Noriyu Kesehatan Jiwa Generasi Muda Butuh Big Data Pemerintah

Kesehatan

Noriyu: Kesehatan Jiwa Generasi Muda Butuh Big Data Pemerintah

Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu visi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pemerintahan periode keduanya. Menurut anggota DPR RI Komisi IX sekaligus praktisi kesehatan jiwa Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ memandang, visi ini merupakan hal yang bagus karena menyuarakan persoalan harapan banyak orang terkait SDM di Nusantara. Namun menurutnya, langkah terbaik untuk pendekatan isu ini adalah memperhatikan masalah kesehatan jiwa generasi muda yang kelak menjadi SDM penggerak bangsa.

Pada rapat sidang kabinet paripurna baru-baru ini, Presiden Joko Widodo menegaskan kepada anggota kabinetnya bahwa pemerintah harus memastikan kualitas SDM-nya dari semenjak kandungan hingga masuk generasi emas. Ini termasuk dari segi sistem pendidikan serta pelatihan yang bersifat modern. Hal ini didukung oleh anggota DPR RI Komisi IX yang akrab disapa Noriyu. Namun, ia lebih memandang ke arah pentingnya pengelolaan kesehatan jiwa generasi muda.

Noriyu Kesehatan Jiwa Generasi Muda Butuh Big Data Pemerintah

“Saya sebagai anggota DPR waktu tahun 2009-2014 itu sudah menyiapkan yang namanya Undang-Undang kesehatan Jiwa, saya inisiasi, saya kawal dengan teman-teman Komisi IX, saya ketua panitia kerjanya. Salah satu hal yang telah kita pikirkan adalah apa yang harus kita perbuat untuk SDM,” jelas Noriyu kepada awak media pada acara peluncuran buku Jiwa Sehat, Negara Kuat di Universitas Atma Jaya, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan (13/8/2019).

[Baca Juga: Orangtua & Sekolah, Aspek Penting Pencegahan Bunuh Diri Remaja]

“Di dalamnya kita atur upaya promotif adalah bagaimana mengasuh anak dari mulai kandungan dan siklus hidupnya sampai remaja yang paling rentan adalah fase risk taking,” sambungnya. Sekadar informasi, fase risk taking merupakan fase di mana remaja memiliki pola pikir yang bersifat abstrak dan dapat merasa tertantang untuk mencoba segala hal hal, sehingga bisa bergerak menuju ke arah pola hidup yang tidak baik.

Anggota DPR RI Komisi IX itu menyoroti hal di atas dikarenakan ia merasa semua pihak, khususnya pemerintah, perlu mengawal generasi emas tersebut, khususnya dari sisi kesehatan jiwa muda. Pasalnya, mereka yang akan menjadi generasi penerus bangsa sekaligus memimpin negeri ini dan bila tidak dibina secara serius dari segi kesehatan jiwanya, anak-anak muda merupakan bagian dari masyarakat yang paling rentan merasa depresi hingga memicu pikiran untuk bunun diri.

[Baca Juga: Buku Ini Ulas Layanan Kesehatan Jiwa di Indonesia]

Oleh karena itulah, Noriyu menyarankan agar pemerintah untuk mendekati metode analisa big data dalam memahami penanganan kesehatan jiwa yang awalnya bisa dilihat melalui raport kesehatanku yang dimiliki pelajar sekolah dasar hingga kelas sembilan. “Bayangkan jika kita memiliki mindset big data analysis, datanya dikumpulin jadi bank data dibuat dashboard, dahsyat itu pemahaman kita tentang generasi penerus,” ujarnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.