Obat Atasi Cytokine Storm, Salah Satu Penyebab Kematian pada COVID-19

Kesehatan

Obat Atasi Cytokine Storm, Salah Satu Penyebab Kematian pada COVID-19

Wabah COVID-19 belum mereda, di Indonesia justru angka kasus positif semakin hari bertambah drastis dan dipercaya belum mencapai puncaknya. Walau banyak pasien yang berhasil sembuh, tapi per 28 Maret 2020 sudah ada 102 orang meninggal akibat virus SARS-CoV-2 asal Wuhan ini. Angka kematian menurt data internasional pun belum pasti karena terus bertambah. Jika diperkiraan, angka kematian akibat COVID-19 sekitar satu persen atau 10 kali mematikan dibanding flu musiman.

Tingginya angka kematian ini, berdasarkan penelitian yang dilakukan di China, banyak pasien yang meninggal karena sistem kekebalan tubuh mereka, bukan karena COVID-19 itu sendiri, hal ini diakibatkan sebuah kondisi yang disebut cytokine storm.

Obat Atasi Cytokine Storm, Salah Satu Penyebab Kematian pada COVID-19

Itu merupakan sebuah reaksi tubuh yang berlebihan dalam memproduksi sel-sel kekebalan serta protein sitokin yang bisa menghancurkan fungsi organ lain. Secara kebetulan, gejala cytokine storm serupa dengan COVID-19, yaitu sendi dan otot, mual, muntah, diare, pernafasan cepat, detak jantung cepat, tekanan darah rendah, kejang, sakit kepala, dan lain sebagainya.

Dilansir dari vox.com (27/3/2020), petugas medis harus sigap untuk mengetahui cytokine storm yang dialami pasien untuk segera mengobatinya. Kesigapan dari tim medis ini disebutkan dapat membantu mengurangi jumlah kematian.

[Baca Juga: Cytokine Storm: Reaksi Imun Ini Sebabkan Kematian pada COVID-19?]

Di China, pasien COVID-19 yang terindikasi cytokine storm diberikan obat anti-radang Actemra (tocilizumab). Berdasarkan kutipan dari oregonlive.com, obat ini disebut memiliki rasio 90 persen untuk mengobati pasien COVID-19 dengan cytokine storm. Di Amerika, obat asal Swiss ini biasa digunakan untuk gangguan sendi. Tocilizumab membantu menurunkan kadar protein interleukin- 1 (IL-1), IL-6, IL-18 dan interferon gamma.

Penelitian mengenai Actemra masih berjalan hingga kini, terdapat 188 pasien yang telah diuji coba dan dipantau hingga 10 Mei mendatang. Sejauh ini, hasil Actemra yang diberikan pada pasien Covid-19 menunjukan hasil yang baik. Pasien cepat pulih dan semua gejalanya membaik. Bahkan 15 dari 20 pasien dapat menurunkan kadar asupan oksigen.

[Baca Juga: Avigan, Obat yang Disebut Ampuh Menangani Pasien COVID-19]

Obat yang digunakan untuk mengatasi cytokine storm ini berfungsi untuk mengatasi peradangan, termasuk protein sitokin itu sendiri. Obat ini juga tak memiliki efek membuat imun menjadi kebal karena terdapat pengaruh dari kortikosteroid. Obat ini dinilai mampu mengatasi masalah cytokine storm dengan sukses, sembari menunggul anti-viral untuk COVID-19 rampung dibuat.

Namun sejauh ini, belum ada pernyataan resmi terkait Actemra. Namun WHO (World Health Organization) mengumumkan untuk terus melakukan uji coba global dan mencari tahu obat-obatan yang tersedia, mana yang paling tepat untuk mengatasi COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Astralife Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahny a.jpg

Bisnis

Astra Life Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahnya

19 August 2022, 15:55

Dalam upaya mendorong proses digitalisasi untuk mempermudah para nasabah serta calon nasabahnya, Astra Life secara resmi meluncurkan aplikasi MyAstraLife.

Tablet Mini Mumpuni dengan Harga Terjangkau, realme Pad Mini Resmi Diluncurkan.jpg

Bisnis

Peluncuran realme Pad Mini, Tablet Mumpuni dengan Harga Terjangkau

19 August 2022, 13:53

Dengan harga yang masih di kisaran Rp2 jutaan, realme Indonesia menghadirkan produk tablet mini dengan jeroan yang mumpuni.

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies.jpg

Properti dan Solusi

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies

19 August 2022, 11:51

Dalam rangka memberikan akses pemukiman berkualitas dengan biaya terjangkau untuk warganya, Anies Baswedan meresmikan ribuan Rusunawa dalam program JAKHABITAT.

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.


Comments


Please Login to leave a comment.