Normalisasi Saluran Air Di Jalan Kartini Raya

Berita Kawasan

Normalisasi Saluran Air Di Jalan Kartini Raya Baru 60 Persen

Satuan Pelaksana Tugas (Satpel) SDA Kecamatan Sawah Besar melakukan normalisasi saluran di Jalan Kartini Raya, Sawah Besar, Jakarta Pusat (Jakpus). Dilansir dari situs resmi pusat.jakarta.go.id, Kepala Satuan Pelaksana Tugas (Kasatpel) Sumber Daya Air (SDA) Sawah Besar Nanang Kusnandi mengatakan, panjang saluran yang dinormalisasi mencapai 900 meter. Pengerjaan dimulai dari Saman Hudi hingga depan Hotel Swiss Bell. "Saat ini baru 60 persen pengerjaannya," singkat Nanang saat diwawancarai di sela-sela perbaikan.

Normalisasi Saluran Air Di Jalan Kartini Raya

Nanang mengungkapkan bahwa dulunya saluran di sini hanya lebar 60 cm dan kini diperlebar menjadi 80 cm. Konstruksi saluran menggunakan batu kali sebagian dan u-ditch beton. "Petugas yang mengerjakan mencapai 75 anggota dari Sudin (Suku Dinas) SDA Jakpus dan Satpel SDA Kecamatan Sawah Besar," tandasnya.

[Baca Juga: Cara Menanggulangi Limbah pada Saluran Air]

Nanang juga mengemukakan, galian normalisasi saluran yang berada di Jalan Kartini Raya, Sawah Besar Jakarta Pusat menghasilkan 500 meter kubik material galian tanah.

Ia menambahkan, normalisasi tersebut atas Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) warga. Dalam normalisasi tersebut dikerahkan satu alat berat untuk melakukan galian perluasan saluran. "Target kita rampung September 2019, dan baru dikerjakan satu bulan ini masih berkelanjutan," terangnya.

Normalisasi Saluran Air Di Jalan Kartini Raya

Nanang menambahkan, jajarannya juga mengalami kendala dalam normalisasi saluran tersebut. "Adanya kabel utilitas, tiang listrik, dan jaringan pipa PAM," ungkapnya, seraya menyatakan, seluruh material dibuang ke PLTU Ancol Jakarta Utara.

[Baca Juga: Warga Tanjung Priok Manfaatkan Saluran Air untuk Budidaya Lele]

Normalisasi saluran yang berupa pengerjaan pengerukan sendimen adalah agenda rutin pemerintah kota. Mengetahui musim hujan akan tiba, dilakukan normalisasi saluran yang bertujuan untuk pengendalian banjir. Demi kenyamanan warga dan bebas dari banjir atau genangan air, tidak akan menghambat warga dalam melakukan aktivitas yang dapat menimbulkan kerugian baik waktu ataupun materi.

Diharapkan setelah pelebaran saluran air ini, Jalan Kartini yang kerap kali tergenang air di kala musim hujan, bisa lebih cepat surut dan tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas. Namun, untuk sementara pengerjaan normalisasi saluran ini memang menyebabkan lalu lintas terhambat. Karena baru 60 persen, warga yang melewati jalan ini sebaiknya mencari alternatif rute lain.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.