Basecamp Arjuno  2.jpg

Hobi dan Hiburan

Opsi Jalur Pendakian Cangar, Kunjungi Dulu Basecamp Arjuno-Welirang

Pendakian Gunung Arjuno telah dibuka, oleh sebab itu animo pendaftaran para pendaki pun mulai menunjukkan kenaikan jumlah. Setelah masa PPKM yang berlaku di Malang Raya berjalan lebih dari 1 bulan, dan kini sudah hampir 1 bulan pula PPKM di Kota Batu turun menjadi level 2, tak ayal membuka mata para pendaki. Jalur Cangar untuk menuju puncak Gunung Arjuno menjadi salah satu spot yang banyak diminati oleh pendaki. Keindahan jalur Cangar dan sejuknya udara untuk memulai sebuah pendakian menjadi salah satu alasannya. Oleh sebab itu, mengunjungi Basecamp Arjuno-Welirang di Cangar perlu menjadi perhatian sebelum dilakukan pendakian.

Basecamp Arjuno-Welirang di Cangar ini sudah menjadi ruang berkumpul, rumah, dan tempat nongkrong yang mendekatkan para pegiat di basecamp dan calon pendaki. Pada basecamp ini para pendaki akan diajak ngobrol santai yang menjurus pada kelengkapan alat yang akan dibawa ketika mendaki.

Kelengkapan alat yang dimaksud mulai dari kompatibilitas carrier yang sesuai dengan berat penyangganya, benda tajam untuk mengatasi lahan yang tertumpuk semak, sampai tenda, dan alat makan, menjadi perhatian bagi pengurus basecamp. Tentu saja, bagi pendaki yang tidak lengkap peralatannya akan diusulkan untuk menyewa di sekitar Cangar atau kalai stok masih tersedia, pengurus basecamp akan meminjamkan secara cuma-cuma.

Basecamp Arjuno 1.jpg

Obrolan santai di basecamp pun menjadi sebuah pendidikan sederhana yang tak boleh dilewatkan para pendaki. Beberapa pendidikan sederhana yang sering dimunculkan misalnya bagaimana bertahan di situasi dingin yang mengancam hipotermia ketika sedang mendaki, bagaimana bertahan hidup dengan memakan persediaan alam di Gunung Arjuno, sampai prosedur keamanan dan keselamatan agar pendakian terasa menyenangkan.

“Di basecamp ini kami juga diwanti-wanti, namanya alam semesta kita tak tinggal sendirian, jika kepada manusia saja kita bisa sopan, kepada alam kita harus lebih sopan,” ungkap Rama, pendaki dari Bojonegoro yang ditemui PingPoint di basecamp pada 21 Oktober 2021.

Sebagaimana diungkapkan Rama persiapan mental, spiritual, dan etika menjadi hal yang tak boleh dilanggar ketika pendakian. Hal ini sebenarnya sesuai dengan refleksi yang bahkan harus dilaksanakan manusia di kehidupannya sehari-hari.


Read More

Gunung Arjuno

Gunung Berapi

None
None

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.