Ombudsman Maladministrasi Dominasi Laporan Masyarakat Pada 2019

Berita Kawasan

Ombudsman: Maladministrasi Dominasi Laporan Masyarakat Pada 2019

Laporan Tahunan 2019 Ombudsman RI menunjukkan maladministrasi menjadi masalah yang paling banyak diadukan masyarakat. Anggota Ombudsman Ahmad Alamsyah Saragih mengatakan bentuk penundaan berlarut menjadi jenis aduan maladministrasi yang banyak diadukan masyarakat pada tahun 2019. Jumlah aduan mencapai 33,62 persen atau sebanyak 1.837 pengaduan.

“Diikuti penyimpangan prosedur 28,97 persen atau 1.583 laporan, dan tidak memberikan layanan 17,7 persen atau 967 pengaduan,” kata Alamsyah, dilansir dari siaran pers yang diterima PingPoint.co.id (3/3/2020).

Adapun substansi laporan yang paling banyak diadukan yakni bidang agraria/pertanahan dengan jumlah aduan mencapai 865. Disusul dengan bidang kepegawaian sebanyak 749 pengaduan dan bidang pendidikan sebanyak 558 pengaduan. Kemudian diikuti dengan bidang kepolisian sebanyak 551, administrasi kependudukan sebanyak 249 dan ketenagakerjaan 184 pengaduan.

Ombudsman Maladministrasi Dominasi Laporan Masyarakat Pada 2019

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa terjadi penurunan jumlah laporan/pengaduan masyarakat pada tahun 2019. Hal ini disebabkan berkurangnya jumlah investigasi pasca disahkan Peraturan Ombudsman Nomor 38 Tahun 2019.

“Selain itu juga efektivitas kinerja bagian penerimaan dan verifikasi laporan dalam menyaring keluhan masyarakat yang bukan merupakan kewenangan Ombudsman sebelum registrasi,” jelasnya.

[Baca Juga: Siaran Tangsel, Aplikasi Online Pengaduan Masyarakat]

Sebelumnya, Ombudsman mencatat sejak tahun 2017 mulai terjadi penurunan jumlah pengaduan masyarakat. Pada tahun 2017 jumlah pengaduan yang ditangani Ombudsman menjadi 8.886. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan tahun 2016 jumlahnya mencapai 9.078. Kemudian mengalami penurunan kembali di tahun 2018 sebanyak 8413 dan di tahun 2019 menjadi 7.903 pengaduan.

Sementara itu untuk sebaran laporan masyarakat sepanjang 2019 terbanyak ada di Ombudsman Pusat yakni 1.723. Disusul dengan Perwakilan Jakarta Raya sebanyak 551 dan Sulawesi Utara sebanyak 512 pengaduan.

[Baca Juga: Ini Lokasi 6 Pos Pengaduan KDRT di RPTRA Jakarta Barat]

Untuk diketahui, Ombudsman pada hari ini (3/3/2020) meluncurkan Laporan Tahunan 2019. Ketua Ombudsman RI, Prof. Amzulian Rifai mengatakan bahwa peluncuran laporan tahunan ini sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban kinerja Ombudsman. Sekaligus juga bentuk sarana publikasi kepada masyarakat.

Adapun salah satu hal yang utama ingin disampaikan kepada masyarakat yakni Survei Kepatuhan terhadap Undang-Undang tentang Pelayanan Publik Nomor 25 Tahun 2019 yang telah dirintis Ombudsman mulai tahun 2013. “Di tahun 2020 ini survei akan menjangkau seluruh populasi Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia,” ujarnya.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.