MENTENG-KAWASAN-INDONESIA MENARI 2018 BERLANGSUNG MERIAH DI 4 KOTA-RACHLI-1100 px X 600 px-04.jpg

Berita Kawasan

Paduan Menarik Tari Tradisional dan Modern di Indonesia Menari

Sebagai bentuk nyata kepedulian pada budaya Indonesia, Bakti Budaya Djarum Foundation mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih dekat dengan tarian tradisional yang dikemas secara modern dalam gelaran Indonesia Menari 2018.

Gelaran Indonesia Menari 2018 ini berlangsung di empat kota, yakni Jakarta, Bandung, Solo, Semarang dengan jumlah peserta mencapai 4.500 penari. Peserta terdiri dari perorangan, berbaggai komunitas generasi muda, sanggar tari, komunitas pecinta tari, sekolah dan universitas.

Indonesia Menari yang dilakukan sejak tahun 2012 ini dilangsungkan dengan bentuk tarian massal koreografi dengan menggabungkan beberapa gerakan tari tradisional nusantara dan modern berdurasi selama 4 menit.

[Baca Juga: Belajar dan Melestarikan Seni Indonesia di Sanggar Ayodya Pala]

Koreografi Indonesia Menari dikonsepkan Ufa Sofura. Kecintaannya pada dunia tari membawanya mengikuti beberapa kursus tari singkat di luar negeri, seperti di Singapura, Jepang, Amerika Serikat, dan Jerman.

Ketekunannya pada dunia tari juga mengantarkannya meraih beragam prestasi dan memberikannya kesempatan untuk ikut serta dalam berbagai pentas tari, baik di dalam maupun luar negeri. Ia juga terpilih menjadi koreografer acara resepsi host country pertemuan tahunan 2018 International Monetary Fund (IMF) dan Kelompok Bank Dunia (World Bank) di Bali.

“Saya mengambil lebih kepada ciri khas dari daerah yang digunakan untuk musik, seperti misalnya gerakan tangan naik turun dikenal dari Papua dan mengkombinasikannya dengan gerakan lain yang lebih energik,” ujar koreografer Indonesia Menari 2018 Ufa Sofura dalam keterangan pers yang diterima PingPoint.co.id, Minggu (11/11/2018).

Sedangkan untuk aransemen musik dipercayakan Pongky Prasetyo yang menggabungkan lagu daerah dari Riau (Soleram), Kalimantan Selatan (Ampar-Ampar Pisang), Jawa Tengah (Cublak-Cublak Suweng), dan Papua (Yamko Rambe Yamko).

[Baca Juga: Olah Kreativitas Anda di Komunitas Musik Pamulang Ini]

Dalam Indonesia Menari, para peserta diwajibkan untuk mengikuti gerakan tari yang telah dikonsep, namun gerakan ini terbuka untuk dikreasikan oleh para peserta kelompok misalnya berkreasi di pola lantai/blocking, variasi tinggi rendah pada setiap gerakan.

Sementara itu, kostum tahun ini seluruh peserta diwajibkan menggunakan tema etnik modern yang memberikan kebebasan bagi para peserta untuk menggunakan kreatifitas masing-masing selama tidak akan mengganggu peserta lainnya.

Indonesia Menari 2018 dimulai serentak pada pukul 13.00 WIB dengan konsep indoor yang tersebar di beberapa area, yakni di Grand Indonesia, Jakarta; Mall The Park, Solo; 23 Paskal Shopping Centre, Bandung; dan di Taman Indonesia Kaya, Semarang.


Read More

Artikel Lainnya

Tiramisusu.jpg

Kuliner

Tiramisusu, Oleh-Oleh Viral Khas Bandung

16 April 2021, 18:01

Salah satu oleh-oleh khas Bandung yang saat ini tengah viral adalah Tiramisusu. Tiramisusu merupakan produk terbaru dari Chocomory besutan Cimory. Tak kalah lezat dengan Brownies Amanda dan Molen Kartika Sari

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya .jpg

Berita Kawasan

Terima Penghargaan dari Ganjar, Gibran Tegaskan Ini Berkat Wali Kota Sebelumnya

16 April 2021, 16:07

Gibran menegaskan, penghargaan yang diraihnya dari Ganjar Pranowo ini merupakan hasil dari prestasi Wali Kota Solo sebelumnya.

danau-siombak.jpg

Hobi dan Hiburan

Menunggu Waktu Berbuka Sambil Menikmati Keindahan di Danau Siombak

16 April 2021, 15:32

Danau Siombak adalah danau buatan bekas penggalian tanah timbunan pada sekitar tahun 1980.

Ikut Salat Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Teng ah.jpg

Berita Kawasan

Ikut Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Tengah

16 April 2021, 15:06

Walau saat ini salat Tarawih sudah diperbolehkan, Ganjar Pranowo meminta agar warga Jawa tengah tetap memperhatikan protokol kesehatan tanpa aja kesusu.


Comments


Please Login to leave a comment.