106551480_l.jpg

Pendidikan

Orang Tua Menjadi Role Model Bagi Pendidikan Anak di Masa Pandemi COVID-19

Jumlah kasus positif COVID-19 secara global terus meningkat, situasi itu bersamaan dengan tahun ajaran 2020/2021 dimulai. Pembatasan interaksi fisik yakni dengan cara guru dan siswa bekerja dari rumah, sejauh ini dipandang sebagai metode paling efektif demi mencegah penyebaran wabah COVID-19. Di tengah pandemi, sebagian besar sekolah melaksanakan sistem bekerja dari rumah (Work From Home / WFH) yakni meniadakan belajar tatap muka langsung, diganti dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan mengandalkan jaringan internet.

Selanjutnya, tindakan yang dapat dilakukan adalah merancang beberapa alternatif tindakan untuk mensiasati kondisi pandemi yang belum jelas kapan akan berakhir. Sejatinya, kapan pun anak-anak akan kembali ke sekolah proses pendidikan pada anak harus terus berlangsung, yang membedakan adalah tempat mereka belajar dan dengan siapa mereka belajar. Belajar tidak dapat dipandang sebagai proses meningkatkan pemahaman kognitif dan intelektual semata, namun juga mencakup penanaman sikap dan nilai-nilai moral.

Pada kondisi pandemi saat ini, anak-anak dihadapkan pada permasalahan nyata bahwa mereka tidak dapat bersekolah dan harus belajar di rumah. Pada awalnya anak-anak menyambut gembira kegiatan belajar di rumah, karena mereka dapat bersama orang tua dan memiliki waktu bermain lebih lama. Namun, tidak banyak anak yang patuh mengikuti anjuran untuk berada di rumah, belajar dan bermain di dalam rumah, serta mengerjakan tugas sekolah secara tertib. Sebagian besar anak merasa jenuh, terlebih dengan waktu belajar di rumah yang terus diperpanjang.

Orang Tua Menjadi Role Model Bagi Pendidikan Anak di Masa Pandemi COVID-19

Oleh karenanya, dalam menerapkan sistem pembelajaran di rumah yang harus dipersiapkan bukan hanya pihak sekolah yang mengubah pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran secara daring. Akan tetapi, mempersiapkan orang tua untuk menjadi tenaga pendidik di rumah. Perlu ditanamkan dalam pemikiran orang tua bahwa capaian belajar di rumah bukan sekedar ketuntasan mengerjakan tugas dari sekolah. Namun, lebih pada membangun karakter anak melalui pembiasaan.

Gunakan kesempatan yang ada untuk menjalin kedekatan lebih dengan anak sehingga dapat membangun ikatan kasih sayang antara anak dan orang tua. Berikan perhatian pada anak dengan mendampingi anak belajar, bermain bersama, atau hanya sekedar bercanda dan ngobrol hal-hal ringan. Melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah bersama juga memberikan pelajaran besar bagi anak. Melalui aktivitas tersebut anak dilatih keterampilan motorik dan rasa tanggung jawab.

Berikan pujian terhadap setiap kebaikan yang dilakukan oleh anak. Pujian yang diberikan orang tua akan akan membuat anak merasa senang karena dihargai sekaligus memotivasi anak untuk mengulangi perilakunya. Jika ini dilakukan secara konsisten maka akan menjadi sebuah kebiasaan positif. Dengan demikian anak akan melewati masa belajar di rumah sebagai sebuah pengalaman yang menyenangkan dalam hidupnya, dan terbangun figur orang tua sebagai sosok yang bernilai bagi anak.

Orang Tua Menjadi Role Model Bagi Pendidikan Anak di Masa Pandemi COVID-19

Momen belajar di rumah juga dapat dijadikan kesempatan untuk menanamkan kedisiplinan pada anak. Perlu diketahui bahwa usia anak-anak adalah usia emas tumbuh kembang. Baik dan tidaknya yang dilakukan anak akan sangat dipengaruhi oleh contoh peran atau role model orang disekitarnya. Orang tua merupakan role model utama bagi anak. Orang tua memegang kendali penuh terhadap apa yang dilakukan anak.

Saat anak dituntut untuk berada dirumah, orang tualah yang membuat aturan apa yang sebaiknya dilakukan anak. Jika orang tua mampu mencontohkan untuk tertib menjalani himbauan yang diberikan maka anakpun akan meniru yang dikerjakan orang tuanya. Begitu pula sebaliknya, jika orang tua tidak menunjukkan sikap disiplin atau menerapkan secara tidak konsisten maka anak pun belajar untuk mencari peluang melakukan pelanggaran disiplin.

Gunakan kesempatan berharga ini untuk membangun karakter anak-anak melalui proses pembelajaran di rumah, sehingga mereka kelak menjadi generasi yang tangguh karena telah mampu melewati ujian kehidupan yang sesungguhnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.