Ngabuburit Seru di RPTRA Akasia Tebet

Berita Kawasan

Ngabuburit Seru di RPTRA Akasia Tebet

Saat bulan Ramadan tiba, ada beberapa tradisi unik yang akan muncul. Salah satu tradisi yang dilakukan saat bulan puasa adalah ngabuburit, sebuah tradisi berkumpul, berjalan-jalan menghabiskan waktu sebelum berbuka puasa atau azan maghrib. Namun jika dilihat dari sejarahnya, tradisi ini sebenarnya sama sekali tak ada kaitannya dengan puasa.

Tradisi ini biasanya dilakukan masyarakat Sunda saat sore hari mau puasa ataupun tidak. Namun di masa modern, tradisi ini sangat lekat dengan bulan Ramadan. Sebutan ngabuburit juga diambil dari bahasa Sunda, menurut kamus Bahasa Sunda milik Lembaga Basa dan Sastra Sunda (LBSS), kata ngabuburit merupakan gabungan dari ngalantung ngadagoan burit yang artinya adalah bersantai-santai sambil menunggu waktu sore.

Tradisi ngabuburit ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, yang paling umum dilakukan biasanya orang-orang keluar rumah sembari mencari tajil untuk berbuka. Jadi tak heran jika lokasi-lokasi umum ramai menjelang waktu berbuka.

[Baca Juga: Ngabuburit Berfaedah di Galeri Islam Al-Azhom Kota Tangerang]

Salah satu tempat yang ramai dijadikan tempat ngabuburit adalah Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Akasia di Jalan Tebet Barat Raya RT 11/RW 07, Kelurahan Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan jadi lokasi favorit warga sekitar untuk menunggu waktu berbuka puasa di Bulan Suci Ramadan.

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (13/5/2019), Pengelola RPTRA Akasia Hastuti Pramuka Dewi mengatakan, pengunjung tidak hanya datang berkunjung pada pagi hari untuk melakukan aktifitas pagi dengan berolahraga, mereka biasanya akan kembali lagi pada sore hari untuk menunggu waktu berbuka sembari berbincang di taman.

"Biasanya kalau pagi, warga datang untuk berolahraga atau bermain bersama anak sembari menyuapkan makan. Saat memasuki bulan Ramadan, para warga ramai ngabuburit di sini," ujar Dewi.

[Baca Juga: Pusat Kuliner Pasar Lama, Lokasi Favorit Berburu Takjil]

Warga Tebet yang rajin menyambangi taman Wati mengatakan, dirinya saat bulan Ramadan ini ia menghabiskan waktu di pagi hari untuk berolahraga dan sore hari untuk menunggu waktu berbuka. "Saya menghabiskan waktu ngabuburit dengan berbincang dan bermain bersama anak-anak saya. Tamannya enak, bersih. Selain itu, saat jam ngabuburit banyak anak-anak yang main ke sini juga, jadi teman saya punya banyak teman," katanya.

Warga Kecamatan Tebet lainnya yang sering menghabiskan waktunya di RPTRA Akasia Asih menyebutkan, Ia sering mengajak anaknya bermain di taman karena banyaknya teman sebaya yang juga bermain disana."Anak saya suka sekali main di sini karena punya banyak teman.” Ujar Asih.

Read More

Artikel Lainnya

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

Kecantikan dan Fashion

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

29 November 2020, 12:01

Koleksi T-shirt Bogart ini akan disajikan sebagai penjualan pribadi bersamaan dengan lelang online barang-barang Supreme langka lainnya.

Tentang Bulimia, Gangguan Makan yang Diderita Putri Diana

Kesehatan

Kenali Bulimia, Gangguan Makan Putri Diana

28 November 2020, 17:08

Alur cerita The Crown Season 4 telah menghidupkan kembali pembicaraan tentang gangguan makan tersebut dalam kehidupan nyata Putri Diana, Princess of Wales.

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

Kuliner

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

28 November 2020, 10:08

Orang Sunda mengenal kemangi dengan sebutan seraung atau lampes. Lampes juga nama yang dikenal bagi orang Jawa. Selain di Pulau Jawa, daun kemangi juga banyak dipakai dalam masakan di Indonesia bagian timur.

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

Hobi dan Hiburan

4 Film Penting Tayang di Netflix Desember Ini

27 November 2020, 18:01

Berikut sinopsis empat film tersebut sebagai panduan Anda yang tidak ingin ketinggalan menonton karya yang kemungkinan besar akan merajai nominasi pada musim penghargaan.


Comments


Please Login to leave a comment.