Nikmatnya Berburu Jajanan Lezat di Pasar Kue Subuh Senen yang Legendaris

Kuliner

Nikmatnya Berburu Jajanan di Pasar Kue Subuh Senen Legendaris

Bagi yang menyukai dunia kuliner, khususnya penggemar jajanan pasar, pasti tentu tidak asing dengan Pasar Kue Subuh Senen di kawasan Senen, Jakarta Pusat. Di tempat ini, seluas mata Anda memandang adalah hamparan kue-kue lezat yang menggugah selera. Mungkin inilah tempat di Jakarta yang menyediakan hampir segala jenis kue dan jajanan pasar.

Perjalanan sejarah Pasar Kue Subuh bermula dari inisiatif Elkana Tju dan empat temannya di tahun 1988. Mereka menggelar lapak kue di pinggiran Pasar Senen dengan beralaskan lima meja lapak dan menjajakan aneka kue mulai pukul 2 malam hingga pukul 8 pagi.

Nikmatnya Berburu Jajanan Lezat di Pasar Kue Subuh Senen yang Legendaris

Keuletan mereka pun menginspirasi pedagang kue lainnya, sehingga banyak yang ikut berdagang di wilayah tersebut. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan PingPoint.co.id (5/9/2019), akhirnya di tahun 1991, Elkana mengajukan izin kepada pengelola Pasar Senen Blok 4 untuk menggunakan area parkir sebagai area dagang kue di malam hari.

[Baca Juga: Jajanan Khas Betawi Tempo Dulu yang Masih Ada Hingga Sekarang]

Setelah secara resmi menempati area tersebut, perkembangan Pasar Kue Subuh Senen semakin luar biasa hingga tahun 1998. Hebatnya, pelanggan Pasar Kue Subuh Senen yang datang bukan hanya warga Ibu Kota saja, melainkan juga dari beberapa kawasan penyangga Jakarta, seperti Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang hingga Cilegon.

Nikmatnya Berburu Jajanan Lezat di Pasar Kue Subuh Senen yang Legendaris

Pengunjung pasar kue ini kebanyakan adalah reseller yang menjual kembali di toko atau warungnya. Namun tak sedikit pula pengunjung yang sengaja ingin datang untuk menikmati secara langsung atau dikonsumsi sendiri di rumah. Bagi Anda yang tak sabar ingin mencicipi kue-kue lezat tersebut, para penjual pun tak segan untuk memberikan sampel gratis.

[Baca Juga: Bisnis Buku Bekas Pasar Senen di Era Digital]

Berdasarkan pengamatan PingPoint.co.id, aktivitas di pasar jajanan mulai terlihat pada pukul 6 sore dan mulai semakin ramai pada pukul 9 malam hingga menjelang subuh. Di saat matahari terbenam, mobil boks atau truk engkel mulai berdatangan dan muatan berisi aneka kue mulai ditata di atas meja. Mulai dari kue bolu, kue lapis legit, kue bolu gulung, kue dadar gulung, hingga kue sus menjadi pandangan yang menyenangkan.

Nikmatnya Berburu Jajanan Lezat di Pasar Kue Subuh Senen yang Legendaris

Tak ketinggalan jajanan pasar seperti risoles, arem-arem, sosis Solo, tahu bakso, sampai nagasari berisikan pisang pun memadati jejeran meja yang jumlahnya tak kurang dari 700 buah di pasar ini. Setiap malam, Pasar Kue Subuh Senen selalu didatangi lebih dari 500 orang pengunjung dan dengan nilai kisaran total transaksi Rp700 juta hingga Rp800 juta per malam.

Sejumlah pedagang Pasar Kue Subuh Senen berharap agar pengelola mulai membenahi area parkir, sistem keamanan dan media promosi yang baik, agar semakin menarik minat pengunjung. Tak hanya pengunjung domestik, tapi juga agar menarik minat para pengunjung wisatawan luar Jakarta mau pun mancanegara.

Read More

Artikel Lainnya

Gojek-Gandeng-JumpaPay-Luncurkan-Inovasi-Layanan-GoService.jpeg.jpg

Bisnis

Gojek Rangkul JumpaPay Untuk Menggagas Layanan GoService

13 July 2020, 20:00

Layanan GoService yang diluncurkan hari ini diharapkan dapat memudahkan proses pengurusan administrasi surat kendaraan bermotor.

happyfresh-deliveryman.jpg

Bisnis

Kini Happyfresh Hadir di Bukalapak Untuk Mudahkan Belanja Kebutuhan Sehari-hari

13 July 2020, 19:00

Aktivitas berbelanja kebutuhan sehari-hari lebih banyak dilakukan secara online di masa pandemi. Hal ini yang diseriusi oleh HappyFresh dengan menggandeng Bukalapak.

Sony WF-SP800N Usung Teknologi Mutakhir Guna Temani Kegiatan Konsumen Aktif

Bisnis

Sony WF-SP800N Usung Teknologi Mutakhir Guna Temani Kegiatan Konsumen Aktif

13 July 2020, 18:00

Bidik para pecinta olahraga, Sony menghadirkan headphone nirkabel yang inovatif dan praktis untuk digunakan setiap saat.

Rayakan Hari Jadinya, Avrist Assurance Ulurkan Tangan di 11 Kota .jpg

Bisnis

Rayakan Hari Jadinya, Avrist Assurance Ulurkan Tangan di 11 Kota

13 July 2020, 17:00

Perusahaan Avrist Assurance baru-baru ini menggelar aksi sosialnya di 11 kota Indonesia dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-45.


Comments


Please Login to leave a comment.