Dari Genflix sampai Netflix, Menilik Streaming Service di Indonesia

Bisnis

Netflix Punya 15,77 Juta Pelanggan Baru di Masa Pandemi

Netflix meraih keberuntungan yang tak diperkirakannya di tahun 2020. Sebelum Virus Corona baru menginfeksi banyak orang di hampir seluruh negara, Netflix hanya memperkirakan mendulang tujuh juta pelanggan baru di kuartal pertama tahun ini.

Pada kenyataannya, platform streaming itu mendapat 15,77 juta pelanggan di kuartal pertama 2020. Alasan di balik banyaknya jumlah pelanggan baru, disebut Netflix adalah kebijakan isolasi diri di rumah.

“Pertumbuhan pelanggan baru kami yang secara temporer sangat cepat ini disebabkan kebijakan isolasi diri di rumah,” tulis Netflix dalam suratnya kepada pemegang saham, dilansir dari Variety (23/4/2020). Lebih lanjut, perusahaan berbasis di California itu mengatakan kemandekan produksi film Hollywood juga jadi faktornya.

Sebelum di Haramkan, Ini 5 Dampak Positif Dari Netflix

Kini, Netflix memiliki 182,9 juta pelanggan di seluruh dunia. Jumlah ini meningkat 22,8 persen dari awal tahun 2020. Pada Selasa, 21 April lalu, sahamnya naik sebanyak 4,8 persen. Nilai saham yang menjadi US$454,8 atau sekitar Rp7 juta per sahamnya merupakan nilai tertinggi yang dicapai perusahaan raksasa streaming tersebut.

Namun, Netflix memperkirakan penambahan pelanggan akan melambat lagi ketika sudah banyak negara di dunia yang mencabut kebijakan karantina wilayah atau lockdown. “Semoga perlawanan terhadap virus ini mengalami kemajuan sehingga pemerintah mengizinkan warganya meninggalkan rumah. Ketika itu terjadi, kami memperkirakan jumlah pertumbuhan pelanggan dan penonton menurun,” ungkap Netflix.

[Baca Juga: Lewatkan Tayang di Bioskop, ‘Time to Hunt’ Langsung Hadir di Netflix]

Sejauh ini, Netflix membeberkan beberapa konten orisinalnya yang paling banyak ditonton di masa pandemi. Posisi pertama adalah film yang dibintangi Mark Wahlberg, yaitu Spenser Confidential dengan 85 juta penonton. Kedua adalah serial dokumenter Tiger King, memperoleh 64 juta penonton. Posisi ketiga diisi oleh serial Spanyol berjudul La Casa de Papel atau dikenal dengan nama lain Money Heist, yaitu 65 juta penonton. Keempat adalah acara televisi Love is Blind dengan 30 juta penonton.

Meski memiliki capaian yang fantastis, Netflix tampaknya harus waspada karena akan segera memiliki saingan. WarnerMedia memiliki rencana untuk meluncurkan HBO Max pada 27 Mei mendatang, dan NBCUniversal juga akan merilis Peacock di bulan Juli 2020.

[Baca Juga: Ini Rekomendasi 4 Serial Netflix Buat yang Rindu Hangout]


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.