Operasi Pasar Murah di 4 Kecamatan Kabupaten Bekasi

Bisnis

Operasi Pasar Murah di 4 Kecamatan Kabupaten Bekasi

Bukan hal yang baru jika saat bulan Ramadan harga bahan pokok melonjak naik. Fenomena ini kerap kali terjadi dan selalu jadi persoalan yang diperhatikan pemerintah, mengingat bulan Ramadan sangat dekat dengan Lebaran. Di mana pada hari besar ini, kebutuhan bahan pokok sangat dibutuhkan. Untuk menangani lonjakan harga, pemerintah dan beberapa instansi swasta aktif mengadakan operasi pasar.

Kegiatan ini efektif dilakukan untuk menstabilkan harga dan stok pasar. Langkah ini, juga dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Perdagangan. Pemkab menggelar operasi pasar murah pada 13 Mei 2019 di empat kecamatan, yakni Tambun Utara, Babelan, Tambelang, dan Setu. Acara peresmian operasi pasar ini dihadiri Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat Mochamad Arifin, Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat N Syahril, dan Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi Abdurrofiq.

[Baca Juga: Kunjungi Bazar Sembako Murah Ramadan di Balai Kota Bogor]

Melansir humas.bekasikab.go.id (14/5/2019), kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu rumah tangga tidak mampu untuk mendapatkan kebutuhan pangan pokok dengan harga terjangkau saat bulan Ramadan. Operasi pasar di empat kecamatan ini rencananya akan dilaksanakan serentak selama satu hari.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi Abdurrofiq mengatakan, operasi pasar kali ini disediakan 10 ribu paket untuk empat kecamatan. Abdurrofiq berharap operasi pasar murah yang dilaksanakan ini tepat sasaran dan dapat membantu masyarakat di tengah melonjaknya harga kebutuhan di pasar. “Per kecamatan akan disediakan 2.500 paket dan yang perlu diingat adalah operasi pasar ini hanya berlangsung  satu hari saja.” Kata Abdurrofid.

[Baca Juga: Sidak Pangan Ramadan di Jakarta Timur, Waspada Pewarna & Pengawet]

Ia mengungkapkan, anggaran untuk melaksanakan operasi pasar ini didapatkan dari subsidi dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat,” kata Abdurrofiq setelah membuka operasi pasar murah di Kecamatan Tambun Utara.

Sembako yang dijual pada operasi pasar yang dilakukan Pemkab berupaka paket seharga Rp74.500 dengan isi beras 5 kg, telur 1 kg, dan gula pasir 3 kg.

[Baca Juga: Operasi Pasar Gabungan Pastikan Harga Pangan Terus Stabil]

Setelah operasi pasar di empat kecamatan selesai dengan baik, Dinas Perdagangan juga akan melakukan kegiatan serupa di kecamatan lainnya, yaitu di Cikarang Pusat, Cikarang Utara, Bojongmangu, dan Cibarusah. “Jadi total operasi pasar di Ramadan 2019 ini ada di delapan kecamatan. Untuk operasi pasar selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 22 Mei,” ujarnya.

Berbeda dengan operasi pasar yang telah dilaksanakan, operasi pasar mendatang akan menggunakan anggaran dari APBD Kabupaten Bekasi dengan jumlah paket yang sama dengan sebelumnya. “Jadi dari APBD provinsi dan kabupaten sama sama 10.000 paket sembako,” kata Abdurrofiq.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.