Paguyuban Seliwa Pukul Marzuki Siapkan Kolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta

Berita Kawasan

Paguyuban Seliwa Pukul Marzuki Siep Berkolaborasi dengan Pemprov

Di tengah arus modernisasi, Paguyuban Seliwa Pukul Marzuki (PSPM) yang bermarkas di Jl Bulak Budi Bakti, RT 07/08, Kelurahan Kalideres, Jakarta Barat masih konsisten dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan Betawi. "Agar kesenian tradisi dan kebudayaan Betawi ini tetap lestari, kami siap berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta," ujar Rusli (48) pimpinan PSPM, Minggu (22/9).

Agar kesenian tradisional dan kebudayaan Betawi terus lestari perlu ada kerjasama antara pihak pelaku dan pemerhati budaya dengan pemerintah setempat. Dijelaskan Rusli, hal tersebut dilakukan atas dasar kecintaan dan tanggung jawab terhadap kelestarian seni dan budaya Betawi. Soal sejarah berdirinya paguyuban PSPM, ia menuturkan paguyuban tersebut didirikan para sesepuh warga asli Betawi yang tinggal di Kalideres.

Paguyuban Seliwa Pukul Marzuki Siapkan Kolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta

"Dulunya, paguyuban ini fokus pada pelestarian beladiri silat Betawi, namun pada 2014 pelestariannya berkembang pada kesenian Gambang Kromong, Palang Pintu, Tari Topeng, Ondel-ondel dan berbagai jenis tarian tradisi Betawi lainnya," katanya. Tak heran jika kemudian markas PSPM yang juga menjadi rumah tinggal sesepuh, Saadi (62) ini dipenuhi dengan berbagai macam alat musik tradisional, seperti Gambang Kromong dan lain sebagainya.

[Baca Juga: Nantikan Festival Budaya Betawi 2019 di Gelanggang Cengkareng]

Selain itu, paguyuban yang beranggotakan 30 orang dengan usia dari 18-50 tahun tersebut secara administrasi juga telah terdata di Sudin Parbud Jakarta Barat. Menurutnya, selama ini, kesenian tradisional Betawi yang dipelajari kerap ditampilkan di pesta-pesta pernikahan maupun pementasan di sejumlah wilayah. "Kami juga ingin terlibat di panggung-panggung kesenian dan kebudayaan yang digagas oleh Pemprov DKI agar kesenian serta kebudayaan Betawi bisa tetap lestari," dia menjelaskan seperti dikutip dari beritajakarta.id (29/9/2019).

Dalam kesempatan yang berbeda, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, mempertahankan kelestarian pusat perkampungan budaya Betawi di Jakarta adalah hal yang sulit. Diperlukan komitmen dan inovasi untuk mempertahankan budaya Betawi itu.

[Baca Juga: Festival Budaya Betawi Digelar di Sentra Primer Barat]

Anies berharap, sanggar, komunitas, dan perkampungan Betawi di mana pun di Jakarta tidak hanya menjadi pusat pendidikan serta kebudayaan, melainkan juga menjadi pusat penelitian. "Insya Allah, kampung ini benar-benar menjadi kampung bukan saja destinasi wisata, bukan saja pusat kebudayaan, tapi juga pusat pengembangan dan publikasi budaya Betawi," ujar Anis seperti dikutip dari Kompas.com (29/9/2019).


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.