Normalisasi Saluran Air Di Jalan Kartini Raya

Berita Kawasan

Normalisasi Saluran Air Di Jalan Kartini Raya Baru 60 Persen

Satuan Pelaksana Tugas (Satpel) SDA Kecamatan Sawah Besar melakukan normalisasi saluran di Jalan Kartini Raya, Sawah Besar, Jakarta Pusat (Jakpus). Dilansir dari situs resmi pusat.jakarta.go.id, Kepala Satuan Pelaksana Tugas (Kasatpel) Sumber Daya Air (SDA) Sawah Besar Nanang Kusnandi mengatakan, panjang saluran yang dinormalisasi mencapai 900 meter. Pengerjaan dimulai dari Saman Hudi hingga depan Hotel Swiss Bell. "Saat ini baru 60 persen pengerjaannya," singkat Nanang saat diwawancarai di sela-sela perbaikan.

Normalisasi Saluran Air Di Jalan Kartini Raya

Nanang mengungkapkan bahwa dulunya saluran di sini hanya lebar 60 cm dan kini diperlebar menjadi 80 cm. Konstruksi saluran menggunakan batu kali sebagian dan u-ditch beton. "Petugas yang mengerjakan mencapai 75 anggota dari Sudin (Suku Dinas) SDA Jakpus dan Satpel SDA Kecamatan Sawah Besar," tandasnya.

[Baca Juga: Cara Menanggulangi Limbah pada Saluran Air]

Nanang juga mengemukakan, galian normalisasi saluran yang berada di Jalan Kartini Raya, Sawah Besar Jakarta Pusat menghasilkan 500 meter kubik material galian tanah.

Ia menambahkan, normalisasi tersebut atas Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) warga. Dalam normalisasi tersebut dikerahkan satu alat berat untuk melakukan galian perluasan saluran. "Target kita rampung September 2019, dan baru dikerjakan satu bulan ini masih berkelanjutan," terangnya.

Normalisasi Saluran Air Di Jalan Kartini Raya

Nanang menambahkan, jajarannya juga mengalami kendala dalam normalisasi saluran tersebut. "Adanya kabel utilitas, tiang listrik, dan jaringan pipa PAM," ungkapnya, seraya menyatakan, seluruh material dibuang ke PLTU Ancol Jakarta Utara.

[Baca Juga: Warga Tanjung Priok Manfaatkan Saluran Air untuk Budidaya Lele]

Normalisasi saluran yang berupa pengerjaan pengerukan sendimen adalah agenda rutin pemerintah kota. Mengetahui musim hujan akan tiba, dilakukan normalisasi saluran yang bertujuan untuk pengendalian banjir. Demi kenyamanan warga dan bebas dari banjir atau genangan air, tidak akan menghambat warga dalam melakukan aktivitas yang dapat menimbulkan kerugian baik waktu ataupun materi.

Diharapkan setelah pelebaran saluran air ini, Jalan Kartini yang kerap kali tergenang air di kala musim hujan, bisa lebih cepat surut dan tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas. Namun, untuk sementara pengerjaan normalisasi saluran ini memang menyebabkan lalu lintas terhambat. Karena baru 60 persen, warga yang melewati jalan ini sebaiknya mencari alternatif rute lain.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.