Oscar Yura Dompas, Autisme Tidak Menghalanginya Menulis 3 Buku

Pendidikan

Oscar Yura Dompas, Autisme Tidak Halangi Menulis 3 Buku

Salah satu kisah sukses individu dengan Autisme atau Autism Spectrum Disorder (ASD) di Indonesia yang menginspirasi banyak orang ialah Oscar Yura Dompas. Ia mampu menyelesaikan pendidikan kuliahnya dan menulis tiga buah buku tentang autisme. Buku yang ia tulis berjudul Autistic Journey dan The Life of the Autistic Kid Who Never Gives Up yang juga diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berjudul Menaklukkan Autis.

Berkat kemampuannya tersebut, ia pun mendapatkan penghargaan dari Muri sebagai individu ASD dengan gelar sarjana dan menulis buku.

Bagi individu dengan autisme, tentu ini bukanlah hal yang mudah. Masa-masa belajar di bangku kuliah, Oscar mengaku kesulitan dalam menerima materi kuliah dan tugas dari dosen. Lantas, ia tidak menyerah begitu saja. Oscar berinisiatif untuk menemui dosennya selesai pelajaran, meminta diberi penjelasan kembali tentang materi yang masih belum dipahaminya.

Oscar Yura Dompas, Autisme Tidak Menghalanginya Menulis 3 Buku

Tak ayal, Oscar pun berhasil lulus kuliah dari Universitas Atmajaya meraih gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dengan nilai IP tinggi. Dengan memilih jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Oscar memiliki keinginan untuk menjadi pengajar.

Oscar mengaku senang menulis, di sela-sela kuliahnya Oscar mulai rajin menulis tentang perjalanan hidupnya hingga ide lainnya seputar autisme. Laptop menjadi teman karibnya yang selalu ia bawa kemana pun dan memanfaatkan waktu luang dengan menulis. Dari kumpulan tulisan tersebut, orangtua Oscar memiliki rencana untuk mengumpulkannya dan dibuat dalam bentuk buku.

[Baca Juga: Dua Kunci Gali Kemampuan Anak dengan Autisme]

Pada tahun 2005 Oscar meluncurkan buku pertamanya yang ia tulis dengan judul Autistic Journey berisi pemikiran-pemikirannya mengenai autisme dalam Bahasa Inggris.

Lalu Tahun 2007, Oscar kembali menerbitkan buku keduanya dengan judul The Life of the Autistic Kid Who Never Gives Up dan dalam bahasa Indonesia yang berjudul Menaklukkan Autis. Buku tersebut berisi kisah Oscar sejak lahir hingga umur 20 tahun.

Oscar Yura Dompas, Autisme Tidak Menghalanginya Menulis 3 Buku

Dengan kisah Oscar sebagai individu dengan autisme yang sukses lulus kuliah dan menulis buku, Praktisi Pendidikan Himiks - Dinas Sosial Kotamadya Semarang dan Koordinator Opdis Autis Sondang Intan Sihombing mengatakan, hal ini bisa terjadi karena Oscar mendapatkan intervensi dan pendampingan yang tepat sesuai dengan kebutuhannya.

“Upaya tersebut juga tidak lepas dari peran orangtua, saudara, keluarga, caregiver, dan linglungan yang memberinya pemahaman dan kesempatan,” ujarnya.

Adapun kesuksesan yang diraih Oscar juga karena ketekunannya dalam menulis sebagai hobinya.

[Baca Juga: Menelisik Perkembangan Anak dengan Autisme]


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.