Pahit Manis Kisah Orangtua dalam Membesarkan Anak dengan Autisme

Pendidikan

Pahit Manis Kisah Orangtua dalam Membesarkan Anak dengan Autisme

Keterbatasan tidak menjadi pembatas bagi seseorang untuk mendapatkan kesetaraan dan kebahagiaan di dalam keluarga. Pasangan pelawak atau komedian Derry Empat Sekawan dan Dede Yayang menjadi salah satu contoh keluarga yang memiliki anak dengan autisme. Memiliki seorang anak yang lahir dengan kondisi khusus tidak membuat keluarga dari pasangan ini kelelahan akan miskonsepsi orang di sekitar mereka terhadap anak berkebutuhan khusus.

Meski tidak luput dari diskriminasi dan masalah-masalah sosial sekitar, Derry dan Dede tidak pernah merasa membeda-bedakan kasih sayang kepada anak-anakanya. “Merawat seorang anak [dengan] autis[me] berumur 16 tahun tidak sulit, hanya memerlukan penanganan khusus saja. Ibaratnya dia adalah anak spesial yang membutuhkan kebutuhan yang spesial,” ungkap Dede pada sesi wawancara dengan PingPoint.co.id.

Derry dan Dede Yayang Beri Kasih Sayang Penuh Anak dengan Autisme

Meski memiliki kebutuhan khusus, Derry dan Dede tidak pernah mempersalahkan keadaan anak tersayangnya. Muhammad Nebula Al-Sauqi, anak kedua dari pasangan Derry dan Dede ini tidak hanya menyenangkan tapi juga memiliki bakat tersendiri. Di balik kesulitannya dalam berkomunikasi, Sauqi (panggilan akrab) memiliki banyak kebisaan, seperti menyanyi, mudah menghafal hingga bisa mengaji.

“Ada beberapa hal yang menyenangkan dari Sauqi, kayak dia suka menyanyi, mengaji dan cepat menghafal sesuatu,” ujar Derry yang diiyakan Dede. Terlepas dari hal-hal menyenangkan, memiliki anak berkebutuhan khusus juga membutuhkan tanggung jawab yang besar terhadap kehidupan anak dan masa depannya.

[Baca Juga: Derry dan Dede Yayang Beri Kasih Sayang Penuh Anak dengan Autisme]

Masalah-masalah seperti kehidupan sosial sang anak yang membutuhkan pengawasan lebih tak jarang membuat Derry dan Dede was-was terhadap kondisi lingkungan yang diskriminatif. Meski demikian, tantangan dari masalah ini setidaknya masih dapat diatasi dengan baik, dengan cara menyekolahkannya di sekolahan khusus.

Meski demikian, tantangan yang paling besar bagi Dede adalah memikirkan masa depan anaknya. Melihat dari sudut pandang sebagai orangtua, tentu mengharapkan anak tersayangnya kelak bisa berkeluarga dan dapat melanjutkan kehidupan yang lebih baik di kemudian hari.

[Baca Juga: Gali Potensi Anak dengan Autisme untuk Bekal Masa Mendatang]

“Saya sebagai ibu terus terang sangat memikirkan masa depan Sauqi. Dari soal tempat tinggal, kehidupan sosialnya hingga mencari jodoh yang tepat untuk mendapingin anak di kemudian hari. Rasanya waktu terlalu cepat kalau segala sesuatunya tidak dipikirkan matang-matang dari sekarang,” tambah Dede.

Pasang surut kehidupan rumah tangga tidak menjadi hal yang dapat dihindari begitu saja. Manis pahit kehidupan tentu menjadi obat dari segala hal yang menjadi penyakit di hati manusia selama ini. Sebagai salah satu keluarga yang memiliki anak dengan autisme, membuat pasangan Derry dan Dede selalu tabah dan ikhlas dalam menghadapi hidup.

"Tidak ada rasa penyesalan namun hanya optimisme dan keikhlasan yang kami tunjukkan kepada anak-anak kami yang kelak akan memiliki kehidupan yang jauh lebih baik di masa depan nanti,” tutup Dede.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.