OC Formula E Jakarta Sukses Ujicoba Bongkar Pasang Aspal di Monas

Berita Kawasan

OC Formula E Jakarta Sukses Uji Coba Bongkar Pasang Aspal di Monas

Seri balapan formula E yang akan digelar di Monas akan segera bergulir. Meskipun penolakan atas acara ini terus diutarakan warga Jakarta di media sosial, berbagai pihak terkait terus melakukan persiapan demi suksesnya ajang balap tersebut. Penolakan warga terkait dana antisipasi banjir yang dikurangi demi pelaksanaan acara tersebut.

Organizing Committee (OC) selaku panitia pelaksana Formula E melakukan pengelupasan aspal uji coba sirkuit Formula E Jakarta di Monas pada Selasa, 25 Februari 2020 dini hari. Deputi Bidang Teknis OC Formula E Jakarta, Wisnu Wardhana mengatakan uji coba pengelupasan aspal berhasil dilakukan di cobblestone seluas 60 meter persegidengan didampingi ahli dari Lembaga Afiliasi Penelitian Indonesia - Institut Teknologi Bandung (LAPI ITB).

[Baca Juga: Ini Alasan Mantan Pembalap F1 Memilih Berkarir di Formula E]

Ada beberapa tahap untuk melakukan pengelupasan aspal. Pertama, aspal dikelupas atau dibongkar menggunakan cold milling machine, sejenis traktor yang berguna untuk "menggaruk" aspal hingga ketebalan tertentu.

Itu dilakukan untuk melihat seberapa mudah aspal dikelupas dan bagaimana efeknya terhadap cobblestone. Kemudian masuk ke tahap akhir, yakni membersihkan area di atas hamparan batu alam atau cobblestone yang sebelumnya terlapisi aspal.

Namun sebelum melakukan pengelupasan kata Wisnu, pihaknya terlebih dahulu melakukan uji geser dengan menggunakan dump truck di atas aspal. Tujuannya untuk melihat seberapa kuat aspal yang sudah melekat di cobblestone itu terhadap gesekan.

OC Formula E Jakarta Sukses Ujicoba Bongkar Pasang Aspal di Monas

"Secara umum, hasil uji coba pengaspalan memuaskan. Adapun keputusan akhir apakah geotextile (lembaran tipis) atau sandsheet (hamparan pasir) yang dipilih untuk pengaspalan laga Formula E, belum dapat dipastikan hari ini. Kami perlu waktu untuk rapat berikutnya," ujar Wisnu dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (26/2/2020).

Pelapisan cobblestone dengan aspal sendiri nantinya akan dilakukan dengan dua material pelapis berbeda. Material pertama adalah hamparan pasir (sandsheet) (10m x 4m) dan material kedua geotekstil (5m x 4m).

Di atas kedua lapisan itu dihampar aspal kasar (binder) tanpa melapisinya dengan aspal halus. Nantinya aspal halus baru digunakan pada pengaspalan untuk kebutuhan sirkuit pada waktunya.

[Baca Juga: Pensiun Jadi Pembalap Motor, M. Fadli Kini Jadi Atlet Pesepeda]

Hasil memuaskan dari uji coba pengaspalan cobblestone ini kata Wisnu, akan menjadi salah satu materi yang disampaikan pada rapat antara PT Jakarta Propertindo (Perseroda) sebagai penerima penugasan penyelenggaraan Formula E Jakarta dengan Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta.

Sebagaimana di kawasan Monas, sirkuit Formula E di Paris juga terbuat dari cobblestone yang dilapisi aspal agar mudah dibongkar-pasang. Menurut Wisnu, "bongkar-pasang" aspal sirkuit di atas cobblestone sudah lumrah dilakukan di setiap penyelenggaraan Formula E.

"Pelapisan lalu kemudian dikelupas dilakukan Paris, di Roma, ini dilakukan setiap tahun. Di Paris, sirkuit Formula E mengitari situs Les Invalides yang umurnya 350 tahun. Maka setiap selesai gelar Formula E, aspalnya dikelupas dan kembali seperti sedia kala," tambah Wisnu.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 7 months lalu
    rine

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di QQharian,club <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>