Ondel-ondel Laris Dipesan Jelang HUT DKI Jakarta

Berita Kawasan

Ondel-ondel Laris Dipesan Jelang HUT DKI Jakarta

Perajin ondel-ondel mendapat berkah menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-492 DKI Jakarta. Hal itu karena ondel-ondel mulai banyak dipesan saat mendekati tanggal 22 Juni. Salah satu perajin yang merasakan peningkatan pesanan ondel-ondel adalah Pembina sekaligus perajin ondel-ondel Mul, yang ada di Kampung Ondel-ondel.

Sekadar informasi, Kampung Ondel-ondel ini berada kawasan Senen, tepatnya di Jalan Kembang Pacar RT 10/3, Keluarahan Kramat, Jakarta Pusat. Jika berada di kampung ini, maka ondel-ondel mulai dari kerangka atau yang utuh, berukuran mini hingga raksasa bisa ditemui di sepanjang jalan.

Mul mengaku, ondel-ondel yang menjadi ikon Jakarta ini mulai banyak dipesan dan peningkatan pesanan ondel-ondel ini memang sudah menjadi rutinitas ketika mendekati peringatan HUT Jakarta. "Sudah menjadi rutinitas, jelang HUT Jakarta permintaan meningkat drastis. Saat ini saya sudah ada pesanan delapan pasang Ondel-ondel berukuran 2,5 meter," ujarnya sebagaimana dilansir beritajakarta.id (10/5/2019).

[Baca Juga: Ondel-ondel, Pertujukan Sakral Betawi yang Jadi Pengamen Jalanan]

Sepasang ondel-ondel berukuran 2,5 meter biasa dijual dengan harga Rp5juta sebagaimana dijelaskan Mul. Hal tersebut karena pembuatan ondel-ondelnya memiliki biaya produksi yang tidak sedikit. Terlebih, dia menggunakan bahan-bahan yang berkualitas untuk membuat sepasang ondel-ondel.

"Saya menggunakan bahan-bahan berkualitas, untuk sepasang Ondel-ondel modalnya saja bisa mencapai sekitar Rp4 juta," jelasnya.

Selain perajin dari Kampung Ondel-ondel, peningkatan pesanan ondel-ondel juga dialami salah seorang perajin dari sanggar Irama Betawi Muhammad Waldi. Dia mengaku, saat ini pemesanan ondle-ondel cukup tinggi karena adanya perhatian lebih dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di bidang kesenian dan kebudayaan Betawi.

[Baca Juga: Pelajar Sekolah Luar Biasa Unjuk Bakat di Pencanangan HUT Ke-492 DKI]

Dia juga mengutarakan, pesanan ondel-ondel untuk pajangan dipesan hampir setiap tiga bulan sekali, sehingga dia merasa bersyukur. "Saya bersyukur, hampir setiap tiga bulan sekali pesanan ondel-ondel untuk pajangan tidak pernah putus meski hanya satu pasang," tuturnya.

Dia menambahkan, dia bersama komunitas pemuda di Kampung Ondel-ondel juga terus melakukan inovasi dan terobosan untuk melestarikan dan lebih mengembangkan ondel-ondel. Salah satu inovasinya adalah dengan membuat ondel-ondel mini dengan memanfaatkan botol air mineral. Dan ondel-ondel mini yang dihasilkan seperti yang biasa dijual sebagai suvenir.

Read More

Artikel Lainnya

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.

Sebelum Pamit Fokus Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini .jpg

Berita Kawasan

Sebelum Pamit untuk Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini

25 September 2020, 12:21

Sebelum memasuki masa cuti untuk kampanye persiapan Pilkada Medan 2020, Akhyar sempat menitipkan pesannya kepada elemen Pemko Medan.


Comments


Please Login to leave a comment.