MENTENG-KAWASAN-INDONESIA MENARI 2018 BERLANGSUNG MERIAH DI 4 KOTA-RACHLI-1100 px X 600 px-04.jpg

Berita Kawasan

Paduan Menarik Tari Tradisional dan Modern di Indonesia Menari

Sebagai bentuk nyata kepedulian pada budaya Indonesia, Bakti Budaya Djarum Foundation mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih dekat dengan tarian tradisional yang dikemas secara modern dalam gelaran Indonesia Menari 2018.

Gelaran Indonesia Menari 2018 ini berlangsung di empat kota, yakni Jakarta, Bandung, Solo, Semarang dengan jumlah peserta mencapai 4.500 penari. Peserta terdiri dari perorangan, berbaggai komunitas generasi muda, sanggar tari, komunitas pecinta tari, sekolah dan universitas.

Indonesia Menari yang dilakukan sejak tahun 2012 ini dilangsungkan dengan bentuk tarian massal koreografi dengan menggabungkan beberapa gerakan tari tradisional nusantara dan modern berdurasi selama 4 menit.

[Baca Juga: Belajar dan Melestarikan Seni Indonesia di Sanggar Ayodya Pala]

Koreografi Indonesia Menari dikonsepkan Ufa Sofura. Kecintaannya pada dunia tari membawanya mengikuti beberapa kursus tari singkat di luar negeri, seperti di Singapura, Jepang, Amerika Serikat, dan Jerman.

Ketekunannya pada dunia tari juga mengantarkannya meraih beragam prestasi dan memberikannya kesempatan untuk ikut serta dalam berbagai pentas tari, baik di dalam maupun luar negeri. Ia juga terpilih menjadi koreografer acara resepsi host country pertemuan tahunan 2018 International Monetary Fund (IMF) dan Kelompok Bank Dunia (World Bank) di Bali.

“Saya mengambil lebih kepada ciri khas dari daerah yang digunakan untuk musik, seperti misalnya gerakan tangan naik turun dikenal dari Papua dan mengkombinasikannya dengan gerakan lain yang lebih energik,” ujar koreografer Indonesia Menari 2018 Ufa Sofura dalam keterangan pers yang diterima PingPoint.co.id, Minggu (11/11/2018).

Sedangkan untuk aransemen musik dipercayakan Pongky Prasetyo yang menggabungkan lagu daerah dari Riau (Soleram), Kalimantan Selatan (Ampar-Ampar Pisang), Jawa Tengah (Cublak-Cublak Suweng), dan Papua (Yamko Rambe Yamko).

[Baca Juga: Olah Kreativitas Anda di Komunitas Musik Pamulang Ini]

Dalam Indonesia Menari, para peserta diwajibkan untuk mengikuti gerakan tari yang telah dikonsep, namun gerakan ini terbuka untuk dikreasikan oleh para peserta kelompok misalnya berkreasi di pola lantai/blocking, variasi tinggi rendah pada setiap gerakan.

Sementara itu, kostum tahun ini seluruh peserta diwajibkan menggunakan tema etnik modern yang memberikan kebebasan bagi para peserta untuk menggunakan kreatifitas masing-masing selama tidak akan mengganggu peserta lainnya.

Indonesia Menari 2018 dimulai serentak pada pukul 13.00 WIB dengan konsep indoor yang tersebar di beberapa area, yakni di Grand Indonesia, Jakarta; Mall The Park, Solo; 23 Paskal Shopping Centre, Bandung; dan di Taman Indonesia Kaya, Semarang.

Read More

Artikel Lainnya

JILF 2020 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

Pendidikan

JILF 2021 Menuju Lanskap Sastra yang Mudah Diakses, Beragam, dan Setara

05 December 2020, 15:02

Berangkat dari keinginan untuk mendengarkan narasi dari suara-suara yang lama diredam, Road to JILF 2021 mengusung tema “Heroes: (Re)making History”.

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.


Comments


Please Login to leave a comment.