Orangtua Perlu Awasi Penggunaan Internet Anak Saat Belajar di Rumah

Pendidikan

Orangtua Perlu Awasi Penggunaan Internet Anak Saat Belajar di Rumah

Sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, pemerintah menerapkan sistem belajar dari rumah untuk para siswa di seluruh jenjang pendidikan. Proses pembelajaran yang semula dilakukan tatap langsung, kini dengan menggunakan sistem online.

Penggunaan internet memang membantu anak-anak untuk belajar di masa pandemi COVID-19 ini. Namun, penggunaan internet ini pun juga dapat berdampak negatif bagi anak. Oleh karenanya, menurut Deputi Bidang Perlindungan Anak KPPPA Nahar, perlu adanya pengawasan keluarga saat anak-anak mereka menggunakan internet.

“Penggunaan internet, selain memiliki manfaat juga memiliki dampak negatif, seperti konten pornografi, kejahatan seksual dan eksploitasi terhadap anak, dan grooming. Orang-orang yang tidak memiliki niat untuk melakukan hal negatif, dalam internet mereka bisa ditawarkan dengan pilihan yang mengarahkan mereka pada perbuatan negatif. Kita harus memaksimalkan peran keluarga untuk menghindari masalah baru tersebut ketika anak-anak kita lama berada di rumah,” tutur Nahar, dalam siaran persnya (23/4/2020).

Orangtua Perlu Awasi Penggunaan Internet Anak Saat Belajar di Rumah

Nahar menambahkan, orangtua perlu membuat aktivitas momen belajar dari rumah yang menyenangkan. Orangtua dapat mengajarkan anak-anak mereka dalam mengerjakan tugas, bukan menyelesaikan tugasnya.

“Oleh karenanya, harus ada komunikasi positif dan kesepakatan yang dibangun antara orangtua dengan anak. Apapun kondisinya, semua instrumen pembelajaran bagi anak harus dapat dilakukan sebaik mungkin,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Spesialis Perlindungan Anak United Nations Emergency Children's Fund (UNICEF) Indonesia Astrid Gonzaga Dionisio. Menurutnya, sistem belajar dari rumah menjadi kesempatan bagi orangtua untuk mendampingi anak-anak. Terutama saat anak-anak sedang menggunakan internet untuk belajar.

[Baca Juga: Peningkatan Literasi Digital Cegah Eksploitasi Seksual Anak di Media Sosial]

“Mari belajar menggunakan internet untuk dampingi anak-anak kita. Antara orangtua dan anak juga harus membuat kesepakatan terkait kapan dan berapa lama anak-anak menggunakan internet. Kita harus menjadi tempat yang pertama, baik secara online atau offline bagi anak kita untuk mencurahkan isi hatinya,” ujar Astrid.

Selain menggunakan internet untuk belajar, belakangan ini di masa pandemi COVID-19 anak-anak dan remaja juga menggunakan untuk hiburan seperti aplikasi Tik-Tok. Head of Public Policy TikTok Indonesia Donny Eryastha mengatakan, selama pandemi COVID - 19, intensitas waktu penggunaan internet, termasuk aplikasi TikTok semakin bertambah. Guna menjaga keamanan bagi anak-anak dan remaja, TikTok meluncurkan fitur Family Pairing.

“Untuk memungkinkan para orangtua mengawasi anak mereka dalam menggunakan aplikasi TikTok, fitur Family Pairing mampu memasangkan akun TikTok anak dan orangtua, jadi keduanya bisa saling terhubung. Namun, orangtua harus tetap aktif dan harus mengetahui platform digital apa saja yang digunakan anak-anak mereka dan bagaimana mereka menggunakannya,” tutur Donny.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.