Nekat Langgar PSBB, Joran Pemancing di Danau Sunter Disita

Berita Kawasan

Nekat Langgar PSBB, Joran Pemancing di Danau Sunter Disita

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah selama beberapa pekan terakhir menggelar Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB dengan harapan dapat memutus mata rantai penyebaran virus Corona penyebab COVID-19. Namun usaha ini terkadang terhambat dari para masyarakatnya sendiri yang cenderung tak mematuhi kebijakan tersebut. Pemandangan ini bisa terlihat di kawasan Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara dengan sejumlah warga yang masih nekat mancing di sana. Demi menimbulkan efek jera, petugas pun mengambil langkah tegas terhadap para pemancing tersebut.

Peraturan kebijakan PSBB di Ibu Kota sendiri sudah tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan PSBB Dalam Penagangan Coronavirus Disease (COVID-19) dan Keputusan Gubernur DKI Nomor 412 Tahun 2020 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pelaksanaan PSBB Dalam Penanganan Coronavirus Disease (COVID-19). Tentu saja memancing di ruang terbuka seperti Danau Sunter masuk ke dalam pelanggaran terhadap peraturan tersebut.

Nekat Langgar PSBB, Joran Pemancing di Danau Sunter Disita

Pelanggaran PSBB ini terjadi pada akhir pekan kemarin dan terungkap ketika petugas gabungan di Jakarta Utara tengah melakukan patroli penerapan PSBB sekaligus kegiatan menekan penyebaran virus Corona. Karena patroli ini juga diawali dengan penyemprotan cairan disinfektan menggunakan dua unit mobil pemadam kebakaran di skeitar tepian Danau Sunter bagian selatan dan utara.

Namun dalam patroli yang dilakukan petugas gabungan itu, mereka melihat masih ada saja masyarakat yang tak mematuhi peraturan PSBB DKI Jakarta. Alih-alih berdiam di rumah, mereka malah memilih untuk memancing di pinggir Danau Sunter. Petugas pun mengambil langkah tegas dengan menghampiri para pemancing tersebut dan menyita joran untuk menangkap ikan yang merek bawa.

[Baca Juga: PSBB: Pemkab Bekasi Bagikan Masker dan Sweeping Pemancingan]

“Kita sudah ingatkan berkali-kali kepada mereka, tapi masih tidak patuh, akhirnya kita suta alat pancingnya. Mereka bisa mengambil lagi jorannya ke kantor Satpol PP Jakarta Utara untuk kami BAP (Berita Acara Pemeriksaan) agar tidak mengulanginya lagi,” jelas Kepala Satpol PP Jakarta Utara Yusuf Majid, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (26/4/2020).

Masuknya para pemancing ke Danau Sunter sebenarnya sudah masuk pelanggaran mengingat kawasan ini ditutup sejak merebaknya virus Corona di Ibu Kota. Ini diperparah dengan mereka yang cenderung tak mengindahkan mengenai social dan physical distancing kal mereka memancing.

“Ini yang kita upayakan, apa yang sudah disosialisasi pada PSBB tahap pertama seperti social distancing, physical distancing, dan tidak berkerumun bisa ditaati. Tidak ada lagi hal seperti itu di DKI dan Jakarta Utara saat PSBB lanjutan ini,” tambah pria yang akrab disapa Yuma itu.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.