Pahit Manis Kisah Orangtua dalam Membesarkan Anak dengan Autisme

Pendidikan

Pahit Manis Kisah Orangtua dalam Membesarkan Anak dengan Autisme

Keterbatasan tidak menjadi pembatas bagi seseorang untuk mendapatkan kesetaraan dan kebahagiaan di dalam keluarga. Pasangan pelawak atau komedian Derry Empat Sekawan dan Dede Yayang menjadi salah satu contoh keluarga yang memiliki anak dengan autisme. Memiliki seorang anak yang lahir dengan kondisi khusus tidak membuat keluarga dari pasangan ini kelelahan akan miskonsepsi orang di sekitar mereka terhadap anak berkebutuhan khusus.

Meski tidak luput dari diskriminasi dan masalah-masalah sosial sekitar, Derry dan Dede tidak pernah merasa membeda-bedakan kasih sayang kepada anak-anakanya. “Merawat seorang anak [dengan] autis[me] berumur 16 tahun tidak sulit, hanya memerlukan penanganan khusus saja. Ibaratnya dia adalah anak spesial yang membutuhkan kebutuhan yang spesial,” ungkap Dede pada sesi wawancara dengan PingPoint.co.id.

Derry dan Dede Yayang Beri Kasih Sayang Penuh Anak dengan Autisme

Meski memiliki kebutuhan khusus, Derry dan Dede tidak pernah mempersalahkan keadaan anak tersayangnya. Muhammad Nebula Al-Sauqi, anak kedua dari pasangan Derry dan Dede ini tidak hanya menyenangkan tapi juga memiliki bakat tersendiri. Di balik kesulitannya dalam berkomunikasi, Sauqi (panggilan akrab) memiliki banyak kebisaan, seperti menyanyi, mudah menghafal hingga bisa mengaji.

“Ada beberapa hal yang menyenangkan dari Sauqi, kayak dia suka menyanyi, mengaji dan cepat menghafal sesuatu,” ujar Derry yang diiyakan Dede. Terlepas dari hal-hal menyenangkan, memiliki anak berkebutuhan khusus juga membutuhkan tanggung jawab yang besar terhadap kehidupan anak dan masa depannya.

[Baca Juga: Derry dan Dede Yayang Beri Kasih Sayang Penuh Anak dengan Autisme]

Masalah-masalah seperti kehidupan sosial sang anak yang membutuhkan pengawasan lebih tak jarang membuat Derry dan Dede was-was terhadap kondisi lingkungan yang diskriminatif. Meski demikian, tantangan dari masalah ini setidaknya masih dapat diatasi dengan baik, dengan cara menyekolahkannya di sekolahan khusus.

Meski demikian, tantangan yang paling besar bagi Dede adalah memikirkan masa depan anaknya. Melihat dari sudut pandang sebagai orangtua, tentu mengharapkan anak tersayangnya kelak bisa berkeluarga dan dapat melanjutkan kehidupan yang lebih baik di kemudian hari.

[Baca Juga: Gali Potensi Anak dengan Autisme untuk Bekal Masa Mendatang]

“Saya sebagai ibu terus terang sangat memikirkan masa depan Sauqi. Dari soal tempat tinggal, kehidupan sosialnya hingga mencari jodoh yang tepat untuk mendapingin anak di kemudian hari. Rasanya waktu terlalu cepat kalau segala sesuatunya tidak dipikirkan matang-matang dari sekarang,” tambah Dede.

Pasang surut kehidupan rumah tangga tidak menjadi hal yang dapat dihindari begitu saja. Manis pahit kehidupan tentu menjadi obat dari segala hal yang menjadi penyakit di hati manusia selama ini. Sebagai salah satu keluarga yang memiliki anak dengan autisme, membuat pasangan Derry dan Dede selalu tabah dan ikhlas dalam menghadapi hidup.

"Tidak ada rasa penyesalan namun hanya optimisme dan keikhlasan yang kami tunjukkan kepada anak-anak kami yang kelak akan memiliki kehidupan yang jauh lebih baik di masa depan nanti,” tutup Dede.


Read More

Artikel Lainnya

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T Resmi Hadir di Indonesia.jpg

Bisnis

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T 5G Resmi Hadir di Indonesia

01 December 2022, 15:55

Anggota keluarga baru di Xiaomi 12 Series pada hari ini secara resmi diboyong ke Tanah Air dengan membawa spesifikasi yang mumpuni serta kemampuan pengambilan gambar yang disebut tepat bagi para kreator konten.

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.co m.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.