Ombudsman Buka Posko Aduan Daring untuk Warga Terdampak COVID-19

Berita Kawasan

Ombudsman Buka Posko Aduan Daring untuk Warga Terdampak COVID-19

Berbagai program dibuat oleh pemerintah untuk mengatasi pandemi COVID-19. Program yang dibuat pemerintah tersebut melibatkan anggaran pendapatan dan belanja negara atau daerah.

Oleh Karena itu, dalam pelaksanaannya tentu diperlukan pengawasan. Guna melakukan pengawasan secara intensif, terpadu dan fokus, Ombudsman Republik Indonesia membuka Posko Pengaduan Daring bagi masyarakat yang terdampak COVID-19.

[Baca Juga: Disnakertrans DKI Buka Aduan Pekerja Terdampak Covid-19 Tahap II]

Ketua Ombudsman Prof. Amzulian Rifai mengatakan, pengaduan daring dapat diakses seluruh masyarakat. Nantinya hasil pengaduan akan ditindaklanjuti oleh Ombudsman di Pusat dan 34 kantor perwakilan Ombudsman yang tersebar di seluruh provinsi.

“Dengan adanya saluran pengaduan ini diharapkan masyarakat dapat dengan mudah melaporkan jika diduga terjadi maladministrasi dalam pelaksanaan kebijakan penanganan bencana nasional COVID-19 bagi masyarakat terdampak,” katanya, sebagaimana siaran pers yang diterima PingPoint (29/4/2020).

Lebih lanjut Amzulian menjelaskan, jenis layanan yang tersedia pada Posko Pengaduan Daring COVID-19 Ombudsman meliputi layanan bantuan Jaring Pengaman Sosial, Layanan Kesehatan, Layanan Lembaga Keuangan, Layanan Transportasi, dan Layanan Keamanan. Kemudian untuk layanan bantuan Jaring Pengaman Sosial mencakup Program Keluarga Harapan, Program Kartu Sembako, Program Kartu PraKerja, dan tarif listrik.

Ombudsman Buka Posko Aduan Daring untuk Warga Terdampak COVID-19 Kartu Prakerja

Masyarakat juga bisa mengadukan masalah layanan lembaga keuangan terhadap nasabah/konsumen, seperti terkait kebijakan pemerintah untuk memberi kelonggaran pembayaran kewajiban selama masa darurat COVID-19. Selain itu, ada pula layanan transportasi bagi masyarakat yang terdampak PSBB.

“Di bidang keamanan, Ombudsman juga mengawasi layanan publik di Kepolisian dan Imigrasi bagi masyarakat yang terdampak, khususnya oleh kebijakan PSBB dan kebijakan larangan mudik,” imbuhnya.

Amzulian menambahkan, dengan adanya posko ini Ombudsman dapat memiliki data yang spesifik dan terpadu perihal keluhan publik yang terdampak COVID-19. Masyarakat bisa mengadukan ke tautan bit.ly/covid19ombudsman atau WhatsApp. Ada 35 nomor WA di Ombudsman Pusat dan Perwakilan setiap provinsi.

Pengaduan yang diterima melalui kanal tersebut akan langsung dikoordinasikan dengan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah terkait. Kemudian Ombudsman akan memonitor bersama pimpinan instansi terkait.


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.