Nenek Berusia Seabad Ini Penyintas COVID-19 Tertua di Indonesia

Kesehatan

Nenek Berusia Seabad Ini Penyintas COVID-19 Tertua di Indonesia

Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang dilansir pada Sabtu (30/5/2020), terdapat 25.773 kasus positif COVID-19 di tanah air. Total pasien sembuh sebanyak 7.015 orang dan pasien meninggal sebanyak 1.573 jiwa. Jumlah kasus Positif COVID-19 di Provinsi Jatim menempati urutan kedua setelah DKI Jakarta, 4.613 pasien dengan rincian 589 penyintas dan 372 pasien meninggal dunia. Kota Surabaya adalah penyumbang tertinggi di Provinsi Jatim. Terdapat 2.495 kasus dengan rincian 200 penyintas dan 235 pasien meninggal.

Dari banyaknya orang yang terpapar virus SARS-CoV-2, tercatat satu pasien tertua diantara puluhan ribu pasien lainnya. Ialah Kamtin, nenek berusia 100 tahun asal Kota Surabaya. Kabar baiknya, nenek Kamtin kini telah berstatus sebagai penyintas COVID-19.

Nenek Berusia Seabad Ini Penyintas COVID-19 Tertua di Indonesia

"Ibu kami dirawat sebulan di rumah sakit Primasatya Husada Citra (PHC) karena COVID-19. Alhamdulillah karena beliau disiplin, rajin minum vitamin dan menjalankan hidup bersih dan sehat hingga sekarang, ibu kami sehat," tutur Siti Aminah, menantu dari putra terakhir Eyang Kamtin.

Diberitakan Antara, Sabtu (30/5/2020) kemarin, Kamtin dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Primasatya Husada Citra (PHC) Surabaya, Jawa Timur (Jatim) sejak 28 April 2020 silam. "Nenek Kamtin ini seorang survivor COVID-19 tertua di Indonesia," beber Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melalui konferensi video.

[Baca Juga: 20 RS Rujukan COVID-19 di Surabaya Tak Bisa Lagi Tampung Tambahan Pasien]

Lebih lanjut dia menceritakan, awal mulanya nenek kelahiran tahun 1920 ini menderita sakit batuk dan demam pada 13 April 2020, penyakit yang diderita Kamtin berlangsung selama sepekan. Setelahnya, Kamtin pun dinyatakan positif terinfeksi COVID-19, perawatan yang lebih intensif pun dilakukan. Usai menjalani perawatan selama beberapa waktu dan berbagai tes, dia pun dinyatakan sembuh pada 17 Mei 2020.

Nenek Berusia Seabad Ini Penyintas COVID-19 Tertua di Indonesia

Sementara itu, beberapa orang keluarga sang nenek yang tinggal serumah saat ini tengah disolasi di Asrama Haji Surabaya karena sempat melakukan kontak langsung. Menurut Khofifah, kesembuhan nenek Kamtin memberikan semangat bagi pasien yang masih dirawat, dan membuktikan sangat besar peluangnya untuk sembuh. "Melalui putrinya, beliau berpesan bahwa disiplin adalah vaksin paling tokcer saat ini, karena vaksin COVID-19 belum ditemukan," ujarnya.

Selain menyapa Eyang Kamtin, di kesempatan itu, Khofifah juga menyapa para lansia yang tersebar di beberapa wilayah seperti UPT PSTW Blitar, Jember, Pandaan, Magetan, Jombang, Bondowoso dan Banyuwangi.

Ke tujuh titik lokasi tersebut, Khofifah secara khusus mengirimkan tumpeng sebagai ucapan syukur dalam merayakan Hari Lansia Nasional. Dipimpin doa oleh Kepala Dinas Sosial Jatim Alwi, seluruh peserta konferensi video itu memanjatkan doa untuk keselamatan dari pandemi COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.