Operasi Biduk di Cipete Berhasil Datangkan 880 Warga

Berita Kawasan

Operasi Biduk di Cipete Berhasil Datangkan 880 Warga

Pasca-lebaran 2019, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menetapman untuk tidak menggelar operasi yustisi. Walaupun begitu, bukan berarti Pemprov tidak melakukan pendataan terhadap pendaftar. Pemprov DKI akan mendata para pendatang baru di ibu kota dengan operasi baru yang dinamakan Bina Kependudukan (Biduk).

Kedua operasi ini memang serupa, namun tak sama. Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Dhany Sukma menyebutkan, tujuan operasi Biduk adalah pendataan pendatang yang sebenarnya hampir sama dengan operasi yustisi. Bedanya, operasi Biduk dilakukan langsung di rumah atau tempat tinggal pendatang.

[Baca Juga: Warga Sambut Baik Sistem Jemput Bola Administrasi Kependudukan]

Operasi Biduk juga bisa dilakukan oleh Ketua RT/RW setempat. Setelah didata, Pemprov akan memberikan surat yang diperlukan untuk para pendatang. Operasi ini memang memprioritaskan warga non-permanen yang datang ke Jakarta. Tapi tidak menutup kemungkinan warga Jakarta yang butuh dokumen kependudukan juga bisa memanfaatkan layanan bina kependudukan ini.

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (5/7/2019) sebanyak 880 warga Kelurahan Cipete Utara, telah memanfaatkan layanan Biduk, yang digelar Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jakarta Selatan (Sudin Dukcapil Jaksel) sejak 3-4 Juli 2019 di SDN Cipete Utara 05, Kelurahan Cipete Utara, Kecamatan Kebayoran Baru.

[Baca Juga: Dukcapil Jakarta Terus Lakukan Optimalisasi Tertib Administrasi Kependudukan]

Kepala Suku Dinas Dukcapil Jakarta Selatan Abdul Haris mengatakan, 80 petugas dikerahkan untuk mendukung kegiatan layanan Biduk. Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 08.00 – 14.00 WIB. Layanan Biduk yang diselenggarakan ini melayani pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS), dan Perekaman KTP untuk difabel. “Alhamdulillah pelayanan biduk yang dilaksanakan selama dua hari ini lancar. Semua warga merasa terbantukan,” ujar Haris.

Ia melanjutkan, dari 880 warga yang datang, 310 di antaranya mengurus permohonan SKDS, 325 KIA dengan rincian 21 kartu untuk di distribusikan, dan 304 lainnya baru melakukan permohonan pembuatan. Selain itu ada juga, 234 permohonan Akta Kelahiran, satu akta kematian, tujuh warga membuat perekaman KTP, dan tiga warga difabel lakukan perekaman KTP. "Semua permohonan dari warga sudah dilaksanakan dengan baik, putaran ketiga nanti akan kita laksanakan lagi (biduk). Untuk tanggalnya menunggu konfirmasi," pungkas Hari.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.