Optimalkan Pelaksanaan PSBB, DISHUB Berlakukan Penilangan

Berita Kawasan

Optimalkan Pelaksanaan PSBB, DISHUB Berlakukan Penilangan

PSBB telah dilaksanakan sejak 10 April 2020, selama akhir pekan jumlah kendaraan yang melintas di wilayah Jakarta nampak lengang. Namun, berdasarkan pengamatan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, aktivitas kendaraan mulai meningkat. Oleh karena itu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta mulai menerapkan pembatasan penggunaan moda transportasi selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 23 April 2020 mendatang.

Adapun pembatasan moda transportasi mencakup kendaraan pribadi, transportasi umum, angkutan barang, serta jam operasional terminal dan angkutan umum.

Optimalkan Pelaksanaan PSBB, DISHUB Berlakukan Penilangan

Melansir beritajakarta.id (14/04/2020). Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, berdasarkan pengamatan di lapangan tingkat kepatuhan masyarakat pada hari pertama dan ketiga pelaksanaan PSBB di Jakarta cukup tinggi. Namun demikian, dalam dua hari belakangan ini sejak tanggal 13 April terjadi banyak temuan pelanggaran seiring dengan meningkatnya aktivitas dan mobilitas warga di Jakarta.

"Kemarin ada peningkatan seiring dengan meningkatanya aktivitas di Jakarta dan hari ini pun cukup tinggi. Namun demikian, sampai saat ini kita memberikan teguran bersama dengan rekan-rekan Polda Metro Jaya kepada pelanggar dengan mengisi data dan membuat surat pernyataan," ujarnya.

[Baca Juga: Cek Penerapan PSBB di Jakarta, 8 Gedung Perkantoran dan Mal Disidak]

Lebih lanjut Syafrin menjelaskan pengemudi sepeda motor yang membawa penumpang relatif sedikit namun banyak pengemudi yang tidak mengenakan masker. Selain itu, pembatasan jumlah orang maksimal 50 persen dari kapasitas angkut kendaraan sudah dijalankan. Akan tetapi, pihaknya masih menemukan pelanggaran berupa posisi duduk.

"Dalam aturan di depan itu tidak boleh ada yang duduk di samping pengemudi, tapi masih ada beberapa yang kita dapati pelanggaran. Setelah kita dapati tidak pakai masker dan pola duduk yang tidak sesuai aturan kami berhentikan dan tegur secara preventif," terangnya.

Pemprov DKI Jakarta Wajibkan Pekerja Gunakan Masker

Ia menambahkan, setelah wilayah atau daerah lain penyangga Jakarta telah menerapkan PSBB diharapkan masyarakat lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan COVID-19.

"Melalui ditetapkannya Jabodetabek ini menjadi satu klaster epidemologi maka tentu implementasi PSBB ini menjadi masif satu kawasan. Otomatis seluruh warga di Jabodetabek kita harapkan langsung lebih disiplin dalam menjalankan pelaksanaan PSBB," ungkapnya.

[Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Wajibkan Pekerja Gunakan Masker]

Menurutnya, setelah semua daerah dan kota di sekitar Jakarta menerapkan PSBB maka penindakan terhadap pelanggaran akan lebih tegas. Salah satu yang akan dilakukan adalah penilangan.

"Tentu pelanggarannya dari aspek lalu lintas kami koordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya kita akan terbitkan penilangan dengan yang bersangkutan mengisi berita acara. Ada protapnya nanti yang sekarang sudah disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 1 month lalu
    hanna56

    Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder ! Caranya sangat mudah, hanya bergabung di poker165.co dengan TCoin Atau ikuti babak kualifikasi untuk memenangkan tiketnya 😎 Untuk info lebih lanjut kunjungi roadto1billion.com

  • Rine 2 years, 1 month lalu
    rine

    yuuukkk MABAR game dupa88 ,net guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di dupa88 ,net ajaaa bukan yang lain.. <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>