Nemin Tuih Terima Pesanan Ondel-ondel Hingga ke Mancanegara

Bisnis

Nemin Tuih Terima Pesanan Ondel-ondel Hingga ke Mancanegara

Suvenir ondel-ondel khas Betawi seringkali ditemui di berbagai bazar yang ada di Jakarta. Mulai dari suvenir sepasang ondel-ondel dengan warna-warna terang yang mencolok hingga suvenir berupa aneka kepala ondel-ondel laki-laki dan perempuan yang indah.

Seorang pengrajin ondel-ondel khas Betawi bernama Nemin Tuih (53) mengaku suvenir ondel-ondel buatannya berbeda dengan suvenir yang lain. Penjual suvenir ondel-ondel ini mengatakan, yang membedakan adalah bahan pembuatannya dan lukisan tangan dengan berbagai warna serta motif yang ada di seluruh bagian ondel-ondel.

[Baca Juga: Omzet Penjualan Batik Betawi di Setu Babakan Meningkat]

"Suvenir ondel-ondel saya ini terbuat dari bahan keramik dan dilukis tangan dengan berbagai warna, motif bunga dan arsitektur Betawi," ujar Nemin berdasarkan lansiran beritajakarta.id (27/3/2019).

Usaha pembuatan suvenir ondel-ondel yang dirintis Nemin merupakan usaha binaan Suku Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Sudin KUKMP) Jakarta Timur. Salah satu warga Jalan Kramat Aris RW 03 Setu,  Cipayung, Jakarta Timur ini biasanya membuat suvenir ondel-ondel berukuran 10-25cm untuk dijual.

[Baca Juga: Bisnis IKM Bir Pletok Capai Omzet Jutaan Rupiah]

Nemin mengatakan, berkembangnya pariwisata dan pengelolaan pariwisata yang semakin maju khususnya di Jakarta memengaruhi peningkatan minat suvenir seperti ondel-ondel yang dibuatnya.

Suvenir ondel-ondel miliknya tidak hanya dipasarkan di Jakarta, namun juga ke beberapa wilayah di Indonesia dan ke luar negeri seperti Australia dan Arab Saudi. Nemin mengaku menjual suvenir ikon khas Betawi ini dengan harga terjangkau.

Negara-negara tersebut telah memesan ondel-ondel mini buatan Nemin sebanyak 2.000 pasang. Sepasang kepala ondel-ondel mini berukuran 10cm dijual Nemin seharga Rp30.000. Sedangkan untuk miniatur ondel-ondel berukuran 25cm dengan berat 0,5 kg dihargai sebesar Rp275.000 per pasang.

[Baca Juga: Walau Bau, Jengkol Jadi Makanan Favorit Orang Betawi]

Suvenir ondel-ondel produksi Nemin yang sudah ditekuni sejak tahun lalu ini dikerjakan bersama lima karyawannya di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Namun, proses finishing-nya dilakukan di rumahnya yang berada di Jalan Kramat Aris, Gang Reformasi RW 03 Setu, Cipayung, Jakarta Timur.

Nemin berharap, ke depannya bisa mendapat bantuan tambahan modal dari pemerintah agar usaha suvenir yang digelutinya bisa berkembang dan memenuhi kebutuhan serta pemintaan pasar.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.