OC Formula E Jakarta Sukses Ujicoba Bongkar Pasang Aspal di Monas

Berita Kawasan

OC Formula E Jakarta Sukses Uji Coba Bongkar Pasang Aspal di Monas

Seri balapan formula E yang akan digelar di Monas akan segera bergulir. Meskipun penolakan atas acara ini terus diutarakan warga Jakarta di media sosial, berbagai pihak terkait terus melakukan persiapan demi suksesnya ajang balap tersebut. Penolakan warga terkait dana antisipasi banjir yang dikurangi demi pelaksanaan acara tersebut.

Organizing Committee (OC) selaku panitia pelaksana Formula E melakukan pengelupasan aspal uji coba sirkuit Formula E Jakarta di Monas pada Selasa, 25 Februari 2020 dini hari. Deputi Bidang Teknis OC Formula E Jakarta, Wisnu Wardhana mengatakan uji coba pengelupasan aspal berhasil dilakukan di cobblestone seluas 60 meter persegidengan didampingi ahli dari Lembaga Afiliasi Penelitian Indonesia - Institut Teknologi Bandung (LAPI ITB).

[Baca Juga: Ini Alasan Mantan Pembalap F1 Memilih Berkarir di Formula E]

Ada beberapa tahap untuk melakukan pengelupasan aspal. Pertama, aspal dikelupas atau dibongkar menggunakan cold milling machine, sejenis traktor yang berguna untuk "menggaruk" aspal hingga ketebalan tertentu.

Itu dilakukan untuk melihat seberapa mudah aspal dikelupas dan bagaimana efeknya terhadap cobblestone. Kemudian masuk ke tahap akhir, yakni membersihkan area di atas hamparan batu alam atau cobblestone yang sebelumnya terlapisi aspal.

Namun sebelum melakukan pengelupasan kata Wisnu, pihaknya terlebih dahulu melakukan uji geser dengan menggunakan dump truck di atas aspal. Tujuannya untuk melihat seberapa kuat aspal yang sudah melekat di cobblestone itu terhadap gesekan.

OC Formula E Jakarta Sukses Ujicoba Bongkar Pasang Aspal di Monas

"Secara umum, hasil uji coba pengaspalan memuaskan. Adapun keputusan akhir apakah geotextile (lembaran tipis) atau sandsheet (hamparan pasir) yang dipilih untuk pengaspalan laga Formula E, belum dapat dipastikan hari ini. Kami perlu waktu untuk rapat berikutnya," ujar Wisnu dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (26/2/2020).

Pelapisan cobblestone dengan aspal sendiri nantinya akan dilakukan dengan dua material pelapis berbeda. Material pertama adalah hamparan pasir (sandsheet) (10m x 4m) dan material kedua geotekstil (5m x 4m).

Di atas kedua lapisan itu dihampar aspal kasar (binder) tanpa melapisinya dengan aspal halus. Nantinya aspal halus baru digunakan pada pengaspalan untuk kebutuhan sirkuit pada waktunya.

[Baca Juga: Pensiun Jadi Pembalap Motor, M. Fadli Kini Jadi Atlet Pesepeda]

Hasil memuaskan dari uji coba pengaspalan cobblestone ini kata Wisnu, akan menjadi salah satu materi yang disampaikan pada rapat antara PT Jakarta Propertindo (Perseroda) sebagai penerima penugasan penyelenggaraan Formula E Jakarta dengan Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta.

Sebagaimana di kawasan Monas, sirkuit Formula E di Paris juga terbuat dari cobblestone yang dilapisi aspal agar mudah dibongkar-pasang. Menurut Wisnu, "bongkar-pasang" aspal sirkuit di atas cobblestone sudah lumrah dilakukan di setiap penyelenggaraan Formula E.

"Pelapisan lalu kemudian dikelupas dilakukan Paris, di Roma, ini dilakukan setiap tahun. Di Paris, sirkuit Formula E mengitari situs Les Invalides yang umurnya 350 tahun. Maka setiap selesai gelar Formula E, aspalnya dikelupas dan kembali seperti sedia kala," tambah Wisnu.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 11 months lalu
    rine

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di QQharian,club <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>