Normalisasi Saluran Air Di Jalan Kartini Raya

Berita Kawasan

Normalisasi Saluran Air Di Jalan Kartini Raya Baru 60 Persen

Satuan Pelaksana Tugas (Satpel) SDA Kecamatan Sawah Besar melakukan normalisasi saluran di Jalan Kartini Raya, Sawah Besar, Jakarta Pusat (Jakpus). Dilansir dari situs resmi pusat.jakarta.go.id, Kepala Satuan Pelaksana Tugas (Kasatpel) Sumber Daya Air (SDA) Sawah Besar Nanang Kusnandi mengatakan, panjang saluran yang dinormalisasi mencapai 900 meter. Pengerjaan dimulai dari Saman Hudi hingga depan Hotel Swiss Bell. "Saat ini baru 60 persen pengerjaannya," singkat Nanang saat diwawancarai di sela-sela perbaikan.

Normalisasi Saluran Air Di Jalan Kartini Raya

Nanang mengungkapkan bahwa dulunya saluran di sini hanya lebar 60 cm dan kini diperlebar menjadi 80 cm. Konstruksi saluran menggunakan batu kali sebagian dan u-ditch beton. "Petugas yang mengerjakan mencapai 75 anggota dari Sudin (Suku Dinas) SDA Jakpus dan Satpel SDA Kecamatan Sawah Besar," tandasnya.

[Baca Juga: Cara Menanggulangi Limbah pada Saluran Air]

Nanang juga mengemukakan, galian normalisasi saluran yang berada di Jalan Kartini Raya, Sawah Besar Jakarta Pusat menghasilkan 500 meter kubik material galian tanah.

Ia menambahkan, normalisasi tersebut atas Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) warga. Dalam normalisasi tersebut dikerahkan satu alat berat untuk melakukan galian perluasan saluran. "Target kita rampung September 2019, dan baru dikerjakan satu bulan ini masih berkelanjutan," terangnya.

Normalisasi Saluran Air Di Jalan Kartini Raya

Nanang menambahkan, jajarannya juga mengalami kendala dalam normalisasi saluran tersebut. "Adanya kabel utilitas, tiang listrik, dan jaringan pipa PAM," ungkapnya, seraya menyatakan, seluruh material dibuang ke PLTU Ancol Jakarta Utara.

[Baca Juga: Warga Tanjung Priok Manfaatkan Saluran Air untuk Budidaya Lele]

Normalisasi saluran yang berupa pengerjaan pengerukan sendimen adalah agenda rutin pemerintah kota. Mengetahui musim hujan akan tiba, dilakukan normalisasi saluran yang bertujuan untuk pengendalian banjir. Demi kenyamanan warga dan bebas dari banjir atau genangan air, tidak akan menghambat warga dalam melakukan aktivitas yang dapat menimbulkan kerugian baik waktu ataupun materi.

Diharapkan setelah pelebaran saluran air ini, Jalan Kartini yang kerap kali tergenang air di kala musim hujan, bisa lebih cepat surut dan tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas. Namun, untuk sementara pengerjaan normalisasi saluran ini memang menyebabkan lalu lintas terhambat. Karena baru 60 persen, warga yang melewati jalan ini sebaiknya mencari alternatif rute lain.

Read More

Artikel Lainnya

Cegah Virus Corona Masuk Indonesia, Kemenkes Siapkan 135 Thermoscanner

Kesehatan

Cegah Coronavirus Masuk Indonesia, Kemenkes Siapkan 135 Thermoscanner

25 January 2020, 10:00

Sebagai bentuk tindakan preventif penyebaran coronavirus, Kemenkes menyiapkan 135 thermoscanner di seluruh pintu masuk Indonesia.

Kinosaurus, Wadah Bertemunya Sineas dengan Penikmat Film

Berita Kawasan

Kinosaurus, Wadah Bertemunya Sineas dengan Penikmat Film

24 January 2020, 18:00

Dari awal pendiriannya, Kinosaurus menyimpan visi tersendiri yang sudah tercatat di benak para pendirinya. Apa sajakah itu?

Pemprov DKI Siapkan Berbagai Fasilitas untuk Menunjang Stasiun MRT Terintegrasi

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Berbagai Fasilitas untuk Menunjang Stasiun MRT Terintegrasi

24 January 2020, 17:00

Fasilitas integrasi ini akan dilengkapi area komersial seperti restoran, kedai kopi, toilet, mushola, akses difabel berupa lift, dan akses eskalator untuk umum.

Hati-hati Coronavirus Kenali dan Cegah Penyakitnya

Kesehatan

Hati-hati Coronavirus: Kenali dan Cegah Penyakitnya

24 January 2020, 16:00

Coronavirus dengan mudah menyerang saluran pernapasan yang menyebabkan beragam penyakit pernapasan.


Comments


Please Login to leave a comment.