementara, karena tidak termasuk sektor yang dikecualikan, seperti toko mainan dan sepatu," ujarnya.

Langgar PSBB, Belasan Tempat Usaha Di Jakbar Dapat Surat Teguran

Pihaknya, sambung Ivand, juga memberikan surat teguran kepada tempat usaha makanan yang tidak menjalankan protokol kesehatan, karena menyediakan makan di tempat, tidak menggunakan masker serta tidak menerapkan physical distancing atau jaga jarak. "Jika ada kerumunan dibubarkan, apabila tidak menggunakan masker, diberikan masker. Kami juga menyita bangku dan kursi plastik yang selanjutnya dibawa ke gudang Satpol PP di Kebon Jeruk," katanya.

Dia menambahkan, pengawasan dan penindakan ini rutin dilaksanakan setiap hari mulai dari tingkat kecamatan. Sedangkan tingkat kota dilgelar secara bergiliran di setiap kecamatan. "Kami mengerahkan 75 personel gabungan Satpol PP, TNI dan Polri," tandasnya.

[Baca Juga: Antisipasi Lockdown, Polda Metro Jaya Lakukan Simulasi Penutupan Jalur]

Di lokasi lainnya, sebanyak 45 pedagang takjil di Jalan A Raya dan Jalan Lautze, Kartini, Sawah Besar, Jakarta Pusat disosialisasikan aturan PSBB. Lurah Kartini, Ati Mediana mengatakan, dalam sosialisasi ini, pihaknya mendatangi satu per satu pedagang takjil lalu meminta mereka mengenakan masker dan menjaga jarak aman. "Kita sosialisasikan terus aturan PSBB kepada pedagang takjil selama Ramadan," ujarnya..

Atini melanjutkan, selain menyosialisasikan aturan PSBB, pihaknya juga mengimbau para pedagang takjil agar selalu menjaga kebersihan lingkungan. "Yang belanja takjil juga kita minta segera mencuci tangan pakai sabun dan jangan keluar rumah lagi jika tidak ada keperluan mendesak," tuntasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.