Nutrisi Apa Saja yang Dibutuhkan Tubuh Pastikan Semua Seimbang

Kesehatan

Nutrisi Apa Saja yang Dibutuhkan Tubuh? Pastikan Semua Seimbang!

Nutrisi memiliki peran yang penting untuk kesehatan tubuh. Bila nutrisi tidak tercukupi dengan baik, maka tubuh Anda pun akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Jangan anggap remeh masalah asupan nutrisi! Nutrisi apa saja yang dibutuhkan tubuh? Seperti dilansir laman webmd.com (01/11/2019), berikut macam-macam nutrisi yang perlu Anda ketahui.

[Baca Juga: Ini Dia Jenis-jenis Kacang untuk Diet Sehat]

1) Kalori

Ketika Anda makan lebih banyak kalori daripada yang Anda butuhkan, tubuh Anda menyimpan kalori ekstra sebagai lemak. Bahkan makanan rendah karbohidrat dan bebas lemak dapat memiliki banyak kalori yang dapat disimpan sebagai lemak.

2) Protein

Protein membantu memperbaiki dan memelihara tubuh Anda, termasuk otot. Anda bisa mendapatkan protein di semua jenis makanan. Sumber yang baik termasuk ikan, daging, unggas, telur, keju, serta kacang-kacangan.

Nutrisi Apa Saja yang Dibutuhkan Tubuh Pastikan Semua Seimbang

3) Lemak

Tubuh Anda membutuhkan lemak. Namun, jika banyak lemak di tubuh Anda bisa mengakibatkan kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

Ada beberapa jenis lemak yang Anda harus ketahui:

  • Lemak jenuh: ditemukan dalam keju, daging, produk susu tanpa lemak, mentega, dan minyak kelapa sawit. Anda harus membatasi ini. Bergantung pada apakah Anda memiliki kolesterol tinggi, penyakit jantung, diabetes, atau kondisi lain, ahli gizi atau dokter Anda dapat memberi tahu batasannya.
  • Lemak tak jenuh ganda: Ini termasuk asam lemak omega-3 (ditemukan dalam minyak kedelai, minyak kanola, kacang kenari, biji rami, dan ikan termasuk ikan salmon) dan asam lemak omega-6, seperti minyak kedelai

Lemak tak jenuh tunggal: Ini berasal dari sumber tanaman. Mereka ditemukan dalam kacang-kacangan, minyak sayur, minyak kanola, minyak zaitun, minyak bunga matahari, dan pada buah avokad.

  • Kolesterol: Jenis lemak lain yang ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan.
  • Lemak trans: Beberapa lemak trans secara alami terdapat dalam daging berlemak dan produk susu. Lemak trans ini tidak baik untuk kesehatan jantung, sebaiknya hindari. Lihat label nutrisi pada kemasan makanan untuk melihat berapa banyak lemak trans dalam suatu produk. Ketahuilah bahwa sesuatu yang mengatakan "0 g lemak trans" sebenarnya memiliki hingga setengah gram lemak trans di dalamnya.

Festival Pangan Gizi Seimbang di Kepulauan Seribu

4) Karbohidrat

Karbohidrat memberi bahan bakar tubuh Anda dalam bentuk glukosa, yang merupakan jenis gula. Orang dewasa harus mendapatkan sekitar 40 persen hingga 55 persen kalori mereka dari karbohidrat. Banyak mengonsumsi karbohidrat, terutama karbohidrat olahan mengakibatkan penyakit obesitas, pradiabetes, dan diabetes.

Contoh makanan yang memiliki karbohidrat kaya akan nutrisi, termasuk biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

5) Vitamin

Ada 13 vitamin esensial. Tubuh Anda dapat menyimpan vitamin A, D, E, dan K, dan itu bisa menjadi masalah jika Anda terlalu banyak menggunakannya. Vitamin C dan vitamin B tidak menumpuk di tubuh Anda, jadi Anda harus tetap mendapatkannya secara teratur dalam makanan.

6) Mineral

Anda membutuhkan lebih banyak mineral (seperti kalsium, kalium, dan zat besi) daripada yang lain.

[Baca Juga: 5 Nutrisi Penting untuk Kesehatan Paru-Paru]

Nutrisi tersebut bisa Anda penuhi di hampir semua makanan sehat. Jadi, jangan abaikan asupan makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi agar kesehatan fisik Anda tetap terjaga.

Read More

Artikel Lainnya

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari

Kesehatan

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari!

10 December 2019, 18:00

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori saat malam hari akan membuat berat badan naik. Ingin kurus? hindari jenis makanan ini jelang tidur!

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

Bisnis

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

10 December 2019, 17:00

Melihat antusiasme serta perkembangan bisnis peserta Avrist Warrior Woman, perusahaan Avrist menilai program CSR ini sukses.

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

Berita Kawasan

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

10 December 2019, 16:00

Dalam rangka menata trotoar di Jalan Raya Senen, Pemkot Jakarta Pusat relokasi para pedagang pakaian bekas.

Ular Sanca Besar Ditangkap Petugas Kelurahan Kebagusan

Berita Kawasan

Ular Sanca Besar Ditangkap Petugas Kelurahan Kebagusan

10 December 2019, 15:00

Warga Kelurahan Kebagusan baru-baru ini dikejutkan dengan kemunculan ular yang panjangnya lebih dari satu meter. Petugas pun sigap menangkapnya.


Comments


Please Login to leave a comment.