Nikmatnya Berburu Jajanan Lezat di Pasar Kue Subuh Senen yang Legendaris

Kuliner

Nikmatnya Berburu Jajanan di Pasar Kue Subuh Senen Legendaris

Bagi yang menyukai dunia kuliner, khususnya penggemar jajanan pasar, pasti tentu tidak asing dengan Pasar Kue Subuh Senen di kawasan Senen, Jakarta Pusat. Di tempat ini, seluas mata Anda memandang adalah hamparan kue-kue lezat yang menggugah selera. Mungkin inilah tempat di Jakarta yang menyediakan hampir segala jenis kue dan jajanan pasar.

Perjalanan sejarah Pasar Kue Subuh bermula dari inisiatif Elkana Tju dan empat temannya di tahun 1988. Mereka menggelar lapak kue di pinggiran Pasar Senen dengan beralaskan lima meja lapak dan menjajakan aneka kue mulai pukul 2 malam hingga pukul 8 pagi.

Nikmatnya Berburu Jajanan Lezat di Pasar Kue Subuh Senen yang Legendaris

Keuletan mereka pun menginspirasi pedagang kue lainnya, sehingga banyak yang ikut berdagang di wilayah tersebut. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan PingPoint.co.id (5/9/2019), akhirnya di tahun 1991, Elkana mengajukan izin kepada pengelola Pasar Senen Blok 4 untuk menggunakan area parkir sebagai area dagang kue di malam hari.

[Baca Juga: Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu yang Masih Ada Hingga Sekarang]

Setelah secara resmi menempati area tersebut, perkembangan Pasar Kue Subuh Senen semakin luar biasa hingga tahun 1998. Hebatnya, pelanggan Pasar Kue Subuh Senen yang datang bukan hanya warga Ibu Kota saja, melainkan juga dari beberapa kawasan penyangga Jakarta, seperti Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang hingga Cilegon.

Nikmatnya Berburu Jajanan Lezat di Pasar Kue Subuh Senen yang Legendaris

Pengunjung pasar kue ini kebanyakan adalah reseller yang menjual kembali di toko atau warungnya. Namun tak sedikit pula pengunjung yang sengaja ingin datang untuk menikmati secara langsung atau dikonsumsi sendiri di rumah. Bagi Anda yang tak sabar ingin mencicipi kue-kue lezat tersebut, para penjual pun tak segan untuk memberikan sampel gratis.

[Baca Juga: Bisnis Buku Bekas Pasar Senen di Era Digital]

Berdasarkan pengamatan PingPoint.co.id, aktivitas di pasar jajanan mulai terlihat pada pukul 6 sore dan mulai semakin ramai pada pukul 9 malam hingga menjelang subuh. Di saat matahari terbenam, mobil boks atau truk engkel mulai berdatangan dan muatan berisi aneka kue mulai ditata di atas meja. Mulai dari kue bolu, kue lapis legit, kue bolu gulung, kue dadar gulung, hingga kue sus menjadi pandangan yang menyenangkan.

Nikmatnya Berburu Jajanan Lezat di Pasar Kue Subuh Senen yang Legendaris

Tak ketinggalan jajanan pasar seperti risoles, arem-arem, sosis Solo, tahu bakso, sampai nagasari berisikan pisang pun memadati jejeran meja yang jumlahnya tak kurang dari 700 buah di pasar ini. Setiap malam, Pasar Kue Subuh Senen selalu didatangi lebih dari 500 orang pengunjung dan dengan nilai kisaran total transaksi Rp700 juta hingga Rp800 juta per malam.

Sejumlah pedagang Pasar Kue Subuh Senen berharap agar pengelola mulai membenahi area parkir, sistem keamanan dan media promosi yang baik, agar semakin menarik minat pengunjung. Tak hanya pengunjung domestik, tapi juga agar menarik minat para pengunjung wisatawan luar Jakarta mau pun mancanegara.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.