Ojol di Kota Bandung Boleh Angkut Penumpang Lagi. Ada Syaratnya

Berita Kawasan

Ojol di Kota Bandung Boleh Angkut Penumpang Lagi. Ada Syaratnya?

Setelah sempat dilarang mengangkut penumpang akibat adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kini para pengemudi ojek online atau ojol yang berada kawasan Bandung, Jawa Barat bisa bernafas lega.

Pasalnya, lewat Peraturan Kementerian Perhubungan (Permenhub) nomor 41 tahun 2020 yang diterbitkan pada Senin, 8 Juni 2020 lalu, Dinas Perhubungan Kota Bandung memberikan izin kepada ojol untuk kembali dapat mengangkut para penumpang.

[Baca Juga: Wali Kota Bandung Belum Izinkan Mal Beroperasi]

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Ricky Gustiadi mengatakan, meski telah diperbolehkan untuk mengangkut penumpang, namun para pengemudi ojol ini tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya dengan cara penggunaan masker dan juga selalu membawa hand sanitizer.

Tidak hanya itu, pengemudi ojol juga diwajibkan melakukan disinfeksi kendaraan sebelum dan sesudah digunakan. Apabila melanggar ketentuan kata Ricky, maka bisa dikenakan peringatan tertulis, denda, pembekuan dan pencabutan izin beroperasi.

Belum Boleh Mengangkut Penumpang Umum

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna menegaskan, penumpang yang boleh diangkut para pengemudi ojol di Kota Bandung bukanlah penumpang umum melainkan penumpang yang berkaitan dengan penanggulangan COVID-19. Seperti misalnya orang yang sedang dalam keadaan sakit tapi tidak memiliki alat transportasi.

Ojol di Kota Bandung Boleh Angkut Penumpang Lagi. Ada Syaratnya

Hal tersebut kata Ema mengacu pada Peraturan Walikota (Perwal) nomor 21 tahun 2020, pasal 21 ayat 4 dan 5. Ema menjelaskan bahwa perwal tersebut tidak masuk dalam revisi atau perubahan ke dalam Perwal 32 tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas Perwal nomor 21 tentang pelaksanaan PSBB di Kota Bandung.

Dalam pasal 21 ayat 4 tertulis bahwa angkutan roda dua berbasis aplikasi dibatasi penggunaannya hanya untuk pengangkutan barang, dengan tetap menggunakan helm pribadi, masker, sarung tangan serta tidak berkendara jika sedang mengalami gejala suhu tubuh di atas normal, batuk, pilek, diare dan sesak nafas.

Sementara pada pasal 5, dari ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat 4, angkutan sepeda motor berbasis aplikasi dapat digunakan untuk mengangkut penumpang dengan ketentuan hanya diperuntukkan bagi kegiatan yang berkaitan dengan penanggulangan penyebaran COVID-19 dan diperuntukkan bagi kondisi gawat darurat kesehatan.

[Baca Juga: Antisipasi COVID 19, Armada Ojol Di Solo Dilengkapi Alat Proteksi]

Meski begitu kata Ema, pihaknya akan segera melakukan rapat dengan pihak terkait untuk menyesuaikan aturan terkait ojol di Kota Bandung.

"Di kita (Perwal) untuk (penumpang) yang umum itu belum. Tapi, kalau sekarang hadir Permenhub, ya tentunya akan kita sesuaikanlah, setelah rapat di hari Jumat (12 Juni 2020)," katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 7 months lalu
    emma

    Kecewa dengan agen betting yang pernah anda jumpai tidak sesuai expetasi, langsung bergabung bersama GAJITOTO saja yang pastinya tidak akan mengecewakan anda, dan berani memberikan banyak pilihan bonus sesuai yang anda inginkan, buktikan sekarang juga Di <a href="http://gajitoto.net/" title="Gajitoto" rel="nofollow">Gajitoto</a>

  • Anisa 2 years, 7 months lalu
    anisa

    Bahaya untuk keluar rumah,agar mencegah #covid19 lebih baik #DIRUMAHAJA dengan bermain slot online di situs QQHARIAN (bisa cari atau search di google) ya guys. Yang dimana menyediakan Berbagai Bonus baik new member maupun member setia kami. Yang jauh mendekat,Yang dekat merapat. tunggu apa lagi ? segera rapatkan barisan di QQHARIAN serta ambil bonusnya sekarang juga gaess…