Operasi Pasar Murah di 4 Kecamatan Kabupaten Bekasi

Bisnis

Operasi Pasar Murah di 4 Kecamatan Kabupaten Bekasi

Bukan hal yang baru jika saat bulan Ramadan harga bahan pokok melonjak naik. Fenomena ini kerap kali terjadi dan selalu jadi persoalan yang diperhatikan pemerintah, mengingat bulan Ramadan sangat dekat dengan Lebaran. Di mana pada hari besar ini, kebutuhan bahan pokok sangat dibutuhkan. Untuk menangani lonjakan harga, pemerintah dan beberapa instansi swasta aktif mengadakan operasi pasar.

Kegiatan ini efektif dilakukan untuk menstabilkan harga dan stok pasar. Langkah ini, juga dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Perdagangan. Pemkab menggelar operasi pasar murah pada 13 Mei 2019 di empat kecamatan, yakni Tambun Utara, Babelan, Tambelang, dan Setu. Acara peresmian operasi pasar ini dihadiri Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat Mochamad Arifin, Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat N Syahril, dan Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi Abdurrofiq.

[Baca Juga: Kunjungi Bazar Sembako Murah Ramadan di Balai Kota Bogor]

Melansir humas.bekasikab.go.id (14/5/2019), kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu rumah tangga tidak mampu untuk mendapatkan kebutuhan pangan pokok dengan harga terjangkau saat bulan Ramadan. Operasi pasar di empat kecamatan ini rencananya akan dilaksanakan serentak selama satu hari.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bekasi Abdurrofiq mengatakan, operasi pasar kali ini disediakan 10 ribu paket untuk empat kecamatan. Abdurrofiq berharap operasi pasar murah yang dilaksanakan ini tepat sasaran dan dapat membantu masyarakat di tengah melonjaknya harga kebutuhan di pasar. “Per kecamatan akan disediakan 2.500 paket dan yang perlu diingat adalah operasi pasar ini hanya berlangsung  satu hari saja.” Kata Abdurrofid.

[Baca Juga: Sidak Pangan Ramadan di Jakarta Timur, Waspada Pewarna & Pengawet]

Ia mengungkapkan, anggaran untuk melaksanakan operasi pasar ini didapatkan dari subsidi dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat,” kata Abdurrofiq setelah membuka operasi pasar murah di Kecamatan Tambun Utara.

Sembako yang dijual pada operasi pasar yang dilakukan Pemkab berupaka paket seharga Rp74.500 dengan isi beras 5 kg, telur 1 kg, dan gula pasir 3 kg.

[Baca Juga: Operasi Pasar Gabungan Pastikan Harga Pangan Terus Stabil]

Setelah operasi pasar di empat kecamatan selesai dengan baik, Dinas Perdagangan juga akan melakukan kegiatan serupa di kecamatan lainnya, yaitu di Cikarang Pusat, Cikarang Utara, Bojongmangu, dan Cibarusah. “Jadi total operasi pasar di Ramadan 2019 ini ada di delapan kecamatan. Untuk operasi pasar selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal 22 Mei,” ujarnya.

Berbeda dengan operasi pasar yang telah dilaksanakan, operasi pasar mendatang akan menggunakan anggaran dari APBD Kabupaten Bekasi dengan jumlah paket yang sama dengan sebelumnya. “Jadi dari APBD provinsi dan kabupaten sama sama 10.000 paket sembako,” kata Abdurrofiq.

Read More

Artikel Lainnya

Wah, Ada Takoyaki Rasa Kari Jepang di Gindaco.jpg

Kuliner

Wah, Ada Takoyaki Rasa Kari Jepang di Gindaco

30 September 2020, 18:14

Brand takoyaki Gindaco baru-baru ini menghadirkan menu baru dengan rasa kari otentik dari Negeri Sakura.

5 Pilihan Warna Monokromatik untuk Bangun Suasana Baru di Rumah

Properti dan Solusi

5 Pilihan Warna Monokromatik untuk Bangun Suasana Baru di Rumah

30 September 2020, 16:07

Memilih palet warna monokromatik berarti berkomitmen pada satu warna, tentu saja, tetapi penggemar warna sejati tidak akan menghindar tantangan itu.

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik Ini 3 Tendensi Penentunya

Kesehatan

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik? Ini 3 Tendensi Penentunya

30 September 2020, 15:03

Mengartikan tingkat narsistik "normal" itu rumit, tetapi tiga tendensi penentu berikut dapat lebih memperjelas apa masalah yang Anda hadapi.

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam .jpg

Bisnis

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam

30 September 2020, 14:02

Pepen baru-baru ini mengumpulkan semua pengusaha kafe hingga hiburan malam demi mencegah keadaan seperti di Kafe Broker Galaxy Bekasi kembali terjadi.


Comments


Please Login to leave a comment.