Nenek Berusia Seabad Ini Penyintas COVID-19 Tertua di Indonesia

Kesehatan

Nenek Berusia Seabad Ini Penyintas COVID-19 Tertua di Indonesia

Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang dilansir pada Sabtu (30/5/2020), terdapat 25.773 kasus positif COVID-19 di tanah air. Total pasien sembuh sebanyak 7.015 orang dan pasien meninggal sebanyak 1.573 jiwa. Jumlah kasus Positif COVID-19 di Provinsi Jatim menempati urutan kedua setelah DKI Jakarta, 4.613 pasien dengan rincian 589 penyintas dan 372 pasien meninggal dunia. Kota Surabaya adalah penyumbang tertinggi di Provinsi Jatim. Terdapat 2.495 kasus dengan rincian 200 penyintas dan 235 pasien meninggal.

Dari banyaknya orang yang terpapar virus SARS-CoV-2, tercatat satu pasien tertua diantara puluhan ribu pasien lainnya. Ialah Kamtin, nenek berusia 100 tahun asal Kota Surabaya. Kabar baiknya, nenek Kamtin kini telah berstatus sebagai penyintas COVID-19.

Nenek Berusia Seabad Ini Penyintas COVID-19 Tertua di Indonesia

"Ibu kami dirawat sebulan di rumah sakit Primasatya Husada Citra (PHC) karena COVID-19. Alhamdulillah karena beliau disiplin, rajin minum vitamin dan menjalankan hidup bersih dan sehat hingga sekarang, ibu kami sehat," tutur Siti Aminah, menantu dari putra terakhir Eyang Kamtin.

Diberitakan Antara, Sabtu (30/5/2020) kemarin, Kamtin dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Primasatya Husada Citra (PHC) Surabaya, Jawa Timur (Jatim) sejak 28 April 2020 silam. "Nenek Kamtin ini seorang survivor COVID-19 tertua di Indonesia," beber Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melalui konferensi video.

[Baca Juga: 20 RS Rujukan COVID-19 di Surabaya Tak Bisa Lagi Tampung Tambahan Pasien]

Lebih lanjut dia menceritakan, awal mulanya nenek kelahiran tahun 1920 ini menderita sakit batuk dan demam pada 13 April 2020, penyakit yang diderita Kamtin berlangsung selama sepekan. Setelahnya, Kamtin pun dinyatakan positif terinfeksi COVID-19, perawatan yang lebih intensif pun dilakukan. Usai menjalani perawatan selama beberapa waktu dan berbagai tes, dia pun dinyatakan sembuh pada 17 Mei 2020.

Nenek Berusia Seabad Ini Penyintas COVID-19 Tertua di Indonesia

Sementara itu, beberapa orang keluarga sang nenek yang tinggal serumah saat ini tengah disolasi di Asrama Haji Surabaya karena sempat melakukan kontak langsung. Menurut Khofifah, kesembuhan nenek Kamtin memberikan semangat bagi pasien yang masih dirawat, dan membuktikan sangat besar peluangnya untuk sembuh. "Melalui putrinya, beliau berpesan bahwa disiplin adalah vaksin paling tokcer saat ini, karena vaksin COVID-19 belum ditemukan," ujarnya.

Selain menyapa Eyang Kamtin, di kesempatan itu, Khofifah juga menyapa para lansia yang tersebar di beberapa wilayah seperti UPT PSTW Blitar, Jember, Pandaan, Magetan, Jombang, Bondowoso dan Banyuwangi.

Ke tujuh titik lokasi tersebut, Khofifah secara khusus mengirimkan tumpeng sebagai ucapan syukur dalam merayakan Hari Lansia Nasional. Dipimpin doa oleh Kepala Dinas Sosial Jatim Alwi, seluruh peserta konferensi video itu memanjatkan doa untuk keselamatan dari pandemi COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.