Ombudsman Buka Posko Aduan Daring untuk Warga Terdampak COVID-19

Berita Kawasan

Ombudsman Buka Posko Aduan Daring untuk Warga Terdampak COVID-19

Berbagai program dibuat oleh pemerintah untuk mengatasi pandemi COVID-19. Program yang dibuat pemerintah tersebut melibatkan anggaran pendapatan dan belanja negara atau daerah.

Oleh Karena itu, dalam pelaksanaannya tentu diperlukan pengawasan. Guna melakukan pengawasan secara intensif, terpadu dan fokus, Ombudsman Republik Indonesia membuka Posko Pengaduan Daring bagi masyarakat yang terdampak COVID-19.

[Baca Juga: Disnakertrans DKI Buka Aduan Pekerja Terdampak Covid-19 Tahap II]

Ketua Ombudsman Prof. Amzulian Rifai mengatakan, pengaduan daring dapat diakses seluruh masyarakat. Nantinya hasil pengaduan akan ditindaklanjuti oleh Ombudsman di Pusat dan 34 kantor perwakilan Ombudsman yang tersebar di seluruh provinsi.

“Dengan adanya saluran pengaduan ini diharapkan masyarakat dapat dengan mudah melaporkan jika diduga terjadi maladministrasi dalam pelaksanaan kebijakan penanganan bencana nasional COVID-19 bagi masyarakat terdampak,” katanya, sebagaimana siaran pers yang diterima PingPoint (29/4/2020).

Lebih lanjut Amzulian menjelaskan, jenis layanan yang tersedia pada Posko Pengaduan Daring COVID-19 Ombudsman meliputi layanan bantuan Jaring Pengaman Sosial, Layanan Kesehatan, Layanan Lembaga Keuangan, Layanan Transportasi, dan Layanan Keamanan. Kemudian untuk layanan bantuan Jaring Pengaman Sosial mencakup Program Keluarga Harapan, Program Kartu Sembako, Program Kartu PraKerja, dan tarif listrik.

Ombudsman Buka Posko Aduan Daring untuk Warga Terdampak COVID-19 Kartu Prakerja

Masyarakat juga bisa mengadukan masalah layanan lembaga keuangan terhadap nasabah/konsumen, seperti terkait kebijakan pemerintah untuk memberi kelonggaran pembayaran kewajiban selama masa darurat COVID-19. Selain itu, ada pula layanan transportasi bagi masyarakat yang terdampak PSBB.

“Di bidang keamanan, Ombudsman juga mengawasi layanan publik di Kepolisian dan Imigrasi bagi masyarakat yang terdampak, khususnya oleh kebijakan PSBB dan kebijakan larangan mudik,” imbuhnya.

Amzulian menambahkan, dengan adanya posko ini Ombudsman dapat memiliki data yang spesifik dan terpadu perihal keluhan publik yang terdampak COVID-19. Masyarakat bisa mengadukan ke tautan bit.ly/covid19ombudsman atau WhatsApp. Ada 35 nomor WA di Ombudsman Pusat dan Perwakilan setiap provinsi.

Pengaduan yang diterima melalui kanal tersebut akan langsung dikoordinasikan dengan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah terkait. Kemudian Ombudsman akan memonitor bersama pimpinan instansi terkait.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.