Oblok Nila, Kuliner Khas Betawi yang Popularitasnya Tergerus Zaman.jpg

Kuliner

Oblok Nila, Kuliner Khas Betawi yang Popularitasnya Tergerus Zaman

Budaya Betawi sebenarnya memiliki banyak sajian kuliner tradisional yang menggugah selera tapi terbilang tidak sepopuler soto betawi, kerak telor, atau bahkan semur jengkol. Sebut saja oblok nila, apakah Anda pernah mendengar nama kuliner ini? Percaya atau tidak, tampaknya oblok nila merupakan salah satu kuliner khas Betawi yang tergerus oleh zaman sehingga tidak sepopuler makanan-makanan modern yang dijajakan di berbagai restoran dan kafe. Namun salah seorang warga di Cakung tetap berupaya menjaga eksistensi dari kuliner ini dengan tanpa lelah membuatnya setiap hari dan menjualnya warung makannya.

Oblok nila pada dasarya merupakan makanan khas Betawi yang memiliki kuah dengan kombinasi rasa pedas serta gurih dan rasa segar dari asam. Nama ‘nila” di kuliner ini tak terlepas dari daging yang digunakan di masakan tersebut, yaitu daging bebek nila alias entog. Bila dilihat sekilas, kuliner ini dari segi rupanya mirip dengan gulai tapi tentu saja cita rasanya berbeda. Dengan salah satu orang yang masih terus mempertahankan agar kuliner ini tak punah atau dilupakan adalah H.Bahrun.

Oblok Nila, Kuliner Khas Betawi yang Popularitasnya Tergerus Za man.jpg

Warung Makan Betawi milik H.Bahrun yang ia hadirkan di wilayah Kelurahan Cakung Barat, Jakarta Timur itu sudah berdiri sejak Tahun 1999. Di mana, ia menyajikan berbagai makanan khas Betawi bagi para pelanggan setianya seperti nasi uduk, soto betawi, bekasem, sampai gabus pucung. Namun bila membahas mengenai menu favorit bagi warga sekitar, maka oblok nila masuk ke dalam daftarnya.

Oblok nila yang dijajakan di Warung Makan Betawi H.Bahrun ini dikenal dengan daging bebek yang empuk serta kuah gurih dan pedas. Tentu saja proses menghadirkan tekstur yang empuk ini membutuhkan waktu yang terbilang lama, namun hal ini dilakukan Bahrun demi memastikan kualitas oblok nilanya sesuai dengan harapan konsumen setianya. Apalagi ia mematok per porsi kuliner khas Betawi ini dengan harga yang terjangkau, yaitu Rp7.000-Rp12.000 saja.

[Baca Juga: Lestarikan Oblok Bebek, Pemkot Jakarta Utara Gelar Festival Kuliner]

“Alhamdulillah, 23 tahun sudah jalani usaha ini. Kita harapkan kearifan budaya lokal melalui kuliner Oblok Betawi ini terus dapat dikembangkan, sehingga tidak punah,” ungkap Bahrun, sebagaimana dikutip dari Timur.Jakarta.go.id (13/1/2022).

Dari sisi warga hingga Lurah Cakung Barat semuanya sudah sangat mengenal dengan sajian oblok nila milik Bahrun. Bahkan saking populernya, ada warga yang mengklaim bagi Anda yang penasaran dengan kuliner khas Betawi ini untuk datang pada pukul 11.00 WIB, tepat ketika warung makannya buka. Karena oblok nila di sini disebut kerap habis usai waktunya salat Dzuhur.


Read More

Warung Betawi H. Ibeh

Restoran Betawi

+622122500568
None

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.